Anies: Cak Imin Tak Perlu Diajari, Siap Bertarung Debat

indotim.net (Rabu, 17 Januari 2024) – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyatakan bahwa pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sudah siap untuk tampil dalam Debat ke-4 Pilpres. Dia mengungkapkan bahwa calon wakil presidennya tidak perlu mendapat bimbingan khusus.

“Cak Imin tidak perlu dimentori, Cak Imin sudah siap untuk debat,” ujar Anies seperti yang dilansir oleh Antara pada Rabu (17/1/2024). Anies memberikan jawaban tersebut saat ditanya oleh awak media di Restoran Kayubangkoa Jalan Haji Bau Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Selasa (16/1/2024) malam.

Sementara itu Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) meyakini bahwa Cak Imin akan tampil dengan baik dalam debat yang akan datang. Seperti diketahui, para calon wakil presiden akan beradu gagasan di debat keempat Pilpres 2024 pada tanggal 21 Januari 2024 mendatang.

“Cak Imin sudah cukup menguasai banyak hal, jadi tidak perlu kita memberikan masukan. Biarkan dia belajar, mengingat dia merupakan bekas Wakil Ketua DPR dan mantan menteri. Jadi, tidak perlu diajari lagi,” ujar JK setelah menerima kunjungan dari Anies.

Menurut JK, Cak Imin sudah siap menghadapi dinamika debat yang akan datang. JK juga memberikan tanggapan positif terhadap dukungan netizen terhadap akronim AMIN (Anies-Muhaimin).

“Iya, saya yakin lah (dengan Cak Imin-red). Baguslah (akronim AMIN didukung-red), tentu itulah yang diharapkan, tentu rakyat menyadari karena pemimpin itu mengubah masa depan, tergantung kita kebaikan masa depan. Tergantung pada pemimpin yang ada,” ucap JK.

Di sini, Anies juga membuat perbandingan dengan mengemudi sebuah kendaraan yang dikendarai oleh seorang sopir berpengalaman yang memiliki pengetahuan yang baik dan mengenal rute perjalanan. Dia menegaskan bahwa penumpang akan selamat sampai tujuan dengan pasti.

READ  Tim AMIN Minta KPU Menindak Tegas Pendukung yang Menghina Calon saat Debat

“Saya selalu (umpamakan) seperti sopir bus, kalau sopirnya baik, tahu peraturan, tahu jalan, sehat, kita akan baik menuju yang baik. Jadi, itu yang kita harapkan,” tutur JK.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa Anies berangkat ke Sulsel untuk menggelar kampanye di Lapangan Cina, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone. Selain itu, Anies juga menerima undangan dari JK untuk menghadiri hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan hari ini.

Lihat juga Video: Anies Soroti Ketimpangan Fasilitas Kesehatan: 74% RS Ada di Jawa-Sumatera

Kesimpulan

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, yakin bahwa pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sudah siap untuk tampil dalam Debat ke-4 Pilpres. Anies menyatakan bahwa Cak Imin tidak perlu mendapat bimbingan khusus dan telah menguasai banyak hal sebagai bekas Wakil Ketua DPR dan mantan menteri. Jusuf Kalla juga meyakini kemampuan Cak Imin dalam debat serta memberikan tanggapan positif terhadap dukungan netizen terhadap akronim AMIN (Anies-Muhaimin). Dalam analogi, Anies mengatakan bahwa seperti sopir yang baik, dengan pengetahuan dan pengalaman yang baik, penumpang akan selamat sampai tujuan dengan pasti. Anies juga telah melakukan kampanye di Sulawesi Selatan dan menerima undangan dari JK untuk menghadiri hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.