Kenapa Bunga Matahari Selalu Menyusul Mentari?

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga matahari selalu menghadap matahari, sesuai dengan namanya. Tapi mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada beberapa alasan mengapa bunga matahari memiliki kecenderungan ini. Pertama, bunga matahari adalah spesimen yang unik dan menarik. Selain itu, tumbuhan juga memiliki sifat yang tidak statis dan terus berkembang.

Salah satu faktor yang membuat matahari sangat penting dalam pertumbuhan bunga matahari terkait dengan perjalanan matahari di langit. Menurut Science ABC, saat matahari bergerak dari timur ke barat, bagian timur batang bunga matahari akan tumbuh lebih cepat daripada bagian baratnya.

Karena hal ini, pertumbuhan batang bunga matahari menjadi tidak seimbang di kedua sisinya. Sebagai akibatnya, batang bunga cenderung membengkok ke arah matahari.

Selain itu, bunga matahari juga memiliki kemampuan mengikuti arah pergerakan matahari. Fenomena ini dikenal sebagai heliotropisme.

Bunga matahari muda akan menghadap sinar matahari dalam perkembangannya. Ketika sudah mekar dan menjadi bunga dewasa, bunga matahari umumnya menghadap ke timur.

Salah satu alasan mengapa hanya bunga muda yang mengalami fenomena heliotropisme adalah karena mereka memiliki “pelindung” hijau yang terlihat seperti surai. Menariknya, bunga matahari memiliki daun tepat di bawah bunga yang juga menghadap matahari.

Selain itu, alasan lain yang membuat bunga mengalami fenomena heliotropisme adalah untuk memaksimalkan proses fotosintesis.

Setiap tanaman bunga matahari hanya memiliki satu bunga di setiap batangnya. Oleh karena itu, selama proses penyerbukan, alat reproduksi bunga matahari harus diperhatikan oleh hewan penyerbuk, terutama serangga.

Berbicara tentang hewan penyerbuk, ada artikel menarik tentang jumlah hewan penyerbuk yang terancam dan mengancam nyawa 427 ribu orang setiap tahun. Artikel ini membahas tentang pentingnya perlindungan terhadap hewan penyerbuk demi kelangsungan hidup manusia.

READ  Ada Acara Muslimat NU di GBK, Lalin Macet Sampai Depan Polda Metro JayaAksi Muslimat NU di GBK Meriah, Lalin Macet Hingga Depan Polda Metro Jaya

Selain tentang hewan penyerbuk, ada juga artikel menarik tentang usulan Erick Thohir terkait bunga kredit ultra mikro 0%. Di dalam artikel tersebut, kita bisa mengetahui tanggapan dari bos Bank Indonesia terhadap usulan tersebut.

Tak hanya itu, ada juga artikel menarik tentang bunga nasional negara-negara ASEAN. Artikel ini mengulas keindahan dan simbolisme dari bunga-bunga nasional negara-negara di kawasan ASEAN.

Dalam konteks pernikahan, bunga juga memiliki simbolisme dan makna filosofi. Misalnya ada 8 jenis bunga cantik untuk hand bouquet pengantin yang melambangkan keanggunan dan memiliki makna filosofi tertentu.

Jika kamu tertarik dengan tanaman bunga yang memiliki manfaat dan efek samping, bisa membaca tentang pengenalan passion flower. Artikel ini memberikan informasi mengenai manfaat dan efek samping dari tanaman bunga passion flower.

Lalu, jika kamu merindukan keindahan bunga azalea yang mekar, bisa melihat foto-foto dan pesona bunga azalea yang mekar di kota Tokyo melalui artikel Kagum dengan Keindahan Bunga Azalea yang Mekar? Nikmati Pesona Tokyo!.

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih lanjut tentang bunga kitolod, ada artikel menarik yang membahas tentang keistimewaan bunga kitolod. Dalam artikel tersebut, kita bisa mengetahui ciri, manfaat, dan seluk-beluk dari bunga kitolod yang juga dikenal dengan nama Phenakospermum guyannense.

Dengan menghadap matahari, bunga matahari akan cepat panas. Hal ini memberikan keuntungan bagi tanaman ini dalam penyerbukan karena bunga yang hangat akan menarik serangga.

Lalu, apa yang terjadi jika bunga matahari tidak tumbuh menghadap matahari? Hal tersebut akhirnya dibuktikan melalui penelitian.

Melakukan perbandingan antara bunga matahari dewasa yang menghadap ke timur dan bunga yang menghadap ke barat, diperoleh hasil bahwa bunga matahari yang mekar ke arah timur menarik perhatian serangga penyerbuk lima kali lebih banyak daripada yang menghadap ke barat.

READ  TKN: Pemakzulan - Wujud Frustrasi dari Pendukung Capres yang Sadar Akan Kalah

Hal ini menunjukkan bahwa tujuan utama bunga matahari adalah selalu menghadap matahari karena memiliki keunggulan yang jelas dalam hal reproduksi.

Proses Bunga Matahari Menghadap Matahari

Sebelum matahari terbit, bunga matahari muda akan menghadap ke timur, menuju arah matahari terbit. Ketika matahari bergerak dari timur ke barat, bunga juga ikut bergerak ke barat.

Saat matahari terbenam, bunga kembali ke posisi semula, yaitu menghadap ke timur, untuk memulai siklus di keesokan harinya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science pada tahun 2016 menjelaskan tentang keadaan batang tubuh pada bunga matahari.

Para peneliti meyakini bahwa bunga matahari dapat mengalami fenomena heliotropisme karena batangnya memanjang secara berbeda selama perkembangannya.

Ketika matahari mulai bergerak dari timur ke barat, sisi timur batang tanaman bunga matahari akan tumbuh lebih cepat daripada sisi barat. Begitu pula ketika matahari terbenam, pertumbuhan batang di sisi barat akan lebih cepat daripada di sisi sebaliknya.

Dengan demikian, bagian batang tumbuhan matahari menjadi tidak rata di kedua sisinya. Sehingga bunga matahari bisa condong ke arah matahari.

Tak berhenti di situ, para peneliti melakukan berbagai percobaan lain. Seperti mereka mengikat batang tanaman pada penyanggah yang kokoh sehingga bunga matahari tak bergerak sesuai dengan posisi matahari.

Hasilnya tetap, mereka mengikuti cahaya matahari dengan mengurangi biomassa dan luas daun dibanding tak diikat. Percobaan selanjutnya dilakukan dengan cara menguji bunga matahari menggunakan pencahayaan buatan.

Para peneliti akhirnya menemukan hasil bila bunga matahari bisa melacak cahaya buatan itu bahkan di malam hari dengan siklus lebih dari 24 jam, tetapi tidak mendekati waktu 30 jam.

READ  Nggak Punya Mata, Bagaimana Bunga Matahari 'Melihat' Matahari?

Batang tanaman bunga matahari mengalami pertumbuhan tak seimbang pada kedua sisinya karena Auksin. Auksin adalah hormon tumbuhan yang merangsang pertumbuhan.

Inilah penyebab mengapa bunga matahari senantiasa menghadap ke arah matahari. Informasi ini semoga bermanfaat bagi Anda, teman-teman!

Kesimpulan

Bunga matahari selalu menghadap matahari karena mereka mengikuti arah pergerakan matahari sepanjang hari. Hal ini disebabkan pertumbuhan batang yang tidak seimbang di kedua sisinya, yang membuat batang bunga condong ke arah matahari. Selain itu, fenomena heliotropisme juga memainkan peran penting dalam mengarahkan bunga matahari menghadap sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan proses fotosintesis dan meningkatkan peluang penyerbukan oleh serangga. Penelitian juga menunjukkan bahwa bunga matahari yang menghadap ke timur menarik perhatian serangga penyerbuk lebih banyak daripada yang menghadap ke barat, menunjukkan keunggulan bunga matahari dalam hal reproduksi. Jadi, kemampuan bunga matahari untuk selalu menghadap matahari adalah strategi adaptasi yang sukses untuk memastikan kelangsungan hidupnya.