Vitaron SL, Manfaat dan Cara Penggunaannya

By | Maret 19, 2022

Banyak petani yang bingung bagaimana cara mengatasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman mereka. Pasalnya, sudah bermacam cara yang dilakukan, tapi tidak juga berhasil. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa coba menggunakan Vitaron SL.

Vitaron SL merupakan pupuk yang dipercaya ampuh mengatasi berbagai hama dan penyakit seperti bakteri, virus ataupun fungi yang menyerang tanaman. Jika Anda penasaran, sebaiknya simak terus ulasannya hingga selesai.

Pupuk Vitaron SL

Vitaron SL adalah suplemen tanaman yang berbentuk pekatan cair dengan kandungan unsur-unsur mikro esensial dalam bentuk chellate, mudah diserap. Petani bisa memanfaatkan pupuk ini sebagai katalisator dalam setiap proses metabolisme dalam tubuh tanaman.

Chellate sendiri merupakan senyawa organik sintetis yang bekerja mengikat ion-ion mikro berupa logam seperti Cu (tembaga), Mn (manganese), Fe (besi), Zn (seng) yang membentuk senyawa logam terkelasi.

Saat tanaman terserang hama dan penyakit, sebagian sel-sel pada tanaman akan mengalami kerusakan bahkan kematian. Gejala yang tampak, yaitu klorosis dan nekrosis pada daun-daun.

Sel-sel pada tanaman yang mengalami kematian tidak akan bisa pulih, akan tetapi sel-sel yang melemah masih mungkin untuk dipulihkan kembali. Saat bagian organ tanaman rusak dan mati, maka peranan unsur-unsur mikro sebagai katalisator dibutuhkan untuk mempercepat pembentukan sel-sel baru. Sehingga, terbentuk organ-organ baru dan tanaman terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Kelebihan

Vitaron SL sudah banyak digunakan para petani, karena memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini daftar kelebihan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya:

Unsur-unsur mikro yang berbentuk chellate lebih mudah dan cepat diserap oleh tanaman dengan aman.

Rendah kristal, tidak meninggalkan residu higroskopik di permukaan tanaman.

Bisa dicampur dengan pestisida maupun pupuk daun lainnya, kecuali yang mengandung kalsium

READ  Mengenal Lebih Dalam Tentang Pupuk L Top Dan Aplikasi Penggunaannya

Kandungan

Suplemen tanaman ini memang ampuh mengatasi masalah hama dan penyakit pada tanaman. Hal tersebut, karena suplemen tanaman ini memiliki kandungan zat-zat yang bekerja dengan baik untuk tanaman. Berikut ini kandungan di dalamnya:

● MgO : 3%
● S : 1%
● Fe-EDTA : 3.200 ppm
● Cu-EDTA : 1.600 ppm
● Zn-EDTA : 600 pm
● Mn-EDTA : 1.600 ppm
● B : 800 ppm
● Mo : 120 ppm
● Buffer pH : 1%
● Adjuster : 1,7%

Manfaat

Setelah menggunakan pupuk ini, maka akan didapatkan ragam manfaat bagi tumbuhan. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan suplemen tanaman ini:

● Memperbaiki sel-sel tanaman setelah terkena serangan hama dan penyakit (fungi, virus, bakteri).
● Memenuhi kebutuhan unsur mikro untuk setiap fase pertumbuhan pada tanaman.
● Sebagai katalisator yang mengubah unsur-unsur hara bersama dengan hidrogen, oksigen dan karbon menjadi bagian tubuh tanaman.
● Mengoptimalkan proses pembentukan hormon-hormon tumbuh alami.
● Dapat mencegah dan juga mengatasi gejala klorosis pada daun.
● Meningkatkan pengolahan unsur-unsur hara menjadi senyawa organik serta bagian tubuh tanaman.
● Menjaga kadar zat hijau daun atau klorofil, sehingga tanaman bisa melangsungkan fotosintesis secara optimal.

Harga Vitaron SL

Apabila Anda ingin membeli suplemen tanaman ini untuk membuktikan manfaatnya, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 115 ribu rupiah per 500 ml. Tentu harga yang tidak mahal untuk hasil yang menakjubkan.

Aplikasi Penggunaan

Aplikasi penggunaan suplemen tanaman ini sangat mudah, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini. Pastikan Anda melakukannya dengan benar agar hasilnya maksimal.

● Semprotkan pada daun serta bagian lain dari tanaman secara merata, dengan konsentrasi 1 – 2 ml per liter air setiap 7 hari sekali.
● Anda bisa mengaplikasikannya bersama dengan pestisida maupun pupuk daun (tanpa kandungan kalsium) jika kondisi tanaman normal. Sedangkan, untuk tanaman yang mengalami kekurangan unsur mikro atau dalam fase pemulihan dari serangan penyakit, dianjurkan aplikasi tanpa campuran apapun.

READ  Supaya Tanamanmu Berbuah Lebat Gunakan Pupuk KCL!

Ringkasan

Hama, adalah musuh terbesar para petani. Mereka sudah berlelah-lelah menanam, akhirnya gagal panen gegara hama. Tapi jangan khawatir, ada Vitaron SL yang akan mengatasi kendala terkait hama.

Uraian terkait pupuk ini telah dijelaskan di atas. Berikut sajian artikel ini.

• Apa itu Pupuk Vitaron SL
• Kelebihan Pupuk Vitaron SL
• Kandungan Vitaron SL
• Manfaat Vitaron SL
• Harga Vitaron SL
• Dosis Vitaron SL

Demikianlah informasi indotim mengenai suplemen tanaman Vitaron SL yang dijamin ampuh mengatasi hama dan penyakit pada tanaman. Selamat mencoba dan menghasilkan tanaman yang sehat dan terhindar dari hama serta penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.