Forum Ulama dan Kiai Kampung Mendukung Ganjar-Mahfud: Suara Bersatu untuk Kemajuan

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Forum Ulama dan Kyai Kampung (Ful-Kipung) secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Acara deklarasi ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

Pada hari Jumat (12/1/2024), di Cilandak, Jakarta Selatan, Forum Ulama dan Kiai Kampung menggelar deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Acara tersebut berhasil mengumpulkan ratusan ulama dan kiai dari wilayah Jabodetabek.

Pada acara tersebut, Ketua Forum Ulama dan Kiai Kampung (Ful-Kipung), Zainal Arifin Naim, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Hasto yang telah hadir. Beliau juga berterima kasih kepada ulama dan kiai yang tetap mendukung Ganjar-Mahfud.

“Terima kasih, Pak Sekjen. Alhamdulilah atas keteguhan, keseriusan, dan keikhlasan para kiai tetap di belakang kepentingan rakyat yaitu tetap akan mendukung pasangan calon nomor 3 Bapak Ganjar-Mahfud,” ujar Zainal di lokasi, Jumat (12/1).

Zainal menyampaikan bahwa para kiai sebelumnya pernah diajak untuk mendukung pasangan calon lainnya. Namun, Zainal merasa sangat berterima kasih atas ketabahan dan keikhlasan para ulama dan kiai yang telah hadir dan mendeklarasikan dukungan mereka untuk Ganjar-Mahfud.

“Saya tahu para kiai waktu digoda tetangga sebelah memang. Tapi yang kita lihat adalah bukan untuk kita tapi buat semua rakyat Indonesia. Buat kita semua jadi atas ketabahan keikhlasan saya ucapkan terima kasih,” tuturnya.

Zainal mengajak para ulama dan kiai untuk turun ke masyarakat memenangkan Ganjar-Mahfud.

“Saya mengajak para ulama dan kiai kampung untuk melakukan kegiatan door to door. Saya terinspirasi oleh masa kepemimpinan Gus Dur. Gus Dur pernah menyampaikan bahwa para kiai kampung merupakan figur yang benar-benar dekat dengan rakyat, bukan sekadar mendistribusikan uang belaka,” ujar Ganjar Pranowo.

READ  Haiti Kembali Kacau, PM Ariel Henry Diuji Geng Kriminal!

Forum Ulama dan Kiai Kampung melakukan deklarasi mendukung Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memenangkan pasangan calon tersebut.

“Kami dengan ini menyatakan dukungan kami untuk H. Ganjar Pranowo dan Prof. H. Mahfud MD sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2024. Kami akan berupaya menggalang dukungan masyarakat agar Bapak H. Ganjar Pranowo dan Prof. H. Mahfud MD terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang kedelapan untuk periode 2024-2029,” ujar deklarator, diikuti oleh para ulama dan kyai.

Setelah deklarasi, Hasto menyampaikan rasa terima kasih atas keputusan tersebut. Hasto mengaku sengaja membatalkan rapat konsolidasi agar dapat mengikuti acara deklarasi ini.

“Saya merasa sangat terhormat atas dukungan yang diberikan oleh Forum Ulama dan Kiai Kampung. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kiai Zainal Arifin. Beliau adalah sahabat saya sejak tahun 2001 ketika kami bersama-sama mengikuti pendidikan politik. Kiai Zainal Arifin adalah sahabat sejati bagi saya dan Pak Kiai Zainal Arifin ini,” ujar Hasto.

“Dukungan ini sangat berarti bagi saya. Saya tidak menyangka bahwa lebih dari 1.200 Kiai Kampung di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi hadir di acara ini. Mereka merupakan perwakilan dari kampung-kampung di sekitar sini. Sebelumnya, saya membatalkan rapat konsolidasi dan lebih memilih menghadiri deklarasi Kiai Kampung ini,” tambahnya.

Di hadapan para ulama dan kiai, Hasto menilai bahwa kepemimpinan Ganjar-Mahfud telah menunjukkan sifat kepemimpinan yang mencerminkan kebaikan.

“Kenapa? karena kepemimpinan Ganjar-Prof Mahfud menunjukkan suatu kepemimpinan memenuhi watak-watak kebaikan karena semua agama mengajarkan kebaikan mengajarkan pentingnya keadilan,” tutur salah seorang peserta dalam Forum Ulama dan Kiai Kampung yang mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD dalam pilkada mendatang. Para peserta sangat yakin bahwa kepemimpinan Ganjar-Prof Mahfud akan mewujudkan nilai-nilai kebaikan dan keadilan, sebagaimana diajarkan oleh agama.

READ  Akun Golkar Unggah Video Kontroversial "Golkar Disetir Jokowi"

Kesimpulan

Forum Ulama dan Kyai Kampung (Ful-Kipung) secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Acara deklarasi ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Dalam deklarasi ini, Ketua Ful-Kipung, Zainal Arifin Naim, mengajak para ulama dan kiai kampung untuk turun ke masyarakat memenangkan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024. Dukungan dari Forum Ulama dan Kiai Kampung diharapkan dapat membantu memenangkan pasangan calon tersebut dan mewujudkan kebaikan serta keadilan sebagaimana diajarkan dalam agama.