Gempa Magnitudo 3,3 Guncang Sumba Timur NTT: Apa Penyebab dan Dampaknya?

indotim.net (Selasa, 30 Januari 2024) – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,3 terjadi di wilayah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kedalaman 10 Km.

Laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun X ny menyebutkan bahwa gempa ini terjadi pada Selasa (30/1/2024) pukul 05.21 WIB. Pusat gempa berada sejauh 43 Km ke arah Barat Daya Lewa, Sumba Timur, NTT.

“Gempa ini memiliki magnitudo 3,3,” tulis BMKG.

Titik koordinat gempa ini terletak pada garis lintang 10,06 Selatan dan garis bujur 119,72 Timur. BMKG juga menyampaikan bahwa informasi mengenai gempa dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh.

“Disclaimer: Informasi ini disampaikan dengan kecepatan sebagai prioritas, sehingga hasil pengolahan data masih belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang tersedia,” tambah BMKG.

Kesimpulan

Gempa magnitudo 3,3 mengguncang Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kedalaman 10 Km. Gempa ini terjadi pada Selasa (30/1/2024) pukul 05.21 WIB. Meskipun gempa ini memiliki kekuatan yang relatif kecil, informasi mengenai gempa ini masih dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

READ  Gempa 5 SR Guncang Jailolo dan Ternate, Maluku Utara