Pupuk Power Soil, Kandungan Asam Humat dari Saripati Pupuk Organik

Bagi seorang petani, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pupuk power soil. Ya, ini adalah salah satu jenis pupuk yang digunakan untuk dapat menyuburkan tanaman. Untuk lebih jelasnya mengenai pupuk ini, akan dipaparkan di bawah ini.

Pupuk Power Soil

Pupuk power soil adalah pupuk yang mengandung asam humat yang diketahui sebagai saripati dari pupuk organik. Saripati yang terkandung tersebut berasal dari sisa-sisa tanaman yang telah mengalami pelapukan selama puluhan tahun lamanya secara alami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang power soil yang merupakan salah satu produk yang mengandung powersoil asam humat.

Dari sana, maka bisa didapatkan fraksi-fraksi humus yang dikenal dengan bahan pembenah tanah serta nutrisi bagi tanaman. Asam humat yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai kelat alami yang mempermudah unsur hara dalam tanah diserap langsung oleh tanaman.

Kelebihan

Kelebihan yang dirasakan oleh para petani ketika menggunakan pupuk power soil adalah mulai dari kemudahan pengaplikasiannya, mengandung unsur mikro yang lebih lengkap, mudah diserap tanaman dan juga penggunaannya yang lebih sederhana.

Kandungan

Kandungan pupuk powersoil adalah dominan dengan asam humat sebanyak 60%, kalsium organik sebanyak 15%, total natrium 1%, P2O5 total sebanyak 5,46%, K2O total sebanyak 1,08%, dan juga derajat keasaman (pH) hinga 7,48%.

Manfaat

Penggunaan pupuk power soil memberikan cukup banyak manfaat pada tanaman. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan pupuk jenis ini sebagai berikut. • Mampu memperbaiki kapasitas tukar kation dari unsur hara yang terkandung dalam tanah pertanian. • Dapat meninngkatkan kapasitas ikat air dari tanah, sehingga akan bisa mengurangi terjadinya dehidrasi pada tanaman. • Membebaskan sejumlah ion unsur hara seperti N, P dan K yang telah terikat oleh partikel-partikel tanah sehingga mudah diserap oleh tanaman. • Sebagai organik kelat pada tanaman. • Mengurangi residu pupuk kimia dan juga pestisida dalam tanah. • Sebagai penyanggan keasaman dalam tanah asam ataupun basa. • Meningkatkan kualitas buah dari karakteristik fisiknya. • Meningkatkan keawetan buah pasca panen. • Dapat mengurangi penggunaan puuk NPK hingga 75-90%. • Serta meningkatkan ketahanan pada tanaman.

READ  Vigorin, Pupuk Cair Organik untuk Semua Jenis Tanaman

Harga

Bicara soal harga pupuk, sebenarnya harga yang ditawarkan di pasaran cukup beragam dan bervariasi di setiap toko. Namun, umumnya pupuk organik ini dijual dengan harga mulai dari 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari merek, toko dan juga berat pupuk yang dibeli.

Aplikasi Penggunaan

Penerapan atau pengaplikasian pupuk power soil cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu konsisten dan sabar dalam melakukan pemupukan untuk dapt menghasilkan tanaman yang tumbuh subur dan bagus.

Pertama, silakan oleh Anda larutkan pupuk ke dalam air secukupnya. Untuk konsentrasinya, Anda bisa mencari sumber yang valid terlebih dahulu. Setelah itu, siramkan larutan pupuk dan air tersebut ke sekeliling batang tanaman.

Lakukan penyiraman pupuk ini selama 2 hingga 4 bulan sekali saja. Pada saat musim kemarau melanda, lakukan penyiraman tanaman dengan air 2 sampai 4 kali setelah satu minggu penggunaan pupuk ini. Penyiraman tersebut dapat Anda lakukan pada interval waktu 1 minggu sekali. Pupuk makro yang mengandung komponen nitrogen, pospor dan kalium dapat dikurangi hingga mencapai 75% sampai 90%.

Memang, jumlah pupuk di negeri ini ada banyak sekali. Namun, ada beberapa pupuk yang mengkhususkan pada salah satu kandungan saja, misalnya asam humatnya. Asam humat sangat dibutuhkan oleh tanah karena akan menyuburkan kondisi tanah.

Ringkasan

• Apa itu Power Soil • Kelebihan Power Soil • Kandungan Power Soil • Manfaat Power Soil • Harga Power Soil • Aplikasi Penggunaan Pupuk Power Soil

Itu dia sekilas informasi mengenai pupuk power soil yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Gunakan pupuk untuk dapat menghasilkan tanaman yang tumbuh subur, baik, dan berkualitas tinggi.