Banjir Braga Diperparah Jebolnya Tanggul, Bey Tuntut Perbaikan Selesai Hari Ini

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Permukiman padat penduduk di kawasan Braga, Kota Bandung, dilanda banjir bandang akibat jebolnya tanggul Sungai Cikapundung. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menuntut agar perbaikan tanggul segera selesai hari ini.

Pada Kamis (11/1/2024), terjadi banjir bandang di daerah tersebut. Bey telah meminta Pemerintah Kota Bandung untuk segera memperbaiki tanggul yang jebol dan menjadi penyebab utama dari banjir bandang tersebut.

“Pemerintah Kota Bandung harus segera memperbaiki tanggul yang jebol. Jadi seharusnya perbaikan ini dapat diselesaikan hari ini juga,” kata Bey pada wawancara dengan detikJabar pada Jumat (12/1/2024).

Bey juga menyatakan bahwa warga di Braga diminta untuk sementara mengungsi ke lokasi yang telah disediakan. Hal ini dikarenakan, menurut prediksi BMKG, hujan lebat kemungkinan akan turun kembali pada siang hingga sore hari nanti.

“Masyarakat diimbau untuk berhati-hati, karena diperkirakan akan terjadi hujan lebat lagi mulai dari siang hingga malam hari,” kata Bey.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Diskar PB Kota Bandung, banjir yang membawa material lumpur dan sampah tersebut telah menyebabkan sekitar 600 rumah di empat RW di kawasan Braga tergenang. Selain itu, sebanyak 857 jiwa dari 400 keluarga juga terdampak oleh banjir tersebut.

Bey, Wali Kota Bogor, meminta perbaikan segera pada tanggul yang jebol di Drainase Braga. Tanggul yang jebol tersebut menjadi pemicu banjir di sekitar area Braga. Bey menegaskan bahwa perbaikan tanggul harus selesai tepat waktu, yaitu hari ini.

Menurut Bey, tanggul yang jebol ini telah menyebabkan kerugian material yang cukup besar bagi warga sekitar Braga. Selain itu, ia juga menghimbau kepada petugas terkait untuk meningkatkan kualitas tanggul guna menghindari terjadinya kejadian serupa di masa yang akan datang.

READ  Bijak Kelola Uang Bulanan Mahasiswa dengan Tips Ini!

Berdasarkan informasi yang diterima, tanggul yang jebol di wilayah Braga akhirnya akan segera diperbaiki. Menurut Bey, kepala proyek dari Dinas Pekerjaan Umum, pekerjaan perbaikan tanggul ini diperkirakan akan selesai pada hari ini.

Kesimpulan

Banjir bandang yang melanda kawasan Braga, Kota Bandung, disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Cikapundung. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menuntut agar perbaikan tanggul segera selesai hari ini. Bey juga meminta warga Braga untuk mengungsi sementara ke lokasi yang telah disediakan. Selain itu, perbaikan tanggul yang jebol di Drainase Braga akan segera dilakukan dan diperkirakan selesai hari ini, demi mencegah kerugian material dan menghindari kejadian serupa di masa depan.