Massa Demo Bela Palestina Depan Kedubes AS Bubar, Lalin Dibuka Kembali

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Massa demo bela Palestina di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serika di Gambir, Jakarta Pusat telah membubarkan diri. Arus lalu lintas dibuka kembali.

Pada Sabtu (13/1/2024) pukul 10.52 WIB, massa yang menggelar demonstrasi untuk mendukung Palestina telah membubarkan diri. Arus lalu lintas yang sebelumnya mengarah ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan telah kembali normal.

“Pengalihan arus sementara di sekitar Bundaran Patung Kuda Monas dari arah Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju Jalan Medan Merdeka Selatan/Gambir sudah normal kembali,” tulis akun Instagram Traffic Management Center (TMC) Polda Metro.

Kendaraan sekarang dapat melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan yang sebelumnya ditutup. Massa tampaknya sudah membubarkan diri.

Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan juga sudah dibuka. Situasi lalu lintas di lokasi terlihat ramai lancar.

Demo Bela Palestina

Pada awalnya dilaporkan bahwa massa telah menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Gambir, Jakarta Pusat pada pagi ini, untuk membela Palestina. Ribuan aparat gabungan telah dikerahkan untuk menjaga keamanan demonstrasi tersebut.

“Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan bahwa peserta aksi tersebut merupakan massa yang tergabung dalam Tripilar (Front Persatuan Islam, Aqsa Working Group, Majelis Ormas Islam, Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis, GNPF Ulama, dan PA 212).

“Kami telah menyiapkan 1.391 personel gabungan untuk menjaga keamanan dalam aksi ini,” kata Susatyo.

READ  Ada Demo di DPR, Rekayasa Lalin Bakal Diterapkan Situasional

Kesimpulan

Massa demo bela Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Gambir, Jakarta Pusat telah membubarkan diri, dan arus lalu lintas telah dibuka kembali. Pada Sabtu (13/1/2024), massa yang terdiri dari berbagai organisasi Islam telah menyampaikan dukungan mereka terhadap Palestina. Meskipun ribuan aparat keamanan dikerahkan, demonstrasi berlangsung dengan damai dan tidak terjadi insiden. Setelah demo usai, kendaraan dapat melintasi kembali Jalan Medan Merdeka Selatan yang sebelumnya ditutup. Situasi lalu lintas kembali normal dan aman.