4 Tanaman Karpet Aquascape yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

By | Maret 16, 2022
tanaman karpet aquascape

Salah satu daya tarik aquascape terletak pada kehidupan satwa di dalamnya. Adanya tanaman selain untuk mempertahankan kehidupan organisme di dalamnya, juga bisa mempercantik tampilan aquascape. Berikut kami ulas sedikit tanaman karpet aquascape untuk aquarium Anda.

Utricularia Graminifolia

Utricularia graminifolia merupakan tanaman karnivora abadi ukuran kecil dan masuk dalam genus Utricularia. Tanaman ini berasal dari Asia, habitat terbesarnya ada di Burma, Cina, India, Srilanka, dan Thailand.

Utricularia Graminifolia

Nama ilmiah: Utricularia graminifolia

Tingkatan takson: Spesies

Status konservasi: Risiko Rendah

Klasifikasi lebih tinggi: Utricularia sect. Oligocista

Tanaman mungil ini dapat tumbuh di pencahayaan tinggi serta co² yg cukup,tanaman ini akan optimal di suhu 24°-26°.

Utricularia graminifolia dari Asia termasuk dalam keluarga bladderwort. Semua tanaman dalam keluarga ini adalah pemakan serangga, air abadi dan tanaman rawa. Di alam, tanaman hidup di tempat-tempat miskin nutrisi, maka kebutuhan untuk menangkap serangga kecil dan mencernanya.

Perangkap kandung kemih adalah fitur unik dari keluarga ini, yang membentuk Utricularia graminifolia setelah waktu yang singkat di akuarium.

Nama spesies berarti ‘dengan rumput seperti daun’ dan daun hijau segar akan setelah beberapa waktu membentuk tikar cantik yang terlihat seperti halaman rumput (tinggi 2-8 cm).

Utricularia graminifolia merupakan tanaman latar depan yang ideal, meskipun agak menuntut banyak perawatan.

Jenis: Karpet

Asal: Asia

Negara atau benua di mana tanaman tersebut banyak berkembangbiak. Kultivar muncul atau dibiakkan dalam budidaya.

Tingkat pertumbuhan: sedang, apabila dibandingkan dengan tanaman air sejenisnya.

Tinggi: 3 – 10+

Tinggi rata-rata (cm) tanaman setelah dua bulan di dalam tangki.

Permintaan ringan: Sedang

Permintaan cahaya rata-rata atau sedang dari tanaman akuarium adalah 0,5 W / L.

CO2 : Sedang

Kebutuhan sedang dalam CO2 adalah 6-14 mg / L. Permintaan CO2 yang tinggi adalah sekitar 15-25 mg / L.

Hemianthus Callitrichoides Cuba

Hemianthus callitrichoides adalah salah satu tanaman akuarium terkecil di dunia, dan merayap di bagian bawah dengan daun bulat berukuran milimeter. Hemianthus callitrichoides adalah tanaman latar depan yang menarik dan populer untuk akuarium kecil.

READ  5 Fakta Menarik Dari Rempah-Rempah Ketumbar

Hemianthus Callitrichoides Cuba

Tanaman ini bukan tanaman yang sulit dalam perawatan, tetapi membutuhkan kondisi yang baik seperti cahaya yang cukup, menambahkan CO2, sirkulasi air dan pupuk untuk berkembang. Jika kondisi ini sulit dibuat, Anda dapat menggunakan Micranthemum ‘Monte-Carlo’ sebagai alternatif, karena kurang menuntut banyak perawatan.

Mutiara kecil atau gelembung oksigen sering diproduksi di atas tanaman, menambahkan aspek yang sangat hidup ke karpet.

Jika ditanam di rumpun kecil beberapa sentimeter terpisah, itu akan menyebar dengan cepat dan menutupi bagian bawah seperti karpet. Potong karpet secara teratur, jika tidak bagian bawah tidak akan mendapatkan cukup cahaya yang menyebabkan kematian akar.

Ditemukan di Kuba, sebelah barat Havana.

Jenis: Karpet

Asal: Amerika Utara

Negara atau benua di mana tanaman adalah yang paling umum. Kultivar muncul atau dibiakkan dalam budidaya.

Tingkat pertumbuhan: Sedang

Dibandingkan tanaman lain, tingkat pertumbuhan tanaman ini relatif sedang. lainnya.

Tinggi: 3 – 5+

Tinggi rata-rata (cm) tanaman setelah dua bulan di dalam tangki.

Permintaan ringan: Tinggi

Permintaan cahaya rata-rata atau sedang dari tanaman akuarium adalah 0,5 W / L.

CO2 : Tinggi

Kebutuhan sedang dalam CO2 adalah 6-14 mg / L. Permintaan CO2 yang tinggi adalah sekitar 15-25 mg / L.

Micranthemum Montecarlo

Micranthemum ‘Monte Carlo’ adalah kumpulan karpet yang indah. Pada awalnya ditemukan di Argentina. Ini adalah spesies yang relatif baru untuk penghobi aquascape dengan tropica di mana menerima sampel pertama mereka untuk pengujian pada Januari 2013. Di laboratorium Tropica itu tumbuh bersama Hemianthus callitrichoides ‘Cuba’, Micranthemum umbrosum dan Glossostigma elatinoides untuk melihat bagaimana perbandingannya.

Micranthemum Monte carlo

Untuk penelitian hobi itu, ternyata tanaman ini tumbuh dengan cara yang mirip dengan Hemianthus ‘Kuba’ tetapi jauh lebih mudah beradaptasi dan lebih mudah – tumbuh lebih cepat dan menciptakan karpet yang sempurna bahkan dengan pencahayaan yang lebih rendah dan tingkat CO2.

Oleh karena itu, tanaman ini memastikan tempatnya dalam daftar stok Tropica di mana ia masuk ke produksi penuh sebagai pot biasa dan cangkir kultur jaringan 1-2-Grow, dan sekarang menjadi salah satu tanaman karpet paling populer bagi para aquascaper. Pada tahun 2017 Christel Kasselmann secara resmi mengidentifikasinya secara botani sebagai Micranthemum tweediei.

READ  Kandungan Buah Mengkudu Kaya Manfaat, Terutama Untuk Survivor Kanker

Menggunakan substrat yang kaya nutrisi seperti Tropica Aquarium Soil akan sangat membantu pertumbuhannya. Tanaman ini spesiesnya jantan, sehingga dalam kondisi yang tepat ia mampu tumbuh secara epifit melekat pada batu atau kayu di mana memberikan nutrisi. Ini dengan mudah mengirimkan pelari dan akan dengan cepat membentuk karpet yang solid dan ketika digunakan sebagai epifit tumbuh dalam formasi cascading, memberikan efek yang indah.

Eleocharis acicularis ‘Mini’ / hairgrass mini

Eleocharis acicularis ‘mini’ memiliki pertumbuhan yang lebih rendah daripada parvula Eleocharis umum dan diberikan kepada Tropica oleh Thomas Barr dari AS. Tanam versi mini dalam porsi kecil yang mencakup area yang lebih luas. Dalam waktu singkat, karpet padat akan diperoleh. Membutuhkan cahaya untuk tampil optimal, namun, ini adalah salah satu spesies yang paling aman untuk menjejalkan karpet – dan minimal perawatan, karena daun tetap kecil (3-5 cm). Cocok untuk akuarium nano.

tanaman karpet aquascape

Cara menanam tanaman kultur jaringan Anda:

Bersihkan tanaman dari kemasan

Bilas dan bersihkan gel/cairan apa pun

Bagi tanaman menjadi 6-8 bagian

Tanam langsung ke substrat Anda

Setiap pot memiliki diameter 60mm. Semua tanaman kultur jaringan bebas dari siput, ganggang, dan pestisida. Cangkir dapat disimpan untuk waktu yang relatif lama sebelum tanam (kadang-kadang berminggu-minggu) yang berarti Anda dapat menanam ketika Anda siap. Simpan di tempat yang sejuk, sub 20 derajat dan keluar dari sinar matahari langsung. Tanaman kultur jaringan adalah tanaman muda dengan akar yang kuat dan berada dalam kesehatan yang jauh lebih baik daripada versi pot mereka. Hanya buka cangkir sebelum tanam untuk menghindari kontaminasi. CO2 dan pemupukan yang baik akan mendorong pertumbuhan yang sehat.

READ  Rangkaian Manfaat Pakcoy dan Sawi Sendok dengan Gizi Tinggi

Tanaman akuarium dari kultur jaringan dalam wadah tertutup

Eleocharis acicularis ‘mini’ memiliki pertumbuhan yang lebih rendah daripada parvula Eleocharis umum dan diberikan kepada Tropica oleh Thomas Barr dari Amerika Serikat. Tanam versi mini dalam porsi kecil untuk menutupi area yang luas. Dalam waktu singkat, karpet padat akan diperoleh. Membutuhkan cahaya untuk tampil optimal, namun, ini adalah salah satu spesies yang paling dapat diandalkan untuk membuat karpet – dan minimal perawatan karena daunnya tetap pendek (3-5 cm). Cocok untuk akuarium nano.

Jenis: Karpet

Asal: Kultivar

Negara atau benua di mana tanaman adalah yang paling umum. Kultivar muncul atau dibiakkan dalam budidaya.

Tingkat pertumbuhan: Lambat

Tingkat pertumbuhan tanaman ini lebih lambat daripada tanaman air lainnya.

Tinggi: 3 – 5+

Tinggi rata-rata (cm) tanaman setelah dua bulan di dalam tangki.

Permintaan ringan: Sedang

Permintaan cahaya rata-rata atau sedang dari tanaman akuarium adalah 0,5 W / L.

CO2 : Sedang

Ringkasan

Pada pembahasan di atas, ternyata terdapat pula tanaman karpet aquascape tidak perlu CO2 seperti Micranthemum Montecarlo. Beberapa jenis tanaman karpet aquascape yang mungkin bisa Anda gunakan pada aquarium Anda sebagai berikut.

• Utricularia Graminifolia
• Micranthemum Montecarlo
• Hemianthus Callitrichoides Cuba
• Eleocharis acicularis ‘Mini’ / hairgrass mini, ini termasuk jenis yang paling populer dan mudah dijumpai di tenpat kita.

Dan, pastinya jangan lupa. Tanaman-tanaman di atas tumbuh di ekosistem buatan, maka sudah sepatutnya diberi pupuk sebagai nutrisi untuk hidup.

Untuk pilihan pupuk cair aquascape terbaik bisa klik link yang bercetak tebal ya.

Demikian tadi beberapa tanaman karpet aquascape yang bisa memperindah aquarium Anda. Selain mempercantik, juga akan memperkaya hayati aquarium. Tapi ingat, walaupun beberapa tanaman ada yang mudah dalam perwatannya, juga perlu perawatan lainnya semacam pemupukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *