Pupuk Trichoderma Cair mencegah Patogen pada Tanaman

By | Agustus 10, 2022
Trichoderma Cair

Pada awal musim hujan, tanaman menjadi rentan terhadap jamur patogen. Jamur ini menyebabkan tanaman layu pada akar serta busuk pada batang. Hampir semua jenis tanaman dapat terserang jamur ini, terutama tanaman pekarangan seperti tomat, paprika, bawang bombay, semangka dan kentang.

 

 

Trichoderma Cair

Penyakit tanaman jenis ini lebih mungkin terjadi pada musim hujan. Oleh karena itu, perlu adanya penanggulangan infestasi jamur dengan racun kimia seperti pestisida tidak lagi efektif. Padahal, penggunaan pestisida secara berlebihan dapat merusak ekosistem di sekitarnya.

Pengertian Trichoderma

Dengan adanya inovasi terbaru dalam teknologi pertanian yaitu pupuk Trichoderma, para petani tidak perlu lagi khawatir dengan masalah ini. Sebagian besar petani pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk cair ini. Beberapa penanam dan petani pemula mungkin masih tahu tentang pupuk ini.

Pupuk Trichoderma Cair adalah pupuk kompos organik yang mengandung spesies Trichoderma. Jamur ini memiliki sifat antagonis dan dapat melawan jamur yang merusak tanaman. Trichoderma adalah jamur yang termasuk dalam spesies Ascomycota.

Manfaat Trichoderma Cair

Seiring dengan banyaknya edukasi yang didapatkan oleh para petani mengenai cara merawat tanaman, maka penggunaan jenis pupuk ini pun semakin banyak. Jamur ini memiliki sifat antijamur yang banyak ditemukan di tanah. Jamur jenis ini dapat tumbuh baik pada suhu panas maupun dingin. Berikut manfaat trichoderma cair :

1. Sebagai Pupuk Organik

Trichoderma Cair mampu memperbaiki struktur tanah di sekitar akar tanaman dengan memecah bahan organik di dalam tanah. Tanah memang kaya akan bahan organik, tetapi dalam bentuk dan ukuran yang tidak dapat diserap tanaman sehingga sifatnya terbatas.

Namun dengan aplikasi Trichoderma Cair, zat organik tersebut terurai, dan setelah diurai oleh Trichoderma, zat tersebut berubah menjadi ion yang dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tanaman. Selain menghemat biaya, juga mengurangi penggunaan pupuk kimia.

READ  Pupuk Power Soil, Kandungan Asam Humat dari Saripati Pupuk Organik

Penggunaan Trichoderma cair sangat aman bagi lingkungan karena dapat digunakan tidak seperti pupuk kimia yang membunuh mikroba di sekitar akar. Hanya saja pengaplikasian Trichoderma tidak secepat menggunakan pupuk kimia.

2. Sebagai Pestisida Alami

Sebagai parasit pada spesies jamur lain, Trichoderma cair bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran patogen tular tanah yang menyebabkan penyakit pada akar tanaman. Trichoderma cair bertujuan untuk mengurangi keparahan layu tanaman. Aplikasi Trichoderma dapat digunakan untuk tanaman hortikultura.

Kelebihan Trichoderma Cair

Jamur Trichodermasp juga bertindak sebagai fungisida biologis untuk membantu mengendalikan patogen. Ketika didekomposisi menjadi pupuk, jamur ini bertindak sebagai pupuk yang memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Selain itu, jamur dalam pupuk melonggarkan struktur tanah. Memungkinkan akar untuk dengan mudah menyerap air dan nutrisi dalam tanah. Membantu meningkatkan aktivitas mikroba tanah. Pupuk Trichoderma bertindak sebagai dekomposer, mengubah bahan organik di dalam tanah.

Oleh karena itu, tanaman dapat memanfaatkan unsur hara secara lengkap. Dapat digunakan sebagai aktivator dalam proses pengomposan. Menjadikan tanaman subur, sehat dan lebih produktif. Meningkatkan produktivitas tanaman terutama di bidang hortikultura.

Meningkatkan stamina tanaman karens jenis pupuk ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Mencegah penyakit tanaman yang disebabkan oleh patogen seperti fusarium, busuk akar, busuk umbi dan busuk batang. Mencegah terjadinya infeksi tanaman dengan patogen endemik.

Harga Trichoderma Cair

Dengan banyaknya manfaat yang dimilikin oleh jenis pupuk ini, harga yang ditawarkan untuk 1 liter pupuk Trichoderma Cair ini sangatlah terjangkau yaitu Rp 58.000 saja. Tentunya hal tersebut sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dicoba agar tanaman Anda semakin subur.

Demikian artikel mengenai Trichoderma cair, sangat diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Sekian, saya ucapkan terimakasih.

READ  7 Jenis Pupuk Kompos Beserta Cara Membuatnya, Dijamin Irit dan Ramah Lingkungan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *