Pupuk Daun Mamigro Mencegah Kerusakan Tanah

By | Agustus 12, 2022
Pupuk Daun Mamigro

Pupuk Mamigro-Tanaman dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya tidak lepas dari peran unsur hara. Beberapa unsur hara sudah tersedia di dalam tanah, tetapi ketersediaannya mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Sehingga diperlukan adanya pupuk untuk membantu agar tanaman tumbuh dengan subur.

Pupuk dibagi menjadi pupuk akar dan pupuk daun menurut cara aplikasinya. Pupuk daun mamigro biasanya berbentuk cair dan dioleskan langsung ke daun dengan dosis tertentu. Pemupukan dapat diartikan sebagai pemberian bahan atau bahan tertentu untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman dengan tujuan agar tanaman tumbuh subur.

Pengertian Pupuk Daun Mamigro

Pupuk daun mamigro adalah pupuk anorganik yang diaplikasikan pada daun. Pupuk yang akan diaplikasikan harus larut terlebih dahulu. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran pada kemasan. Tujuan pemberian pupuk daun adalah untuk melengkapi unsur hara yang disediakan oleh tanah dan akar.

Pupuk daun diaplikasikan langsung ke daun dan batang. Berbeda dengan pupuk akar, yang biasanya hanya mengandung unsur hara makro. Tanaman membutuhkan sangat sedikit unsur hara mikro, tetapi perannya sangat penting bagi mereka. Kekurangan unsur hara mikro dapat menghambat pertumbuhan tanaman secara optimal.

Manfaat Pupuk Daun Mamigro

Seiring dengan banyaknya edukasi yang didapatkan oleh para petani mengenai cara merawat tanaman, maka penggunaan jenis pupuk ini pun semakin banyak. Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan jika menggunakan jenis pupuk mamigro ini, sebagai berikut :

1. Penyerapan Nutrisi Yang Cepat

Keuntungan pertama adalah dapat Anda rasakan ketika menggunakan jenis pupuk ini yaitu penyerapan nutrisi yang cepat. Melalui mulut daun, Anda dapat melihat efeknya pada tanaman lebih cepat, seperti: Penyerapan nutrisi lebih cepat, Pertumbuhan tunas, daun hijau, dll.

READ  Ketahui Manfaat Pupuk Desthin Bagi Tanaman

2. Mencegah Kerusakan Tanah

Penggunaan pupuk kimia secara bertahap merusak struktur tanah. Hal ini jelas membuat pH tanah menjadi lebih asam, yang tidak baik untuk tanaman. Dengan memberikan pupuk daun yang langsung menyuburkan tanaman tanpa melalui tanah. Oleh karena itu, penggunaan pupuk daun dapat mencegah kerusakan tanah

Kelebihan Pupuk Daun Mamigro

1. Memberikan Nutrisi Tambahan

Salah satu kelebihan dari penggunaan pupuk daun mamigro ini adalah dapat memberikan nutrisi tambahan pada tanaman Anda. Unsur hara yang berasal dari serapan akar masih kurang untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, hal ini ditunjukkan dengan pemberian pupuk daun.

2. Nutrisinya Lebih Lengkap

Pupuk daun umumnya mengandung unsur hara yang lebih lengkap, tidak seperti yang biasa terdapat pada pupuk akar, sehingga pemberian pupuk daun akan memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang tidak ada dalam pupuk akar. Dengan begitu tanaman akan tumbuh lebih subur.

pupuk daun mamigro

kandungan mamigro

Pemupukan dengan daun dianggap lebih berhasil daripada pemupukan dengan akar karena daun memiliki bukaan yang disebut stomata. Stomata dapat dibuka dan ditutup secara mekanis oleh tekanan turgor sel penjaga. Saat tekanan turgor meningkat, stomata terbuka. Sebaliknya, ketika tekanan turgor menurun, stomata menutup.

Dengan banyaknya manfaat yang dimilikin oleh jenis pupuk ini, harga yang ditawarkan untuk 1 kg pupuk mamigro ini sangatlah terjangkau yaitu Rp 40.000 saja. Tentunya hal tersebut sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dicoba agar tanaman Anda semakin subur.

Demikian artikel mengenai pupuk mamigro, sangat diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Sekian, saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *