Penyebab Pohon Raksasa di Jalan Sriwijaya Jaksel Tumbang dan Menghancurkan Fortuner

indotim.net (Selasa, 16 Januari 2024) – Pohon besar di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tiba-tiba tumbang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan pohon besar itu tumbang karena akar pohon sudah membusuk.

“Akar pohon sudah membusuk,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Selasa (16/1/2024).

Penyebab terjatuhnya pohon yang besar di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan dan menimpa sebuah mobil Fortuner telah diungkapkan oleh Isnawa. Peristiwa ini, meskipun mengakibatkan kerusakan pada mobil tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa.

“Saat ini pohon yang menimpa mobil dan menutupi jalan sedang ditangani dan dipotong oleh suku dinas kehutanan,” ungkap narasumber.

Pohon tumbang di Jalan Sriwijaya Jaksel. (Dok. BPBD DKI Jakarta)

Pada Jalan Sriwijaya, sebuah pohon besar tumbang dan menutupi seluruh jalur. Sementara itu, jalan masih tertutup akibat insiden ini, demikian disampaikan oleh Isnawa dari BPBD DKI Jakarta.

Melalui kesaksian seorang mata saksi, Ganjar Andika (52), terungkap bahwa tidak ada angin kencang sebelum kejadian tersebut terjadi. Ia menyebutkan bahwa pohon besar tersebut tiba-tiba tumbang tanpa ada peringatan sebelumnya.

“Angin tidak begitu kencang, biasa saja. Namun, lambat laun pohon tersebut tiba-tiba oleng dan akhirnya tumbang,” ujar Ganjar di lokasi kejadian.

Pohon besar di Jl Sriwijaya Jaksel tumbang dan menimpa mobil Fortuner akibat beberapa faktor penyebab. Menurut keterangan dari saksi, Ganjar, terdengar suara keras ketika pohon tersebut ambruk. Dia sempat ketakutan saat melihat pohon yang tumbang tersebut.

“Yaaa bagaimana, ya bruk, kayak begini aja… atau… kayak gemuruh gitu,” ucapnya.

Kesimpulan

Pohon raksasa di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, tumbang dan menghancurkan sebuah mobil Fortuner. Menurut Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, penyebab terjatuhnya pohon ini adalah karena akar pohon yang sudah membusuk. Meskipun insiden ini mengakibatkan kerusakan pada mobil, tidak ada korban jiwa. Pohon tersebut tumbang tanpa ada peringatan dan tidak terdapat angin kencang sebelumnya. Saat ini, pohon tersebut sedang ditangani dan dipotong oleh suku dinas kehutanan.

READ  Polisi Buru Perampok Berkapak dan Ikat Sekuriti Restoran di Cibubur