Jimny 5 Pintu ‘Digoreng’ Kembali di Pasar Mobil Bekas, Suzuki Bersuara

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu di Indonesia memicu kehebohan. Namun, kemunculan mobil legendaris dengan versi terbaru ini disertai dengan lonjakan harga yang signifikan.

Bahkan, saat acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 berlangsung, para penjual Suzuki terlibat dalam tindakan menaikkan harga Suzuki Jimny 5 pintu secara signifikan.

Kembali lagi, muncul ‘gorengan’ harga Suzuki Jimny 5 pintu. Dilihat dari salah satu platform bursa mobil bekas online, terdapat penawaran Suzuki Jimny 5 pintu yang dibanderol di atas harga yang direkomendasikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Bahkan, ada yang secara terang-terangan menjual Jimny 5 pintu dengan harga mencapai Rp 530 juta. Bagaimana respon dari pihak Suzuki?

“Kami telah menyebutkan harga yang kami sarankan sebesar Rp 462 juta (hingga Rp 478,6 juta on the road Jakarta). Harga tersebut juga sudah ditampilkan di booth Suzuki di IIMS 2024,” kata Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, dalam sesi test drive Suzuki Jimny 5 Pintu di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (5/3/2024).

“Kalau dari Suzuki Indonesia untuk harga saran memang menggunakan harga yang standar. Dan itu memang diikuti oleh dealer-dealer,” jelasnya.

Di sisi lain, Joshi menegaskan bahwa Suzuki tidak memiliki informasi pasti mengenai penjual yang ‘menggoreng’ harga Jimny 5 pintu di pasar mobil bekas. Joshi menyatakan bahwa keputusan akhir ada pada konsumen apakah akan membeli mobil tersebut dengan harga di atas rekomendasi atau tidak.

Menyusul meningkatnya minat pasar terhadap mobil SUV tangguh dan handal, khususnya Suzuki Jimny, kini muncul fenomena di mana Jimny 5 pintu ‘digoreng’ lagi di bursa mobil bekas. Sebagai pabrikan mobil, Suzuki pun memberikan tanggapannya terkait tren ini.

READ  BMKG Jelaskan Fenomena di Rancaekek, Bukan Tornado

Dalam sebuah wawancara, juru bicara Suzuki mengungkapkan, “Apakah memang ada orang yang beli dia pegang terus dia jual lagi. Itu kan suatu hal yang sebelumnya biasa terjadi. Itu mekanisme pasar, kita nggak bisa hindarin. Tapi semua itu kita kembalikan ke calon konsumen untuk memilih yang mana.”

Untuk informasi, Suzuki Jimny 5 Pintu dalam kondisi on the road untuk wilayah Jabodetabek dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 465 juta hingga Rp 475,6 juta sebagai harga tertinggi. Berikut daftar lengkap harganya:

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu

  • Suzuki Jimny 5 Pintu (AT): Rp 475.600.000
  • Suzuki Jimny 5 Pintu (AT-Dual Tone): Rp 478.600.000
  • Suzuki Jimny 5 Pintu (MT): Rp 462.000.000
  • Suzuki Jimny 5 Pintu (MT-Dual Tone): Rp 465.000.000

Kesimpulan

Fenomena ‘gorengan’ harga Suzuki Jimny 5 pintu di pasar mobil bekas menjadi sorotan dengan lonjakan harga yang signifikan, bahkan melebihi harga rekomendasi resmi dari PT Suzuki Indomobil Sales. Suzuki memberikan tanggapannya bahwa keputusan akhir tetap ada pada konsumen, namun menegaskan bahwa harga yang direkomendasikan sudah menjadi standar. Munculnya tren ini memunculkan perbincangan tentang mekanisme pasar dan perlunya kesadaran konsumen dalam memilih harga sesuai dengan rekomendasi resmi.