Manfaat Pupuk Asam Amino Untuk Tanaman

By | Agustus 10, 2022
pupuk asam amino

Pupuk asam amino merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman. Secara umum, tumbuhan dapat mensintesis asam aminonya sendiri dari bahan penyusun dasar karbon, oksigen, hidrogen, dan nitrogen melalui proses biokimia kompleks yang  membutuhkan energi dalam jumlah besar.

Dengan menyerap asam amino dari luar, tanaman menghemat energi yang dapat  digunakan untuk proses metabolisme lainnya. Pupuk asam amino dapat diterapkan dengan menyemprotkan pada daun maupun ke dalam tanah. Pupuk ini juga dapat meningkatkan aktivitas mikroba di dalam tanah dan membantu asimilasi nutrisi.

Manfaat Pupuk Asam Amino Yang Perlu Anda Ketahui

Pupuk asam amino adalah protein yang  dipecah menjadi molekul kecil oleh proses metabolisme  sebagai bahan dasar untuk proses biosintesis. Selain manusia, tanaman juga perlu membutuhkan pupuk asam amino agar meningkatkan hasil dan kualitas yang maksimal. Berikut manfaat penggunaan pupuk tersebut:

  1. Meningkatkan Kadar Klorofil

Tumbuhan menggunakan fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat. Laju fotosintesis yang lambat mengurangi sintesis karbohidrat (fotosintesis). Kandungan klorofil berperan sangat penting dalam proses fotosintesis, yaitu menyerap energi sinar matahari. Semakin tinggi kandungan klorofil, semakin tinggi laju fotosintesis.

  1. Metode Klasifikasi Mikronutrien

Asam amino memiliki efek chelating pada mikronutrien. Chelation adalah ikatan kimia antara chelators ion logam. Ketika digunakan bersamaan dengan mikronutrien, hal tersebut meningkatkan penyerapan dan transportasi mikronutrien. Asam amino glisin dan asam glutamat  adalah agen pengkelat yang sangat efektif.

  1. Sebagai Pengatur Tumbuh Tanaman

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mengatur tumbuh tanaman. Pupuk Asam amino adalah senyawa kimia yang menyusun hormon/pengatur pertumbuhan. Hormon tanaman seperti auksin, sitokinin, dan giberelin, serta hormon yang terlibat dalam pembentukan bunga, diproduksi melalui sintesis asam amino. Sintesis didukung oleh prekursor.

  1. Penyesuaian Pembukaan Pori

Manfaat selanjutnya pada penggunaan asam amino ini yaitu membuka pori. Stomata berperan dalam mengatur keseimbangan air tanaman dan membantu pergerakan nutrisi tanaman melalui transpirasi. Stomata tertutup mengurangi laju fotosintesis dan transpirasi, sehingga mengurangi penyerapan unsur makro dan mikro.

READ  Pentingnya Pertanian Organik

Pada keadaan tersebut tentunya akan mengganggu proses metabolisme tanaman dan mengurangi produksi tanaman. Pemanfaatan asam amino membuat stomata terbuka lebih lama dan meningkatkan metabolisme tanaman dengan begitu tanaman akan tumbuh dengan maksimal dan terjadinya gagal tumbuh akan lebih minim terjadi.

  1. Meningkatkan Aktivitas Mikroba Tanah

Pupuk asam amino merupakan sumber nutrisi bagi mikroorganisme tanah. Aplikasi asam amino di tanah meningkatkan aktivitas mikroorganisme yang menguntungkan. Keseimbangan dan aktivitas mikroba yang tinggi  dalam tanah meningkatkan mineralisasi bahan organik  tanah, sehingga meningkatkan kesuburan tanah.

Siklus nutrisi berjalan dengan baik dan lebih banyak nutrisi tersedia untuk tanaman. Keberadaan mikroorganisme tanah merupakan salah satu kunci perbaikan kualitas tanah. Kebutuhan asam amino  esensial  tanaman dapat meningkatkan hasil dan kualitas secara keseluruhan.  Sehingga penggunaan jenis pupuk ini sangat dianjurkan.

mikroba

Secara umum, tumbuhan dapat mensintesis asam aminonya sendiri dari bahan penyusun dasar karbon, oksigen, hidrogen, dan nitrogen melalui proses biokimia kompleks yang  membutuhkan energi dalam jumlah besar. Tumbuhan mensintesis asam amino dari unsur primer seperti karbon dan oksigen dari udara, air, dan tanah.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh jenis pupuk ini, harga yang ditawarkan untuk 1 kg pupuk asam amino ini sangatlah terjangkau yaitu Rp 100.000 saja. Tentunya hal tersebut sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dicoba agar tanaman Anda semakin subur.

Demikian artikel mengenai manfaat pupuk asam amino, sangat diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Sekian, saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *