Jokowi Disambut Meriah di Hanoi, Ia Joget Bersama WNI!

indotim.net (Kamis, 11 Januari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Hanoi, Vietnam, untuk melanjutkan kunjungan kerjanya di tiga negara ASEAN. Dalam kedatangannya, Jokowi turut berjoget bersama para WNI yang menyambutnya di hotel.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Vietnam setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih tiga jam dari Manila, Filipina. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang mengangkut Presiden dan delegasi mendarat di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, sekitar pukul 14.45 waktu setempat, Kamis (11/1/2024).

Di bawah tangga pesawat nampak Jokowi disambut oleh beberapa tokoh penting, antara lain Kepala Kantor Presiden Vietnam Le Khanh Hai, Duta Besar Vietnam untuk RI Ta Van Thong, Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam To Anh Dung, Ketua Komite Rakyat Ha Noi Tran Sy Thanh, Direktur Jenderal Protokol Negara Kementerian Luar Negeri Vietnam Nguyen Viet Dung, Direktur Jenderal Departemen Urusan Luar Negeri Kantor Presiden Vietnam Nguyen Vu Ha Le, Direktur Asia Selatan Kementerian Luar Negeri Vietnam Pham Hung Tam, Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi, serta Atase Pertahanan Republik Indonesia di Hanoi, Kol. Laut (P) Dian Tri Hutanto.

Dari bandara, Jokowi langsung menuju hotel tempatnya bermalam di Hanoi. Begitu tiba di hotel, Presiden Jokowi disambut dengan hangat oleh Konsul Jenderal Ho Chi Minh City, Agustaviano Sofjan, serta General Manager Hotel Melia Hanoi, Santiago Cabre. Mereka juga diikuti oleh beberapa staf KBRI Hanoi serta sejumlah masyarakat dan diaspora Indonesia yang merasa bangga.

Berdasarkan video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi disambut meriah oleh sekelompok Warga Negara Indonesia (WNI) yang membawa bendera Indonesia dan Vietnam ketika tiba di hotel. Mereka dengan riang berjoget sambil mengajak Jokowi ikut bergabung. Akhirnya, Jokowi pun dengan antusias bergabung ke dalam barisan, turut berjoget dengan mengangkat tangannya seolah sedang mengendarai motor.

READ  Anggota DPRD DKI Usulkan KJP Plus Dihilangkan, Apakah Setuju?

Di Hanoi, Jokowi telah dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin Vietnam, termasuk Presiden Vietnam Võ Văn Thưởng, Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính, dan juga Presiden Majelis Nasional Vietnam Vương Đình Huệ.

Tiba di Hanoi, Jokowi disambut dengan meriah oleh warga Indonesia yang tinggal di sana. Tanpa ragu, ia ikut bergabung dengan mereka dalam sebuah joget spontan yang penuh keceriaan. Momen tersebut menunjukkan keakraban Jokowi dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Selama penerbangan dari Manila ke Hanoi, Jokowi didampingi oleh beberapa pejabat penting, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Lihat juga Video ‘Momen Jokowi Tinjau Pabrik Kopiko di Filipina’:

Jokowi disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia saat tiba di Hanoi, Vietnam. Kehadiran Presiden Joko Widodo di ibu kota Vietnam tersebut merupakan bagian dari kunjungan kenegaraan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam. Tidak hanya disambut oleh petugas kehormatan dan pejabat negara, Jokowi juga turut joget bersama warga negara Indonesia yang berada di sana.

Kesimpulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut meriah oleh para WNI di Hanoi, Vietnam, saat melanjutkan kunjungan kerjanya di tiga negara ASEAN. Dalam momen tersebut, Jokowi ikut berjoget dengan penuh keceriaan dan menunjukkan keakraban dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam.

READ  Jokowi Sukses Menghadirkan Alat USG di 10 Ribu Puskesmas, Kesehatan Rakyat Terjaga!