Berilah Pupuk NPK Sebagai Kebutuhan Nutrisi Tanaman!

By | November 28, 2021
pupuk npk

Jenis Pupuk NPK yang Harus Anda Ketahui

Pupuk NPK adalah pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Mengapa elemen-elemen ini? Nah, setiap elemen telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan tanaman. Sebagai contoh,

• Nitrogen bagus untuk membuat daun tumbuh
• Fosfor meningkatkan produksi buah dan/atau bunga serta pertumbuhan akar
• Kalium sangat bagus untuk kesehatan tanaman secara keseluruhan

Seringkali tanah tempat tanaman tumbuh kekurangan beberapa nutrisi ini, jadi dengan menambahkannya sebagai pupuk, tanaman menjadi lebih baik. Katakanlah Anda membeli sekantong 50 pon pupuk yang bertuliskan 10-6-4 di atasnya.

Angka pertama mewakili nitrogen, angka kedua adalah fosfor, dan yang ketiga adalah kalium. Dan, jika itu adalah tas 50 pon, angka menunjukkan bahwa 5 pon adalah nitrogen (atau 10%), 3 pon adalah fosfor (atau 6%), dan 2 pon adalah kalium (atau 4%).

Zaman sekarang untuk mendapatkan pupuk NPK sangat mudah. Bisa membeli di toko pertanian terdekat atau secara online. Tapi perlu diingat juga ya, kadar pemupukan berlebih juga tidak baik bagi tanaman.

Pupuk NPK Mutiara

Nutrisi ‘Pupuk NPK Mutiara’ adalah butiran unik yang mengandung konsentrasi Asam Amino, Asam Humat, Asam Fulvat, Nitrogen dan Kalium yang sangat kental bersama dengan banyak elemen jejak yang diturunkan secara biologis dalam bentuk butiran.

Cara kerja NPK ‘Mutiara’:

• Merangsang pertumbuhan akar, daun, dan batang (menyebabkan produksi massal bio)

• Produksi buah jadi lebih banyak dan kualitas tanaman semakin bagus.

• Penyerapan pupuk melalui daun dan akar semakin efektif.

• Meningkatkan efektivitas pupuk dan pestisida utama yang digunakan.

Pupuk Npk 16 16 16

Pupuk NPK ini, mengandung unsur hara N, P, dan K, sangat penting dan esensial untuk pertumbuhan vegetatif dan generatif. NPK ini bersifat fast release, sangat cocok untuk digunakan pada tanaman yang membutuhkan dan memanfaatkan ketersediaan unsur hara secara cepat, seperti tanaman pangan atau semusim yang hanya dalam waktu singkat akan dipanen.

READ  Pupuk Super Interfos Agar Mempercepat Fase Perkecambahan

Pupuk Phonska

Pupuk Phonska merupakan jenis pupuk yang memperoleh subsidi oleh pemerintah dengan harga yang lebih terjangkau bagi petani. Biasanya pupuk Phonska ini memiliki sebutan sebagai majemuk NPK pupuk yang terdiri dari unsur hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K) dan sulfur (S).

Pupuk NPK Phonska berbahan dasar urea, amonium, fosfat, zeolit, dan beberapa zat lainnya. Pupuk Phonska ini memiliki zat yang memungkinkan pemupukan tanaman secara terpadu.

Sampai saat ini pupuk phonska telah populer bagi kalangan petani dan banyak yang telah merasakan manfaatnya. Pupuk Phonska umumnya tersedia dalam 2 ukuran kemasan yaitu kemasan 20 kg dan kemasan 50 kg. Jadi hanya petani yang sudah tergabung dalam kelompok tani tertentu saja yang bisa membelinya.

Pupuk Npk Pak Tani

Nitrogen yang ada pada merek pak tani memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Sedangkan untuk Phosphate, merupakan unsur hara yang menyimpan energi atau makanan sehingga menjadikan batang, buah, akar tumbuh lebih baik.

Unsur terakhir yaitu Kalium, berfungsi untuk meningkatkan enzim tanaman yang mempengaruhi warna bunga dan buah. Setiap bahan ini memiliki berbagai peran penting untuk menyuburkan tanaman.

Npk untuk Bunga

Pupuk bunga serba guna mengandung ketiga nutrisi tanaman utama: nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Beberapa pupuk mungkin juga mengandung sejumlah kecil nutrisi kecil seperti magnesium, kalsium, belerang, besi dan boron.

Rasio NPK pada kemasan (seperti 5-10-10 atau 5-5-5) memberi tahu Anda persentase berdasarkan berat dari setiap nutrisi utama. Secara umum, rasio 5-10-10 tepat untuk sebagian besar tanaman berbunga.

Demikian pembahasan mengenai jenis Pupuk NPK, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *