Mahfud Temui Relawan di Makassar, Menyoroti Pentingnya Penyeimbang Parpol

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md bertemu dengan beberapa relawan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam pertemuan tersebut, Mahfud menyampaikan bahwa peran relawan sangat penting, salah satunya sebagai penyeimbang partai politik (parpol).

“Oh penting, karena relawan itu penyeimbang dari parpol pengusung. Jadi parpol pengusung itu bekerja membawa partai calon presiden dan wapresnya, relawan itu bekerja di luar partai,” kata Mahfud di Makassar, Sabtu (13/1/2024).

Mahfud bertemu dengan relawan di Makassar untuk membicarakan pentingnya penyeimbang partai politik. Menurutnya, pengaruh relawan sangat besar karena tidak terlalu formal. Mereka dapat menjadi sayap partai yang membantu dalam berbagai kegiatan politik.

Dalam kegiatan politik, terdapat dua kelompok yang bergerak, yaitu partai politik dan relawan. Kedua kelompok ini saling melengkapi dan menjadi penyeimbang dalam menjalankan program-program partai. Partai politik menjadi wadah formal bagi para politisi dan menjadi landasan hukum dalam berpolitik. Sedangkan relawan, meskipun tidak terlalu formal, namun memiliki keleluasaan yang lebih besar dalam melakukan aksi-aksi politik.

Relawan memiliki fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi dalam menghadapi situasi politik yang terus berubah. Mereka dapat bergerak cepat dalam merespon situasi terkini dan membantu partai politik untuk menjangkau massa dengan lebih efektif. Di sisi lain, partai politik memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi relawan dalam berkomitmen pada partai dan program-programnya.

Pentingnya penyeimbang partai politik ini dapat menjaga keberagaman opini dan kepentingan dalam sebuah sistem politik. Relawan yang aktif dan berperan penting dapat menjadi kontrol sosial bagi partai politik agar tetap berpihak pada kepentingan rakyat.

“Dan itu memiliki pengaruh besar karena mereka lebih fleksibel, tidak terlalu formal. Sehingga pengaruh mereka bersama partai politik nanti akan menjadi sayap. Jadi ada Tim Pemenangan Daerah (TPD) dan relawan,” ucapnya.

READ  TPN Optimis Ganjar-Mahfud Akan Menang dengan Satu Putaran: Jika Dua Putaran, Pasti Menang

Relawan merupakan sayap-sayap yang banyak, seperti yang tadi dihadiri oleh Sahabat Ganjar. Bahkan, ada banyak relawan, sekitar 5 orang,” ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, saat ini banyak relawan yang memberikan dukungan untuknya. Ia sendiri berharap dapat mengumpulkan sebanyak mungkin suara di Sulawesi Selatan.

“Kami memiliki banyak relawan, dan kami tidak menghitung jumlahnya. Yang jelas, relawan adalah salah satu elemen penting. Kami berharap mendapatkan sebanyak mungkin suara di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Kesimpulan

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md mengakui pentingnya peran relawan sebagai penyeimbang partai politik dalam pertemuannya dengan beberapa relawan di Makassar. Relawan di luar partai politik dapat bekerja secara tidak terlalu formal namun memiliki pengaruh yang besar dalam menjalankan program-partai. Mereka memiliki fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi dalam merespon situasi politik yang berubah-ubah. Keberadaan relawan dalam sebuah sistem politik dapat menjaga keberagaman opini dan kepentingan serta menjadi kontrol sosial bagi partai politik agar tetap berpihak pada kepentingan rakyat. Mahfud berharap dapat memperoleh dukungan sebanyak mungkin dari relawan di Sulawesi Selatan untuk meraih suara dalam pemilihan.