Banjir Menerjang Dayeuhkolot Bandung, Warga Terkejut dengan Kekuatannya yang Mirip Tsunami

indotim.net (Kamis, 11 Januari 2024) – Banjir melanda Kampung Lamajang Peuntas, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat. Beberapa warga masih terjebak di dalam rumah mereka.

Dilaporkan oleh relawan BPBD Desa Citeureup, Deni Mirnawati, banjir di Dayeuhkolot Bandung disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Cigede di Kampung Lamajang Peuntas. Peristiwa ini terjadi pukul 17.30 WIB tadi.

“Iya benar. Kejadiannya sekitar jam 17.00-an lebih. Lokasinya dekat jembatan Pasigaran,” ujar Mirna kepada kami.

Pada saat ini, tim gabungan terus melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di area permukiman. Terlihat bahwa beberapa warga harus dievakuasi dengan menggunakan tandu.

Salah satu penduduk, Iis Rohaeni (35), mengungkapkan bahwa suaminya dan anaknya masih terjebak di dalam rumah. Dia menyebutkan bahwa ketinggian air mencapai 2 meter.

“Kejadian ini terjadi saat azan Magrib, kami tidak memiliki waktu untuk merapihkan keadaan. Air begitu cepat, ketinggian air di dalam rumah mencapai 2 meter. Pokoknya, seperti tinggal di rumah orang tua yang berlantai satu. Saat kejadian, saya berada di rumah bersama keluarga. Air tiba-tiba masuk dengan kekuatan mirip tsunami,” jelas seorang warga yang mengalami kejadian tersebut.

Banjir hebat menghantam kawasan Dayeuhkolot, Bandung, mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Penduduk setempat bahkan menyamakan banjir ini dengan kejadian tsunami yang pernah terjadi. Kejadian ini sangat menggemparkan warga dan menyebabkan kerugian besar.

Melihat dampak yang ditimbulkan, banyak penduduk yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Beberapa rumah hancur terkena hantaman air yang deras. Banyak kendaraan yang terendam banjir dan rusak akibat terjebak dalam genangan air yang tinggi.

Selain itu, aliran listrik dan pasokan air bersih juga terganggu. Banyak wilayah yang masih mengalami pemadaman listrik dan kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Pihak berwenang sedang berupaya untuk memulihkan kondisi dan membantu warga terdampak banjir.

READ  Banjir Rawa Terate Cakung: Ketinggian 120 Cm Menyebabkan Banjir Bandang

Bagi penduduk Dayeuhkolot, kejadian ini merupakan bencana alam yang sangat menghancurkan. Mereka berharap agar bantuan dan perhatian dari pemerintah dan masyarakat luas segera tiba untuk membantu proses pemulihan dan memberikan dukungan moral kepada mereka yang terdampak bencana ini.

Bagi informasi lebih lanjut mengenai kejadian ini, dapat dibaca di sumber berita di sini dan di sini.

Kesimpulan

Banjir menerjang Dayeuhkolot, Bandung dengan kekuatan yang mirip tsunami, menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Banyak penduduk yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda, rumah hancur terkena air yang deras, kendaraan terendam dan rusak, serta aliran listrik dan pasokan air tersendat. Pemerintah dan masyarakat luas diharapkan segera memberikan bantuan dan dukungan moral kepada warga terdampak untuk proses pemulihan.