Cantik Banget! Tapi Hindari Tempat-tempat Ini untuk Tanaman Hias ya!

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Tanaman indoor adalah tanaman hias yang dapat hidup dan dirawat di dalam ruangan. Selain memiliki tampilan yang cantik, tanaman indoor juga dapat dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

Bisa dirawat di dalam rumah, bukan berarti mereka bisa ditaruh sembarang tempat. Karena dapat berisiko membuat tanaman hias kesayanganmu bisa mati. Lalu, kira-kira tempat apa saja yang nggak bisa tempat untuk meletakkan tanaman indoor? Mengutip dari Bob Vila, Jumat (16/2/2024), berikut 6 tempat yang tidak bisa diletakkan tanaman indoor.

1. Di Atas Kulkas

Menaruh tanaman di atas kulkas memang terlihat baik-baik saja. Asalkan kulkas menghadap jendela yang sering terkena sinar matahari. Namun, kulkas sering diletakkan pada tempat gelap dan teduh.

Selain itu, kondisi suhu dan kelembaban di sekitar atap kulkas tidak ideal untuk kebanyakan tanaman. Area sekitar lemari es seringkali memiliki kelembaban rendah. Jika hal tersebut dipadukan dengan panas yang dipancarkan oleh kulkas, dapat merusak tanaman hias di dalam ruangan Anda.

2. Dekat dengan Pemanas

Selain itu, hindari meletakkan tanaman hias indoor Anda terlalu dekat dengan perangkat pemanas, seperti radiator, pemanas ruangan, atau ventilasi pemanas dan pendingin udara. Tanaman yang terpapar suhu tinggi dan kelembaban rendah dari pemanas cenderung cepat layu dan mati.

3. Di Sudut Ruangan

Kamu sebaiknya tidak meletakkan tanaman hias, terutama tanaman indoor tropis, di sudut-sudut ruangan. Sudut ruangan cenderung gelap dan tidak terkena sinar matahari, sehingga tanaman tersebut tidak akan mendapatkan cukup cahaya untuk tumbuh dengan baik. Jika memang tidak memungkinkan untuk menempatkan tanaman hias di sudut ruangan, pilihlah tanaman yang dapat hidup di lingkungan dengan cahaya minim, contohnya tanaman pakis.

READ  Mebel Indonesia Diburu di Pasar Eropa dan AS, Omzet Melonjak hingga Rp 4,6 Triliun

4. Terlalu Dekat dengan Peralatan Elektronik

Menurut American Society for Horticultural Science, tanaman indoor dapat membantu mengurangi stres saat bekerja. Oleh karena itu, menempatkan tanaman hias di dalam ruangan, terutama di sekitar meja kerja, bisa menjadi pilihan yang baik.

Namun, perlu diingat untuk meletakkan tanaman dengan bijaksana. Jangan memposisikan tanaman hias indoor terlalu dekat dengan perangkat elektronik seperti komputer, printer, atau colokan daya. Mengapa hal ini penting?

Menempatkan tanaman hias terlalu dekat dengan perangkat elektronik dapat menimbulkan masalah tak terduga. Sebagai contoh, ketika kamu sedang menyiram tanaman dan tanpa disadari airnya menyentuh perangkat elektronik.

5. Di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, tetapi terlalu banyak sinar matahari bisa merugikan. Beberapa tanaman indoor bahkan membutuhkan naungan untuk tumbuh dengan baik.

Sebaiknya hindari menempatkan tanaman hias dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung yang berlebihan dapat merusak klorofil di dalam daun, menyebabkan warna daun dan bagian tanaman lainnya memudar atau bahkan menjadi coklat.

6. Di Atas Microwave

Seperti halnya meletakkan tanaman di atas kulkas, menaruh di atas microwave juga sebaiknya dihindari. Meskipun penataan tersebut bisa memberi sentuhan estetik di dapur, tetap saja tidak disarankan. Alasannya dua. Pertama, risiko kesehatan tanaman yang terancam. Gelombang dari microwave dapat membuat tanaman cepat layu dan mati. Kedua, bagi pecinta tanaman indoor berukuran besar, risiko merusak bagian atas microwave juga perlu diwaspadai.

Ada beberapa tempat di rumah yang sebaiknya tidak kamu pilih untuk meletakkan tanaman hias dalam ruangan, meskipun terlihat cantik. Penempatan tanaman yang salah dapat berdampak negatif pada pertumbuhannya, bahkan bisa membahayakan kesehatan tanaman itu sendiri.

READ  Momen Ibu-ibu Grogi Saat Membacakan Pancasila di Hadapan Jokowi dalam Harlah Muslimat NU

Pengetahuan tentang lingkungan ideal untuk tanaman hias sangat penting agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk meletakkan tanaman hias:

  • 1. Dekat AC atau Pemanas: Suhu yang ekstrem dari perangkat pendingin atau pemanas udara dapat merusak tanaman hias.
  • 2. Di Depan Jendela Yang Terlalu Terang: Paparan langsung sinar matahari yang terlalu intens bisa membuat tanaman layu atau kulit daunnya terbakar.
  • 3. Di Dekat Pintu atau Jendela Yang Sering Dibuka: Angin kencang bisa merusak tanaman dan mengganggu pertumbuhannya.
  • 4. Di Kamar Mandi: Kelembapan tinggi dan kurangnya sinar matahari bisa membuat tanaman hias mati.
  • 5. Di Samping Perapian: Suhu panas dari perapian dapat merusak tanaman hias yang biasanya membutuhkan suhu stabil.
  • 6. Di Dekat Pintu masuk atau Daerah Sirkulasi Udara Tinggi: Tanaman bisa rentan terhadap debu, polusi udara, dan suhu yang tidak stabil.

Menempatkan tanaman hias dengan tepat akan membantu mereka tumbuh dengan baik dan tetap indah. Pastikan untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar sebelum menempatkan tanaman di dalam rumah.

Buat detikers yang punya permasalahan seputar rumah, tanah, atau properti lain, baik itu berkaitan dengan hukum, konstruksi, pembiayaan, dan lainnya, tim detikProperti bisa membantu mencari solusinya. Kirim pertanyaan kamu via email ke [email protected] dengan subjek ‘Tanya detikProperti’; nanti pertanyaan akan dijawab oleh pakar.