Ini Fakta Menarik di Balik Bunga Mawar Hitam dalam Asmara & Kehidupan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Mawar adalah jenis tanaman hias yang memiliki batang bulat berduri dan daun majemuk dengan tepi bergerigi. Bunga mawar memiliki berbagai macam warna, seperti merah, putih, merah muda, dan merah tua.

Selain warna-warna tersebut, ada juga bunga mawar hitam. Sebenarnya, bunga mawar hitam ini hanya merupakan istilah dan tidak dapat ditemukan secara alami di alam liar.

Mawar hitam memiliki arti yang khusus dalam kisah cinta dan kehidupan manusia. Namun, pada umumnya masyarakat menganggap bunga mawar hitam sebagai simbol duka cita dan kesedihan.

Jadi, apa sebenarnya makna dari bunga mawar hitam dalam kehidupan manusia? Simak penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

Sejarah Bunga Mawar Hitam

Menurut Proflowers, sejarah bunga mawar hitam dapat ditelusuri hingga zaman kuno Yunani dan Romawi. Pada masa itu, bunga mawar hitam digunakan sebagai simbol kekuasaan dan keunggulan.

Pada abad ke-19, terutama selama Era Victoria, bunga mawar hitam semakin populer karena digunakan sebagai Bahasa Bunga atau floriografi. Artinya, saat itu masyarakat sering berkomunikasi menggunakan bahasa bunga sebagai pesan kode.

Ketika seseorang memberikan bunga mawar hitam sebagai kode, itu berarti melambangkan bahaya, kematian, perpisahan, dan kebencian. Sejarah mencatat bahwa bunga mawar hitam juga sering digunakan oleh mafia untuk mengirimkan ancaman pembunuhan kepada target mereka.

Meskipun penggunaan Bahasa Bunga semakin jarang dilakukan, makna bunga mawar hitam tetap bertahan hingga sekarang. Oleh karena itu, di dunia fiksi seperti film atau novel, bunga mawar hitam sering kali dikaitkan dengan duka cita, kesedihan, dan hubungan asmara yang gagal.

READ  Debat Cawapres Tidak Menghasilkan Solusi Masalah Agraria dan Ekologis, Menurut Walhi

Makna Mawar Hitam dalam Hubungan Asmara

Mawar hitam memiliki makna tersendiri dalam kehidupan manusia, terutama dalam hubungan asmara. Mawar hitam melambangkan perpisahan, perceraian, atau hubungan asmara yang kandas (Bouqs).

Bunga mawar umumnya melambangkan sesuatu yang telah berakhir, seperti hubungan asmara. Namun, mawar hitam juga dapat menjadi lambang sesuatu yang baru, diharapkan membawa kebaikan di masa depan.

Hal ini berbeda dengan penggunaan mawar merah yang umumnya melambangkan cinta dan kasih sayang.

Makna Mawar Hitam dalam Kehidupan

Di sisi lain, mawar hitam juga memiliki makna tersendiri dan sering digunakan sebagai simbol dalam kehidupan. Berikut ini adalah makna-makna mawar hitam dalam kehidupan manusia.

1. Duka Cita

Mawar hitam sering dijadikan simbol duka cita. Mawar hitam sering digunakan dalam proses pemakaman seseorang yang telah meninggal dunia.

2. Misteri

Warna hitam memiliki kesan misterius. Penggunaan warna hitam dapat melambangkan seseorang yang terlihat misterius, sulit ditebak sifat aslinya, dan cenderung tertutup.

3. Mengawali Suatu Hal yang Baru

Mawar hitam tidak hanya melambangkan kesedihan, tetapi juga menjadi simbol yang positif karena melambangkan awal dari suatu hal yang baru. Oleh karena itu, beberapa orang sering memberikan mawar hitam sebagai ucapan kepada seseorang yang akan memulai kehidupan baru.

Itulah pembahasan mengenai makna mawar hitam, mulai dari sejarah, makna dalam hubungan asmara, hingga makna dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.

Kesimpulan

Mawar hitam merupakan istilah yang digunakan untuk bunga mawar dengan warna hitam, meskipun sebenarnya tidak ada mawar hitam secara alami. Sejarah bunga mawar hitam berawal dari zaman kuno Yunani dan Romawi, di mana bunga ini digunakan sebagai simbol kekuasaan dan keunggulan. Pada masa Victorian, bunga mawar hitam menjadi populer sebagai Bahasa Bunga, dengan makna bahaya, kematian, perpisahan, dan kebencian. Dalam hubungan asmara, mawar hitam melambangkan perpisahan, perceraian, atau hubungan yang gagal, sedangkan dalam kehidupan, mawar hitam memiliki makna duka cita, misteri, dan juga awal dari suatu hal baru. Meskipun makna-makna tersebut masih berlaku hingga sekarang, penggunaan Bahasa Bunga seperti ini sudah jarang dilakukan.

READ  6 Varietas Bunga Dahlia yang Menawan, Kuat di Bawah Terik Matahari, dan Tak Berbau