Ziarah ke Makam Mbah Ratu Ayu Pasuruan: Kisah dan Teladan Menginspirasi dari Sosok Beliau

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md melakukan ziarah ke makam Syarifah Khadijah Ratu Ayu atau Mbah Ratu Ayu di Pasuruan, Jawa Timur. Dalam kunjungannya, Mahfud berharap dapat mewarisi semangat perjuangan dan kelurusan yang dimiliki oleh Mbah Ratu Ayu.

Pada Jumat, 12 Januari 2024, pukul 09.15 WIB, Mahfud melakukan ziarah ke makam Mbah Ratu Ayu di Pasuruan. Beliau tiba di lokasi dengan rasa khidmat dan penuh penghormatan.

“Ini adalah tradisi Nahdlatul Ulama berziarah ke kuburan para tokoh pada masa lalu untuk mengambil hikmah. Kita berdoa kepada Allah agar kita dapat mewarisi semangat perjuangan dan kebenaran dalam membimbing masyarakat melalui sejarah hidup Mbah Ratu Ayu,” ujar Mahfud setelah melaksanakan ziarah tersebut.

Mahfud menyatakan bahwa berziarah ke makam para ulama dan tokoh agama adalah tradisi yang rutin dilakukan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Selama berada di Jawa Timur, Mahfud telah melakukan ziarah ke beberapa makam para ulama dan tokoh agama.

“Jadi di Nahdlatul Ulama ini biasa dilakukan dan hari ini sesudah ke beberapa tempat saya ke sini,” ucapnya.

Menurut Mahfud, Mbah Ratu Ayu memiliki jasa yang besar dalam melahirkan pemimpin besar. Ia menganggap sosok Mbah Ratu Ayu yang ikhlas dan berjuang tanpa pamrih sebagai teladan yang patut diikuti oleh perempuan dan ibu-ibu.

“Beliau merupakan seorang Syarifah yang telah melahirkan pemimpin-pemimpin besar dan pejuang-pejuang hebat. Dengan segala jasanya yang patut dikenang, pewaris-pewarisnya juga mengarahkan masyarakat ke arah kebaikan. Oleh karena itu, beliau pantas menjadi contoh teladan bagi para ibu supaya dapat menjadi ibu yang baik seperti dia,” ucapnya.

“Bagi para pemimpin yang lahir dari beliau, kita patut meneladani semangat kepimpinannya dan keikhlasannya dalam berjuang tanpa pamrih pribadi. Saya sudah berkunjung ke berbagai tempat seperti Sunan Drajat dan Hasyim Asyari setiap kali saya mengunjungi pesantren, untuk memohon kepada Allah agar saya diberi inspirasi berjuang seperti mereka,” ungkap Mahfud.

READ  Beda Mahfud dengan Menteri Siti: Data Deforestasi Mengkhawatirkan

Mahfud kemudian diarak menggunakan becak motor bersama para relawan menuju Asrama Pelajar Pesantren Darut Tauhid Putra Pecanga’an Bangil. Para relawan terlihat ramai-ramai berteriak dan mengangkat tiga jari.

“Ganjar-Mahfud menang,” teriak para relawan.

Mahfud ziarah ke makam Mbah Ratu Ayu di Pasuruan. Mahfud diarak pakai becak motor.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengunjungi makam Mbah Ratu Ayu di Pasuruan. Dalam kunjungannya, Mahfud mengungkapkan rasa hormat dan kekagumannya terhadap Mbah Ratu Ayu yang dianggap sebagai sosok yang patut diteladani.

Kesimpulan

Dalam kunjungan ziarah ke makam Mbah Ratu Ayu di Pasuruan, Mahfud Md berharap dapat mewarisi semangat perjuangan dan kebenaran yang dimiliki oleh sosok itu. Menurut Mahfud, Mbah Ratu Ayu adalah teladan yang patut diikuti, terutama bagi para perempuan dan ibu-ibu, karena ia merupakan sosok yang ikhlas dan berjuang tanpa pamrih. Dalam tradisi ziarah yang rutin dilakukan oleh Nahdlatul Ulama, Mahfud telah mengunjungi beberapa makam ulama dan tokoh agama lainnya. Melalui kunjungan ini, Mahfud berharap untuk dapat diberi inspirasi dan semangat kepemimpinan yang sama seperti mereka. Dengan demikian, ziarah ke makam Mbah Ratu Ayu memberikan pelajaran dan teladan yang menginspirasi bagi kita semua.