Mengenal Lebih Dalam Tentang Pupuk L Top Dan Aplikasi Penggunaannya

By | Maret 28, 2022

Hampir semua tanaman membutuhkan pupuk untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya adalah pupuk L Top yang mengandung kombinasi zat perangsang tumbuhan dan berbagai manfaat lainnya bagi tumbuhan.

Karena itu pupuk menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sehingga dapat mengoptimalkan hasil panen dengan lebih maksimal.

Sekilas Tentang Pupuk L-Top

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai pupuk L-Top ada baiknya mengenal dan memahami fungsi dan jenis pupuk. Sebenarnya pupuk memiliki fungsi yang sangat penting bagi tanaman sebagai pendukung pertumbuhannya.

Jenis pupuk sendiri dibedakan menjadi pupuk alam yang langsung dapat diperoleh dari alam. Seperti pupuk kandang dan pupuk hijau yaitu kompos. Jenis yang lainnya adalah pupuk buatan yang proses pembuatannya diproduksi oleh pabrik.

Pupuk buatan ini salah satunya adalah L-Top. Pupuk buatan yang satu ini merupakan perpaduan zat perangsang tumbuhan yang sinergis antara gibberilic acid dan cytokinin.

Kombinasi zat perangsang tersebut akan bekerja secara serentak untuk merangsang titik tumbuh mulai dari tunas, akar maupun cabang. Sehingga pupuk ini akan bekerja di sel sel tanaman.

Dengan demikian efeknya akan berpengaruh langsung pada fisiologis sel sel tanaman. Sehingga dapat mengoptimalkan hasil panen agar lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan para petani.

Kelebihan

Ada berbagai kelebihan dari penggunaan pupuk L-Top yang wajib anda ketahui. Kelebihan dari pupuk ini diantaranya yaitu memiliki beberapa sifat karakteristik yang wajib menjadi pertimbangan yaitu
● Tidak membuat pucuk tunas menjadi kuning
● Dosis untuk pemakaiannya juga cukup rendah sekitar 0,5 ml / liter air
● Penggunaanya dapat dikombinasikan dengan pestisida maupun pupuk daun.

Kandungan L Top

Seperti yang sudah diuraikan di atas bahwa pupuk ini di dalamnya memiliki kombinasi kandungan zat perangsang antara gibberellic acid dan juga cytokinin. Kedua kandungan zat ini bekerja secara simultan untuk merangsang titik tumbuh.

READ  Mari Kita Ketahui Lebih Banyak Tentang Jenis Pestisida

Sehingga dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan hasil panen. Karena kedua kandungan zat tersebut bekerja pada tingkatan sel sel tanaman sehingga memberikan efek langsung pada pertumbuhan sel sel tanaman.

Manfaat

Setelah lebih jauh mengetahui kelebihan dan kandungan dari pupuk perangsang tanaman yang satu ini. Ada beberapa manfaat yang wajib anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaatnya antara lain sebagai berikut.
● Dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan mulai dari tunas. Akar dan juga cabang dari tanaman
● Memaksimalkan sintesis karbohidrat dalam pembentukan umbi, buah dan juga biji bijian
● Meningkatkan daya tumbuh benih dan kecambah
● Merangsang pertumbuhan bunga menjadi menjadi buah
● Mengoptimalkan hasil panen agar lebih maksimal

Harga L Top

Untuk harga jual pupuk perangsang tanaman ini biasanya dibandrol tergantung berdasarkan ukuran. Meskipun demikian untuk harganya masih tergolong aman dan dapat terjangkau.

Masing masing ukuran tentu dijual dengan harga yang berbeda. Untuk ukuran dengan kemasan botol dengan ukuran 100 ml lebih murah bila dibandingkan dengan ukuran kemasan botol 250 ml.

Rata-rata dijual seharga Rp 65.000 ,00 untuk kemasan 250 ml. Sedangkan kemasan kecil hanya Rp 35.000 ,00.

Aplikasi Penggunaan

Untuk penggunaan pupuk perangsang tanaman ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya bisa langsung mengkombinasikan penggunaan pupuk perangsang tumbuhan ini dengan pestisida.
Selain itu bisa juga memadukan pupuk perangsang tanaman ini dengan pupuk daun. Kedua cara ini dapat menjadi solusi untuk mengaplikasikan penggunaan pupuk ini. Tinggal memilih salah satu cara yang sesuai.

Sedangkan untuk takaran dosis pemakaiannya sebaiknya harus disesuaikan dengan yang disarankan. Untuk dosis pemakaian rendah hanya membutuhkan sekitar 0,5 ml/liter air.

READ  Cara Menanam Bawang Merah di Sawah

Ringkasan

Ternyata, jika Anda berkali-kali menanam suatu tanaman dan ternyata tanaman itu tidak tumbuh maka Anda tak perlu khawatir. Sekarang sudah ada pupuk untuk mengatasi hal ini. Berikut ringkasan dari artikel ini.

• Apa itu Pupuk L-Top
• Kelebihan Pupuk L-Top
• Kandungan L-Top
• Manfaat L-Top
• Harga L-Top
• Aplikasi Penggunaan L-Top

Setelah mengenal lebih dalam tentang pupuk perangsang tanaman L-Top ini, anda bisa langsung mencobanya. Agar hasil panen lebih maksimal sesuai dengan yang diinginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.