Masa Panen Tanaman Vanili

By | Oktober 14, 2021

Masa Panen Tanaman Vanili

Sebagian orang bertanya-tanya sebelum mereka terjun dalam budidaya vanili. Ada yang bertanya kendala budidayanya, harga jualnya, hingga masa panen tanaman vanili. Memang untuk membudidayakan vanili butuh kesabaran tinggi. Karena salah satu hal itulah vanili dihargai dengan sangat tinggi. Pada umumnya, pohon vanili akan mulai berbunga umur 2 tahun setelah tanam.

Usia 9 bulan, tanaman vanili akan berbuah setelah proses penyerbukan. Masa puncak panen pohon vanili adalah tahun ke-6. Sedangkan masa produktif tanaman ini adalah 10 tahun. Jadi, tahun ke-7 hingga ke-10 produktivitas vanili cenderung menurun. Setelah tahun ke-10 maka tanaman atau pohon vanili harus diganti dengan yang baru atau replanting.

1 Sulur hanya berbuah sekali

Memang sulur atau ruas yang pernah berbuah tidak akan berbuah kembali. Tetapi terdapat perbedaan tentang masa produktif tanaman vanili. Ada juga yang menyebutkan masa produktif bisa mencapai usia 30 tahun atau lebih.

Tergantung bagaimana cara mengatur sulur muda dan tua. Kita bisa mencari tahu satu sulur induk mampu bertahan berapa lama dan bagaimana cara mengatasi pergantian indukan sulur apabila sulur lama sudah tidak produktif. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi hasil produksi buah sebanyak 20 %.

Sering muncul pertanyaan, apakah ruas vanili yang pernah berbuah bisa berbuah kembali? Perlu diketahui, satu ruas batang vanili yang pernah berbuah tidak akan pernah berbuah lagi. Buah akan muncul pada ruas-ruas yang lain.

Artinya tanaman vanili hanya dapat panen setahun sekali saja dengan masa panen sekitar 2 – 3 bulan. Masa panen yang panjang ini karena setiap vanili dalam 1 kebun waktu masaknya berbeda-beda sehingga dalam 1 tandan pun masaknya bisa berbeda pula.

READ  Manfaat Kembang Sepatu Selain Sebagai Hiasan Taman

Ketika banyak ruas yang telah terisi, kemudian pucuknya kita potong dan kita tanam lagi, maka setelah nanti panen ruas-ruasnya yang sudah berbuah bisa dipanen bersama pohonnya, karena sudah tidak tumbuh lagi. Sedangkan pucuk yang belum berbuah terdapat 2 kemungkinan.

Pertama, bertunas. Kedua, muncul bunga calon buah.
Satu catatan penting, apabila terdapat ruas yang pernah berbuah, seumpama 3 ruas itu runtut tidak berjarak dan berbuah semua pada tahun tersebut, maka tahun berikutnya tidak akan berbuah bahkan jika ditanam pun hanya akan tumbuh akar tetapi tidak akan bertunas.

Buah vanili masak

Tanaman vanili panen dengan cara memetik buah yang telah masak secara morfologis, yaitu buah tidak terlalu muda tetapi juga tidak terlalu tua. Buah vanili yang terlalu muda ataupun tua memiliki kadar vanilin yang rendah, sehingga manfaat dari buah vanili tersebut menjadi berkurang.

Warna polong vanili hijau artinya buah vanili masih muda, masih ada sisa bunga yang menempel di pucuk, dan buah masih berbentuk bengkok. Sedangkan buah vanili telah masak secara morfologis adalah buah yang telah menguning pada bagian pucuk, tidak ada sisa bunga yang menempel di pucuk, dan buah berbentuk memanjang bukan bengkok. Lain halnya jika buah vanili sudah kelewat masak. Warna buah tersebut berwarna kuning menyeluruh bahkan ada juga yang sampai berwarna coklat kayu atau tua.

Terdapat 2 cara memetik buah vanili masak. Pertama, memetik 1 tandan vanili sekaligus. Cara ini dilakukan untuk mempermudah proses panen. Kedua, memetik satu per satu vanili masak. Alasannya adalah antara buah satu dengan yang lainnya tidak bersamaan masaknya dan tidak mengganggu buah yang lain dalam satu tandannya. Lebih kepada menjaga mutu buah vanili yang belum masak. Cara yang kedua ini masih diyakini sebagai proses pemanenan yang terbaik.

READ  Mengenal Adas Sebagai Tanaman Rempah Berkhasiat

Demikian sedikit informasi tentang masa panen tanaman vanili. Supaya tanaman vanili berrbunga dan berbuah secara maksimal, lakukan pemupukan secara intensif. Kesimpulannya, bagi anda yang ingin membudidayakannya maka harus lebih bersabar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.