Tanaman Keladi Cocok Untuk Anda Pecinta Tanaman Hias

By | November 26, 2021
tanaman keladi

Tanaman Keladi Cocok Untuk Anda Pecinta Tanaman Hias

Tanaman Keladi Hias merupakan kelompok tumbuhan yang tergolong dalam genus keladi (suku keladi-keladian, Araceae).

Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Ciri yang paling umum ditemui saat menjumpai tanaman ini adalah dari segi bentuk daunnya yang menyerupai lambang hati. Daunnya licin karena mengandung lapisan lilin. Tanaman hias keladi, tumbuh tidak lebih dari 1 meter.

Beberapa jenis dan hibridanya digunakan sebagai tanaman hias taman. Keladi hias merupakan tanaman yang membutuhkan asupan cahaya yang cukup untuk tumbuh optimal. Keladi ini akan mudah hidup di media yang tidak terlalu padat. Perbanyakan melalui umbi lebih cepat, sedangkan dengan biji membutuhkan waktu lebih lama.

Fyi, untuk beberapa referensi tanaman lain bisa kunjungi blog indotim.net ya.

Ciri-ciri Tanaman Hias Keladi

Ciri khas keladi sebagai anggota Araceae adalah bentuk daunnya. Spadiks dibungkus oleh selubung yang disebut spata. Umumnya warna yang dimiliki spadik ini sesuai dengan warna spadianya. Ketika masih muda, spadix membungkus erat-erat spadix dan kemudian mekar, sehingga spadix akan terlihat.

Spata memiliki berbagai macam warna, namun satu spata umumnya hanya terdiri dari satu atau dua warna. Hampir semua keladi tidak berbatang, melainkan hanya membentuk pelepah atau tangkai daun. Bentuk daunnya juga sangat bervariasi, dari segitiga, lonjong, bulat, hingga panjang.

Janda Bolong

Tanaman hias bolong janda menjadi salah satu tanaman hias yang populer di masa pandemi ini. Selain bentuknya yang disukai banyak orang, perawatan janda bolong relatif mudah. Artinya jangan letakkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat daun berubah warna dan layu. Janda bolong hanya perlu disiram seminggu sekali.

Kelembaban media tanam juga harus diperhatikan, tidak terlalu basah dan tidak kering karena kekurangan air. Daun yang sudah tumbuh lama dapat dipotong agar pertumbuhan daun muda di atasnya tidak terhambat.

Janda bolong banyak dibicarakan karena keunikan dan kelangkaannya. Lubang-lubang di daun inilah yang membuatnya unik dan langka. Monstera adansonii, juga dikenal sebagai Janda Bolong, merupakan tanaman hias yang memiliki daun unik, yaitu permukaan daun bolong alami.

Dengan pencahayaan yang cukup jenis tanaman hias ini tergolong toleran terhadap kondisi ruangan. Inilah mengapa tanaman monstera menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk tanaman hias dalam ruangan yang dapat membuat sudut ruangan di rumah Anda terlihat lebih indah.

Keladi Merah

Dikenal sebagai keladi merah, daunnya unik dan berwarna cerah. Sesuai dengan namanya, tanaman keladi ini memiliki dua warna yaitu merah dan hijau. Biasanya warna merah mengikuti tulang daun. Sedangkan warna hijau mendominasi seluruh bagian daun keladi.

Tengkorak Keladi

Seperti apa keladi tengkorak? Skeleton taro memiliki nama lain yaitu Alocasia Cuprea. Jika ingin memiliki tanaman keladi tengkorak diletakkan di tempat yang teduh. Ciri tanaman ini memiliki warna daun hijau tua dan tulang daun tegas.

Keladi Wayang

Seperti apa keladi wayang itu? Wayang keladi adalah salah satu bagiannya n dari tanaman hias yang memiliki genus Keladi. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik, seperti jantung atau hari, sehingga dibuat terkenal dengan nama keladi. Wayang keladi ini memiliki corak seperti batik.

Keladi Hitam

Jenis keladi hitam ini mahal dan banyak dicari. Jenis ini memang tidak semahal sebelumnya. Namun, tetap saja harus merogoh kocek mahal. Apakah keladi harus kena sinar matahari? Keladi tetap memerlukan sinar matahari yang cukup.

Jenis Keladi Baret
• Keladi apel
• Keladi baret merah
• Keladi infinity
• Keladi putih hijau
• Keladi jantung hati

Demikian penjelasan tentang Tanaman Keladi cocok untuk anda pecinta tanaman hias semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *