Kandungan Buah Mengkudu Kaya Manfaat, Terutama Untuk Survivor Kanker

By | Maret 15, 2022
kandungan buah mengkudu

Buah Mengkudu atau morinda citrifolia dikenal berasal dari kawasan Asia Tenggara, tergolong dalam keluarga Rubiaceae. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah pada 1500 m. Pohon mengkudu mencapai ketinggian 3-8 m, memiliki bunga putih. Buah berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik mengkilap. Berdaun tebal mengkilap. Kandungan buah mengkudu pun multi manfaat. Berikut ulasannya.

Substansi kimia mengkudu

Zat gizi

Keseluruhan mengkudu merupakan bahan makanan dengan nutrisi lengkap. Zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral penting, tersedia cukup di dalam buah dan daun mengkudu.

Selenium, mineral yang ditemukan dalam mengkudu adalah antioksidan kuat. Berbagai jenis senyawa dalam mengkudu ini: xeronine, sterois tanaman, alizarin, lycine, sosium, asam kaprilat, arginine, proxeronine, antra quinines, jejak unsur yang, fenilalanin, magnesium, dll

Zat terpenoid

Fungsi dari zat ini adalah membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

Mengkudu (Morinda citrifolia) mampu menstabilkan tekanan darah. Sehingga mengkudu digunakan sebagai jamu / obat tradisional hipertensi

Zat anti-bakteri

Oksigen zat-aktif dalam sari buah mengkudu dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Anti-bakteri zat yang juga dapat mengontrol bakteri patogen (kematian), seperti montivideo Salmonella, S. scotmuelleri, S. typhi, dan Shigella dusenteriae, S. flexnerii, pradysenteriae S., dan Staphylococcus aureus.

Zat scolopetin

Scolopetin senyawa sebagai unsur yang sangat efektif anti-peradangan dan anti alergi. Anti-kanker zat yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Zat xeronine dan proxeronine

Terdapat di dalam buah mengkudu suatu alkanoid penting, yakni xeronine. Tetapi, di dalam mengkudu hanya ada sedikit xeronine, lebih banyak bahan pembentuk xeronin-nya (prekursor). Proxeronine adalah asam nukleasi mirip seperti koloid lainnya. Prinsip kerjanya, sel-sel tubuh menyerap xeronine untuk berbagai tujuan di antaranya; mengaktifkan protein tidak aktif, mengatur struktur, dan bentuk sel aktif.

READ  Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah Mengkudu (pace) mengandung scopoletin, suatu senyawa yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Manfaat mengkudu

Buah Mengkudu (Pace) mengandung scopoletin, suatu senyawa yang berfungsi sebagi obat tradisional hipertensi / Â tekanan darah. Ketika tekanan darah tinggi, scopoletin membantu menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika tekanan darah menjadi rendah, itu akan bangkit.

Selain sebagai anti antibakteri, senyawa ini juga mengatur hormon serotonin, yang membantu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi. Ini zat berkhasiat dalam sistem pertahanan tubuh untuk memperbaiki.

Selain zat-zat di atas, mengkudu juga mengandung zat lainnya seperti gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptik. Mengkudu juga memiliki patogen antiseptik dan antibakteri yang Escherichia coli, Salmonella dan Staphylococcus aureus. Hasil penelitian menunjukkan lebih matang maka zat-zat yang bermanfaat tumbuh.

Di antara senyawa antrakuinon rahim sebagai anti-bakteri dan jamur, bekerja terpentin meremajakan sel-sel tubuh, dammacanthel yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker dan pertumbuhan sel-sel abnormal pada tahap pra-kanker.

Buah terdiri dari 52% air juga menyimpan berbagai vitamin, termasuk asam askorbat, kaproat, asam kaprilat kaprik dan asam mampu mencegah penyebab kanker radikal bebas.

Demikian tadi sedikit tulisan indotim mengenai buah mengkudu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *