PKB Dukung Amin: Kisah Kiai Panutan yang Mempengaruhi Pemilih NU

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Mantan Ketua PBNU, KH Said Aqil Siroj, dengan tegas menyatakan dukungan penuhnya bagi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Dukungan tersebut disambut baik oleh Waketum PKB, Jazilul Fawaid.

“Alhamdulillah, kami bersyukur Kiai Said Aqil berdiri bersama AMIN, apalagi beliau berpesan ‘jangan kalah sebab kalah itu dosa’. AMIN wajib menang,” kata Jazilul kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Sebagai Asisten Pelatih Timnas AMIN, ia menganggap Said Aqil sebagai seorang kiai yang menjadi panutan. Menurutnya, dukungan dari Said Aqil akan mempengaruhi sikap dan pilihan dari warga Nahdlatul Ulama (NU).

“Sikap dukungan Kiai Said Aqil terhadap pasangan calon AMIN sangat berharga bagi kami. Beliau adalah kiai panutan dan juga merupakan panutan bagi para kiai NU. Sikap tersebut tentunya akan berdampak pada pandangan dan pilihan warga NU,” ujar seorang sumber.

Menurut Jazilul, selanjutnya, Timnas AMIN dengan hormat menerima dukungan dari Said Aqil tanpa perlu menjadi bagian dari Timnas.

“Kami menghormati beliau meskipun tidak bergabung dalam Timnas Amin. Insya Allah, dukungan beliau akan berpengaruh pada pilihan masyarakat NU,” ujar sumber.

Said Aqil Dukung AMIN

KH Said Aqil Siroj telah secara resmi menyatakan dukungannya kepada pasangan calon AMIN. Pernyataan tersebut diucapkan oleh KH Said Aqil Siroj saat beliau menghadiri haul KH Bisri Syansuri yang ke-45 di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Said Aqil mencerminkan pandangannya tentang AMIN saat memberikan sambutan dalam acara haul KH Bisri. Dalam pembicaraannya, Said menceritakan bahwa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dulunya adalah tetangga dekatnya. Cak Imin juga hadir di acara haul tersebut.

READ  Malam Akrab: Jokowi dan Menteri di IKN, Basuki-Panglima TNI Bermain Alat Musik

“Mantan tetangga saya, akhil aziz, Dr Abdul Muhaimin Iskandar yang Insyaallah akan berhasil dengan mudah menjadi wakil presiden RI. Ini mantan tetangga saya, dulunya kayanya dulu saya, saya mobilnya sudah Kijang bagus, beliau masih bodolan mobilnya itu tahun 1996,” kata Said Aqil, Sabtu (13/1).

Said Aqil menyatakan dukungan penuhnya kepada Cak Imin dalam kontestasi politik yang sedang berlangsung. Menurut Said, meskipun bukan tokoh besar dan tidak memiliki jabatan apa pun, dirinya tetap mendukung sepenuhnya.

“Saya mendukung AMIN, 100%. Tetapi saya ini Ketua NU, bukan ketua partai. Ketika Nabi Ibrahim dibakar oleh Raja Namrud, binatang-binatang besar seperti macan dan gajah berusaha meniup api untuk memadamkannya. Bahkan semut pun ikut berusaha. Namun, gajah dan macan hanya tertawa pada semut, ‘Semut, semut, kamu tidak efektif. Apa gunanya kamu? Tiupanmu tidak berguna, tidak ada pengaruhnya sama sekali’,” kata Said memberikan perumpamaan.

Kesimpulan

Dukungan penuh KH Said Aqil Siroj kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendapat tanggapan positif dari Waketum PKB, Jazilul Fawaid. Dukungan tersebut diyakini dapat mempengaruhi sikap dan pilihan dari warga Nahdlatul Ulama (NU) karena Said Aqil dianggap kiai panutan. Meskipun bukan bagian dari Timnas AMIN, dukungan dari Said Aqil dihormati dan diyakini akan berpengaruh pada pilihan masyarakat NU. Said Aqil secara resmi menyatakan dukungannya kepada AMIN dalam sebuah acara haul KH Bisri Syansuri yang dihadiri oleh Muhaimin Iskandar. Meskipun bukan tokoh besar dan tidak memiliki jabatan apa pun, Said Aqil tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada Cak Imin dalam kontestasi politik.