Menyusuri Ramalan Peningkatan Mudik Lebaran 2024 Menjadi 70%

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan akan terjadi lonjakan yang signifikan dalam arus mudik pada momen lebaran tahun 2024. Menurut Budi, peningkatan jumlah pemudik diperkirakan mencapai 70%.

“Kalau bicara angkutan lebaran dan Ramadan kami sedang melakukan riset. Riset kami jalankan dalam minggu ini akan ketemu satu jumlah berapa yang akan mudik, tapi dari persentase itu tumbuh yang signifikan ya,” ucapnya ditemui di Halte Biskita Trans Bekasi Patriot, Bekasi, Minggu (3/3/2024).

Pada lebaran sebelumnya tingkat pemudik kurang dari 50 persen. Namun, untuk lebaran kali ini diperkirakan mencapai sekitar 70 persen, sehingga lonjakannya diperkirakan akan sangat besar,” ungkap narasumber.

Masih tentang persiapan mudik Lebaran, Budi mengungkapkan bahwa telah terjadi rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membahas antisipasi mudik tahun ini.

Prediksi lonjakan arus mudik Lebaran tahun 2024 diprediksi akan mencapai 70%. Menurut Menteri Perhubungan, “Oleh karenanya kami sudah ada rapat dengan Bapak Presiden. Saya dan Kapolri disuruh mempersiapkan kegiatan-kegiatan persiapan itu,” katanya.

“Tentu template dari apa yang kita lakukan pada masa mudik sudah cukup matang, tapi kita tidak boleh lengah. Kita akan petakan lagi kegiatan-kegiatan yang berpotensi menjadi over,” tambahnya.

Budi juga menekankan bahwa setiap tahun telah memperingatkan masyarakat untuk menggunakan angkutan massal. Khususnya, katanya, jumlah pemudik tahun ini diprediksi akan meningkat secara signifikan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan prediksinya terkait lonjakan arus mudik Lebaran tahun 2024 yang diperkirakan mencapai 70%. Dalam sebuah wawancara, Menhub menyatakan, “Saya belum tentu angkanya berapa namun kami melakukan riset ini dengan suatu lembaga yang sangat percaya, dibantu BPS dan juga bersama Telkomsel.”

READ  {Cek Info Penting Sebelum Investasi Emas Digital}

Menyusul penelitian kami tahun sebelumnya yang kami bandingkan dengan data pergerakan ponsel, hasilnya cukup sejalan. Jadi apa yang kami temukan pada penelitian tahun sebelumnya dapat dipercaya, InsyaAllah hal ini juga dapat dipercaya,” tutupnya.

Kesimpulan

Menyusuri ramalan peningkatan mudik Lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan lonjakan signifikan dalam arus pemudik hingga mencapai 70%. Dengan persiapan rapat bersama Presiden Joko Widodo, Budi menekankan pentingnya mempersiapkan kegiatan antisipasi terhadap meningkatnya jumlah pemudik. Dengan kolaborasi riset bersama lembaga yang terpercaya, Menhub optimistis terhadap prediksinya dan menyarankan penggunaan angkutan massal sebagai solusi dalam menghadapi lonjakan arus mudik yang akan datang.