Dorong Partisipasi Pemilu dengan Janji Nyata, Syarief Hasan: Kita Harus Terjaga Realistis

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan, mendukung ucapan Presiden Keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), agar calon presiden (capres), calon wakil presiden (cawapres), dan calon anggota legislatif (caleg) tidak mengumbar janji dalam kampanye Pemilu 2024.

Menurut Syarief Hasan, sebaiknya peserta pemilu memberikan janji-janji yang realistis dan bisa dipenuhi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Politisi Partai Demokrat (PD) saat melakukan kunjungan kerja di Kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 11 April.

“Jadi kita harus realistis jangan mengumbar janji,” ujar Syarief Hasan dalam keterangannya, Jumat (12/1/2024).

Menurut Syarief Hasan, janji adalah utang dan rakyat akan menagih janji yang sudah diucapkan. Oleh karena itu, jika janji tersebut tidak ditepati, menurutnya akan menyebabkan penderitaan bagi rakyat.

“Yang berjanji pun juga menjadi salah tingkah. Ada yang sudah berjanji namun gagal menepatinya, jadi sebaiknya kita tetap realistis saja,” tambahnya.

Syarief Hasan mengingatkan kita agar tidak terjebak dalam janji-janji kosong saat pemilihan umum. Menurutnya, kita perlu menjadi realistis dalam menilai kebijakan yang diusung oleh para calon pemimpin.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas, Syarief Hasan memberikan contoh dari masa pemerintahan Presiden SBY. Ia menyebut bagaimana Presiden SBY secara konsisten menaikkan gaji pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri setiap tahun.

“Itu menunjukkan keberpihakan pada rakyat,” paparnya.

Menurut Syarief Hasan, prioritas utama adalah kesejahteraan rakyat. Dengan peningkatan pendapatan, rakyat akan lebih mudah mengatur keuangan mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Gaji perlu ditingkatkan mengingat adanya inflasi. Dengan cara ini, rakyat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Syarief Hasan.

Beberapa hari ini SBY turun gunung untuk menemui rakyat dan memberikan masukan kepada mereka. Syarief Hasan mengatakan bahwa SBY memprioritaskan kesejahteraan rakyat.

READ  Status Tersangka Penyuap Eks Wamenkumham Eddy Gugur, Ini Ungkapan KPK

“Ini menjadi prinsip beliau,” tambah Sjarifuddin.

Pada setiap kesempatan bertemu dengan rakyat, Syarief Hasan selalu menyampaikan pesan bahwa mereka tidak boleh mengalami kesulitan dan harus mencapai kesejahteraan.

“Itu yang menjadi prioritas beliau sampai saat ini,” demikian penuturannya.

Kesimpulan

Syarief Hasan mendukung upaya Presiden SBY untuk mendorong peserta pemilu agar tidak mengumbar janji yang tidak realistis. Menurutnya, peserta pemilu harus memberikan janji-janji yang dapat dipenuhi untuk menghindari penderitaan bagi rakyat. Syarief Hasan juga menekankan pentingnya menjadi realistis dalam menilai kebijakan para calon pemimpin serta mengutamakan kesejahteraan rakyat. Ia memberikan contoh dari masa pemerintahan Presiden SBY yang konsisten menaikkan gaji pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri setiap tahun sebagai bentuk keberpihakan pada rakyat. Pada setiap kesempatan bertemu dengan rakyat, Syarief Hasan selalu menyampaikan pesan bahwa mereka harus mencapai kesejahteraan sebagai prioritas utama.