Mengenal Pupuk Cal-Ha, Kalsium dan Asam Humat yang Menyuburkan dan Menguatkan Tanaman

By | Maret 17, 2022

Adanya pupuk pada tanaman dapat mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan tanaman yang sehat dan terawat. Di dalam pupuk terkandung banyak mineral dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh subur. Salah satu jenis pupuk yang akan dijelaskan kali ini adalah pupuk Cal-Ha.

Pupuk Cal-Ha

Pupuk Cal-Ha adalah suatu kombinasi antar unsur hara kalsium (Ca) organic dengan Humat (Ha). Pupuk ini berwujud tepung dan dilengkapi dengan kandungan zat mikro yang efektif untuk dapat meningkatkan kekuatan pada jaringan tanaman, mencegah terjadinya kerontokan bunga, daun atau buah, serta mencegah pembusukan.

Kelebihan

Kelebihan yang dirasakan oleh para petani ketika menggunakan pupuk ini adalah mulai dari kemudahan pengaplikasiannya, mengandung unsur mikro yang lebih lengkap, mudah diserap tanaman dan juga penggunaannya yang lebih sederhana.

Kandungan

Kandungan yang ada di dalam pupuk Cal-Ha yaitu mulai dari CaO sebanyak 67%, kandungan humic acid sebanyak 6%, serta kandungan hara mikro sebanyak 1%. Dari kandungannya tersebut dapat memberikan manfaatnya masing-masing pada tanaman apabila digunakan pada tanaman.

Manfaat pupuk Cal-Ha

Penggunaan pupuk Cal-Ha memberikan cukup banyak manfaat pada tanaman. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan pupuk jenis ini sebagai berikut.
• Mampu mencegah sekaligus mengatasi gejala kebusukan pada ujung buah.
• Dapat memperkokoh fisik tumbuhan, sehingga tidak akan mudah runtuh.
• Mencegah serta mengatasi kerontokan organ tumbuhan seperti daun, bunga, dan buah.
• Memperbaiki penampilan dari buah serta ketahanan dalam penyimpanannya.
• Dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit (patogen).
• Dapat digunakan untuk menetralkan tingkat keasaman.

Kandungan kalisum dalam pupuk ini sangat tinggi, pada titik-titik tumbuh tanaman seperti pucuk muda sangat membutuhkan kalisum yang banyak. Apabila terjadi kekurangan, maka dapat menyebabkan pertumbuhan dari tanaman tersebut terhambat. Pada akhirnya, kualitas buah pun menurun.

READ  Pupuk Super Interfos Agar Mempercepat Fase Perkecambahan

Anda juga perlu memperhatikan tanaman yang mengalami gejala kekurangan kalsium, cirinya adalah mulai dari puuk atau daun muda yang mongering seperti terbakar.

Harga

Bicara soal harga pupuk, sebenarnya harga yang ditawarkan di pasaran cukup beragam dan bervariasi di setiap toko. Namun, umumnya Cal-Ha dijual dengan seharga mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah tergantung dari merek dan berat pupuk yang dibeli.

Aplikasi Penggunaan

Penggunaan pupuk Cal-Ha cukup mudah pengaplikasiannya. Anda bisa mencobanya dengan dua metode, yaitu dengan metode penyiraman dan metode penyemprotan. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Metode Penyiraman

Aplikasi penggunaan pupuk Cal-Ha yang pertama adalah dengan menggunakan metode penyiraman. Metode yang digunakan ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan lubang tanam atau perakaran sebelum penanaman terlebih dahulu.

Buatlah lubang untuk menanam bibit tumbuhan sekitar beberapa diameter, di sini Anda bisa menyesuaikannya. Lalu, larutkan pupuk sebanyak 5 gram ke dalam 1 liter air. Setelah itu siramlah pada lubang tersebut.

2. Metode Penyemprotan

Selanjutnya adalah dengan metode penyemprotan. Metode ini bisa dilakukan ketika tumbuhan sudah mulai tumbuh muda atau dewasa. Untuk tanaman yang masih muda, cukup larutkan pupuk sebanyak 1 gram saja ke dalam 1 liter air. Untuk tanaman dewasa, larutkan 2 gram pupuk ke dalam 1 liter air. Setelah itu lakukan penyemprotan.
Itu dia sekilas informasi mengenai pupuk Cal-Ha yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Gunakan pupuk Cal-Ha untuk dapat menghasilkan tanaman yang tumbuh subur, baik, dan berkualitas tinggi.

Demikian informasi tentang pupuk penyubur dan penguat tanaman yang bisa disajikan indotim. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.