Ziarah ke Makam Syekh Mahmud Hadral Maut, Anies Menemukan Diri

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, melakukan ziarah ke makam Syekh Mahmud Hadral Maut, wali penyebar ajaran agama Islam pertama di Indonesia. Dalam perjalanan ini, Anies melihatnya sebagai waktu untuk merenungkan dirinya sendiri dan mengambil inspirasi dari perjuangan para aulia.

“Alhamdulillah kami baru saja selesai ziarah di Makam Syekh Mahmud Hadral Maut, ini adalah salah seorang pembawa ajaran Islam ke nusantara yang paling awal. Yang diperkirakan dari catatan-catatan sejarah mungkin sekitar 640-an sama dengan makam yang ada di sekitar sini. di kawasan Barus,” kata Anies di Makam Syekh Mahmud Bin Abdurrahman Bin Muadz Bin Jabal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (12/1/2024).

Anies menyebut kunjungannya ke Makam Syekh Mahmud sebagai refleksi diri. Ia menyadari bahwa para aulia ini terus menyebarkan ajaran agama Islam hingga akhir hayat mereka.

“Perjalanan ini adalah perjalanan penghayatan dan refleksi spiritual untuk mengambil teladan dari perjuangan para Aulia dan juga proses penyebaran Islam di Nusantara,” ujar Anies.

“Para aulia ini dimakamkan sebagai penjaga amanah di tempat ini, mereka telah menjaga amanah dari Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah hingga akhir hayat. Mereka berangkat dan tidak kembali ke tanah kelahiran mereka, melainkan dimakamkan di Tanah Nusantara,” ungkap Anies.

Anies menyatakan bahwa Barus merupakan sebuah kawasan yang sejak zaman dahulu dijadikan tempat para pedagang berkumpul di Indonesia. Wilayah Barus memiliki sejarah yang panjang dalam penyebaran Islam di Indonesia.

“Di mana pedagang dari seluruh dunia datang ke sini untuk mengambil, membeli kekayaan alam yang diperdagangkan di tempat ini. Oleh karena itu, Nusantara ini telah memiliki daya tarik sejak jauh sebelum era modern seperti sekarang,” ujar Anies.

READ  Anies Soroti Tata Krama Gibran di Debat: Substansi Lebih Penting daripada Atraksi

“Dan jika kita mengingat dalam catatan masa keemasan Mesir, kawasan Barus telah tercatat sebagai tempat kedatangan para musafir dan pedagang ke Nusantara,” katanya.

Anies juga meluangkan waktu untuk mengunjungi Kompleks Makam Mahligai, di mana ia mengunjungi berbagai makam termasuk Syekh Rukunuddin hingga Syekh Zainal Abidin Ilyas.

Kesimpulan

Anies Baswedan melakukan ziarah ke makam Syekh Mahmud Hadral Maut, wali penyebar ajaran agama Islam pertama di Indonesia. Dalam perjalanan ini, Anies mengambil waktu untuk merenungkan dirinya sendiri dan mengambil inspirasi dari perjuangan para aulia. Ia menyadari pentingnya penyebaran Islam di Nusantara dan nilai-nilai yang diwariskan oleh para aulia. Anies juga mengakui sejarah panjang wilayah Barus dalam penyebaran Islam di Indonesia dan peran pedagang dalam menghadirkan daya tarik Nusantara sejak masa lalu. Kunjungan Anies ke makam-makam lain di kompleks Mahligai juga menunjukkan bahwa ia menghargai warisan budaya dan spiritual dari generasi sebelumnya.