100 Tahun Hachiko: Kisah Si Anjing Setia Yang Mengharukan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Usia Hachiko si anjing setia yang menunggu tuannya di stasiun telah mencapai 100 tahun. Dalam peringatan usianya yang mencapai satu abad ini, patung Hachiko dipamerkan dalam bentuk seni pop-up yang menakjubkan.

Tampilan patung Hachiko yang luar biasa menandakan peringatan 100 tahun kelahirannya. Patung ikonik yang terletak di dekat Stasiun Shibuya ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

Dilansir dari Japan Today, pada hari Selasa (14/11/2023), instalasi seni ini disajikan khusus untuk merayakan momen seratus tahun kelahiran Hachiko. Pameran ini hanya berlangsung selama satu hari, dan tempat istirahat Hachiko diatur seperti kamar tidur dengan luas sekitar 9 meter persegi.

Dalam instalasi yang dipasang di tempat patung Hachiko berdiri, kita dapat melihat Hachiko duduk di atas selimut yang diletakkan di atas tempat tidur, lengkap dengan mangkuk makanan, majalah, dan sofa di dekatnya. Meskipun cuaca gerimis dan dingin, banyak orang yang singgah untuk mengambil foto patung yang terkenal ini.

Pameran ini adalah ide dari seniman kontemporer Tatsu Nishino yang mendapatkan inspirasi untuk instalasi ini sepuluh tahun yang lalu, dan dia berhasil menyelesaikan proyek tersebut setelah bekerja di atasnya selama sekitar satu setengah tahun.

“Saya berharap suatu hari nanti bisa menciptakan (sebuah karya seni dalam skala yang lebih besar) yang diberi nama ‘Hachiko Hotel’,” kata Nishino, 63 tahun.

Sejarah Hachiko

Hachiko diyakini lahir di Odate, Prefektur Akita, pada bulan November 1923 dan diadopsi oleh profesor universitas Hidesaburo Ueno yang tinggal di Shibuya.

Sosok Hachiko menyentuh hati orang-orang karena muncul di Stasiun Shibuya setiap hari menunggu tuannya kembali dari pekerjaan, bahkan setelah kematian Ueno pada tahun 1925. Hachiko mati pada 1935.

READ  Gegar Pembunuhan di Udara: Khasus Penumpang Vs Pramugari di Pesawat ANA

Kesetiaan Hachiko menginspirasi film Hollywood tahun 2009 yang dibintangi Richard Gere ‘Hachi: A Dog’s Tale’. Serta film India pada tahun 2015, dan ditampilkan dalam video game Jepang.

Kesimpulan

Pada peringatan usia 100 tahun Hachiko, patung ikonik anjing setia ini dipamerkan dalam bentuk seni pop-up yang menakjubkan di dekat Stasiun Shibuya. Pameran ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Instalasi seni ini menampilkan Hachiko duduk di atas selimut dengan mangkuk makanan, majalah, dan sofa di dekatnya. Ide pameran ini berasal dari seniman kontemporer Tatsu Nishino. Hachiko yang lahir di Odate, Prefektur Akita, diyakini meninggal pada tahun 1935 setelah menunjukkan kesetiaannya dengan menunggu tuannya di Stasiun Shibuya setiap hari. Kesetiaan Hachiko juga menginspirasi film Hollywood ‘Hachi: A Dog’s Tale’ dan film India serta ditampilkan dalam video game Jepang.