Ssst… Tanaman Hias Ini Bisa Mengusir Rayap di Rumah, Intip Yuk!

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Koloni rayap yang tinggal di sekitar rumah memang sangat mengganggu. Serangga ini mampu merusak berbagai barang yang terbuat dari kayu, seperti mebel, pintu, jendela, dan atap.

Lebih parahnya lagi, rayap juga senang memakan kertas, sehingga dokumen penting atau uang kertas yang disimpan di dalam rumah menjadi tidak aman.

Pada umumnya, pengelola gedung atau perkantoran harus menggunakan jasa konsultan untuk memeriksa keberadaan rayap di sekitar bangunan. Tentu saja, jasa tersebut cukup mahal.

Namun, di rumah kita sebenarnya bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman hias untuk mengusir rayap.

Beberapa tanaman memiliki kandungan zat atau aroma yang tidak disukai oleh rayap.

Tak hanya itu, ada juga beberapa tanaman yang mampu menarik hewan predator untuk datang. Sehingga predator tersebut dapat membantu mengendalikan populasi rayap.

Melansir dari Wolipop, berikut adalah beberapa tanaman hias yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap dari dalam rumah.

1. Catnip

Catnip adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga, termasuk rayap. Serangga-serangga ini akan memilih menjauh saat terdapat tanaman catnip di sekitarnya.

Cara menggunakan tanaman ini sangat mudah, yaitu dengan menanam catnip di tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang koloni rayap. Selain itu, bisa juga dengan mengoleskan atau menyemprotkan minyak esensial beraroma catnip.

2. Mint

Daun mint merupakan salah satu pestisida alami yang efektif untuk mengusir rayap. Mint dapat digunakan tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

Kamu bisa menanam pohon mint di sekitar rumah untuk membantu mengusir rayap.

Bau mint yang kuat juga tidak disukai oleh rayap.

READ  Kenapa Bunga Matahari Selalu Menyusul Mentari?

3. Rumput Vetiver

Rumput vetiver mengandung senyawa kimia yang disebut nootkatone. Senyawa ini dapat secara alami menangkal rayap dan hama lainnya.

Menanam rumput ini di sekeliling rumah akan membuat rayap enggan mendekati rumahmu.

4. Marigold

Tanaman cantik ini dapat menjadi alternatif untuk mengusir rayap di rumah. Selain itu, kehadiran bunga ini juga akan membuat halaman rumahmu semakin indah.

Untuk menggunakan marigold sebagai pengendali hama, kamu bisa menanamnya di sekitar area rumah yang terkena kerusakan akibat rayap.

5. Geranium

Tanaman geranium sebenarnya tidak secara langsung mengusir rayap. Namun, tanaman ini disukai oleh beberapa serangga lain seperti belalang dan laba-laba.

Kehadiran serangga tersebut tidak disukai oleh rayap sehingga rayap akan memilih untuk pergi menjauh.

Kesimpulan

Tanaman hias dapat menjadi solusi alami untuk mengusir rayap di rumah. Beberapa jenis tanaman seperti catnip, mint, rumput vetiver, marigold, dan geranium memiliki aroma atau zat yang tidak disukai oleh rayap. Menanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah dapat membantu mengendalikan populasi rayap tanpa perlu menggunakan jasa konsultan yang mahal.