Relawan Anies dan Ganjar Satu Suara untuk Prabowo-Gibran: Bentuk Sinergi Masyarakat dalam Pilkada

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Para relawan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan relawan Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) dengan kompak mengumumkan dukungan mereka kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Wakil Komandan TKN Golf Bidang Relawan, Ahmad Gojali Harahap, mengapresiasi dukungan tersebut.

Pengumuman dukungan tersebut disampaikan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Jumat (12/1/2024). Gojali mengaku gembira organisasi relawan yang akhirnya melabuhkan dukungan kepada paslon nomor urut 02.

“Akhir-akhir ini terutama setelah debat pilpres yang ketiga itu, migrasi kepada Pak Prabowo atau dukungan kepada Pak Prabowo semakin hari semakin banyak dan mengalir terus,” ujar Gojali.

Gojali kemudian mengungkit bahwa Prabowo-Gibran belum lama ini juga mendapatkan dukungan dari Pendukung Anies-Muhaimin (PAM) dan Pejuang PPP. Gojali optimistis bahwa Prabowo-Gibran dapat memenangkan satu putaran.

“Mudah-mudahan kehadiran teman-teman ini bisa menambah kekuatan kita untuk memenangkan putaran kali ini,” ujar Gojali.

Di forum yang sama, inisiator Gerakan Turun tangan Yogyakarta, Sanghyang Sukma Wahyu Abadi, menyatakan alasan pihaknya beralih dukungan ke Prabowo-Gibran. Menurutnya, dalam debat capres ketiga, Anies Baswedan menyerang Prabowo secara pribadi tanpa mencerminkan jiwa kepemimpinan.

“Mungkin Pak Prabowo tidak pandai dalam berdebat, tetapi kami melihat bahwa Pak Prabowo berkontribusi dengan baik untuk negara ini. Itulah salah satu alasan mengapa kami memilih beralih dukungan ke Prabowo-Gibran,” kata Sanghyang.

Sementara itu, Ketua Umum Sahabat Ganjar Pranowo (SGP), Ahmad Muhdlor Ihsan, mengungkapkan bahwa pihaknya memutuskan untuk mengalihkan dukungan mereka kepada pasangan Prabowo-Gibran. Keputusan tersebut diambil karena mereka merasa tidak mendapatkan penghargaan yang pantas.

“Mohon maaf, kita sudah menghabiskan Rp 2,2 miliar dalam dua tahun terakhir. Alasan SGP menarik dukungannya karena ketua umum SGP dan seluruh pengurus di seluruh Indonesia merasa harga diri mereka telah terinjak-injak,” kata Muhdlor.

READ  Maruarar Pamit dari PDIP: Dulu Bapak Saya Ingatkan Cintai Jokowi!

Muhdlor menjelaskan bahwa pada tanggal 26 Desember 2023, SGP (Selamatkan Ganjar-Prabowo) telah resmi dibubarkan. Kemudian, mereka membentuk kelompok baru yang diberi nama Barisan Santri Indonesia (BSI).

“BSI barisan santri Indonesia bertekad bulat untuk memenangkan pasangan 02 Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka satu putaran,” kata Muhdlor.

Kesimpulan

Para relawan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan relawan Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) secara kompak mengumumkan dukungan mereka kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Dukungan ini mencerminkan sinergi masyarakat dalam Pilkada dan meningkatkan peluang kemenangan pasangan nomor urut 02. Meskipun beberapa relawan menyebutkan alasan pribadi dalam mengalihkan dukungan mereka, tetapi keputusan ini memberikan kekuatan baru bagi Prabowo-Gibran dalam pertarungan politik mendatang.