Cara Membuat Statement of Purpose dengan Mudah

By | September 23, 2022
Cara Membuat Statement of Purpose

Statement of Purpose (SoP) adalah esai singkat yang menjelaskan latar belakang pendidikan seseorang, pencapaian, bahkan tujuan kedepannya sebagai syarat studi lanjut di luar negeri. Statement of Purpose merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan. Menulis SoP membutuhkan informasi terperinci tentang semua pengalaman kamu di masa lalu dan saat ini. Misalnya, Kanada adalah negara yang beragam dan mencari siswa yang dapat berbaur dengan lingkungan mereka. Kamu dapat melihatnya dalam beberapa langkah di bawah ini tentang cara membuat Statement of Purpose yang ideal.

LANGKAH-1: Pendahuluan

Sebelum memulai, kamu harus memiliki tema. Artinya kamu harus mencoba untuk fokus pada proses berpikir tertentu untuk kemajuan SoP. Bayangkan kamu menceritakan kisah kamu dan kejadian apa yang membuat kamu ingin belajar lebih lanjut. Dalam hal ini kamu dapat menambahkan beberapa detail tentang latar belakang keluargamu. Lebih fokus pada motivasi diri, gairah dan potensi. Selalu ingat untuk menulis dengan suara aktif dan tidak pasif.

LANGKAH-2: Kredensial Akademik/Kualifikasi Profesional

Paragraf ini memainkan peran penting karena memberikan informasi tentang sekolah atau perguruan tinggi. Ada baiknya jika kamu menyebutkan semua detail termasuk papan afiliasi kamu dan tahun kelulusan. Dalam judul yang sama kamu juga dapat menyebutkan tentang aktivitas sirkuler ekstra atau magang. Jika ada saat lulus dari perguruan tinggi. Jika kamu memiliki pengalaman kerja, kamu dapat menyebutkan hal yang sama sambil menambahkan judul tambahan yang menyebutkan tentang pengalaman profesional kamu.

LANGKAH-3: Mengapa universitas/kursus ini?

Langkah ini sangat penting karena akan membuat petugas visa jelas tentang niat Anda untuk berkunjung dan motivasi untuk mengikuti kursus tersebut. Kamu juga perlu menyebutkan mengapa kamu ingin mengikuti kursus ini dari platform internasional daripada mengambilnya di negara asal kamu. Kamu perlu memiliki penelitian yang mengakar dan membuka cakrawala mental kamu sambil menyatakan hal yang sama.

READ  MagSafe iPhone Perlukah Menggunakannya?

LANGKAH-4: Mengapa Kanada? (Alasan untuk mengikuti kursus ini dari Kanada)

Kamu harus sangat spesifik mengapa kamu memilih Kanada sebagai tujuan studimu. Apa manfaat belajar di lingkungan multikultural? Kamu juga dapat menjelaskan mengapa Kanada lebih baik daripada negara lain mana pun.

LANGKAH-5: Tes kecakapan bahasa Inggris

Sebelum mendaftar ke institusi mana pun, kamu harus mengikuti ujian IELTS atau TOEFL. Tes ini menggambarkan penguasaan kamu terhadap bahasa Inggris dan kategori yang kamu masuki. (SDS/Generik). Ini adalah prasyarat untuk memasuki perguruan tinggi atau universitas mana pun.

LANGKAH-6: Mengapa Lembaga ini dan kursus yang dimaksudkan dari yang sama?

Saat menjelaskan paragraf ini, kamu perlu menjelaskan ciri-ciri khusus universitas atau perguruan tinggi yang menarik bagi kamu. Kamu juga dapat menjelaskan bahwa paparan ini akan membantumu mencapai tujuan dalam hidup. Juga, tentukan mengapa kamu ingin mengikuti kursus ini dari institusi khusus ini. Diskusikan kurikulum kursus dan jelaskan keterampilan yang akan kamu tingkatkan selama kursus ini.

LANGKAH-7: Kemampuan Keuangan

Di sini kamu dapat menyebutkan bagaimana keluargamu stabil secara finansial dan kamu telah membayar biaya semester termasuk biaya kuliah 1 tahun. Paragraf ini merangkum pendapatan tahunan keluarga kamu termasuk GIC yang dibeli.

LANGKAH-8: Tujuan Karir

Ini memainkan peran penting karena hal ini dengan jelas menentukan tujuan kamu segera setelah kursus. Gambarkan rencana jangka panjangmu (10-15 baris) untuk sektor pekerjaan dan jabatan.

Ingatlah selalu bahwa tidak pernah berbicara tentang belajar di luar negeri terlalu lama. Kamu perlu menjelaskan hubunganmu dengan negara asal.

Ringkaslah apa yang kamu tulis, tentukan niatmu untuk berkunjung dan juga tunjukkan bahwa kamu adalah seorang siswa bonafide yang ingin mengejar kursus ini untuk karier yang sukses. Jika kamu ingin belajar di luar negeri, bisa juga kunjungi website iaapply.io.

READ  Review Pixel 7 Pro: Ponsel Unggulan Terbaik Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *