Relawan dari Tim Prabowo-Gibran Meluncur ke Telukjambe Karawang untuk Membantu Korban Banjir

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Gabungan relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjenguk masyarakat yang terdampak banjir di Desa Karangligar, Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat. Mereka berinteraksi dan sekaligus memberikan bantuan berupa sembako.

Gabungan Relawan Prabowo-Gibran Kabupaten Karawang terdiri dari Samawi, Posraya Indonesia, lCTI, Timbul Sehati, Solmet, Bara JP, dan Tim 7 Jokowi. Banjir di Karawang telah mengakibatkan ribuan warga mengungsi.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap sesama yang sedang mengalami musibah. Pada hari ini, kami mengunjungi warga yang terdampak banjir di Dusun Kampek dan Pangasinan Desa Karanglinggar, Telukjambe Barat,” ujar Ketua Samawi Karawang, Ammas Fasyni El-Fauzi dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Di tempat yang sama, Ketua Posraya Indonesia Karawang, Djody Setiawan menambahkan bahwa aksi sosial dan kemanusiaan ini bukan pertama kalinya dilakukan dan akan terus dilakukan di masa depan.

“Kami juga akan melakukan kegiatan serupa di lokasi lain, di mana ada saudara-saudara kita yang terkena musibah. Sekali lagi, ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap sesama yang sedang membutuhkan bantuan dan mengalami musibah,” ujar Djody.

Sebelumnya, terjadi banjir di Karawang pada awal tahun 2024. Saat ini, sebagian besar wilayah yang terendam sedang mulai surut. Warga yang sebelumnya mengungsi pun kembali ke rumah.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Mahpudin, saat ini hanya ada satu kecamatan di Telukjambe, Karawang yang masih terendam akibat banjir.

“Sekarang Alhamdulillah sudah surut, hanya tinggal 1 kecamatan,” ujar Mahpudin, saat ditemui di Posko pengungsian Kantor Desa Karangligar, Kabupaten Karawang, pada Selasa (9/1).

Beberapa daerah yang sudah mengalami surutnya banjir di antaranya adalah kelurahan Karawang Kulon dan Kelurahan Tanjungmekar, yang berada di Kecamatan Karawang Barat. Selain itu, Desa Panyingkiran di Kecamatan Rawamerta juga sudah mengalami penurunan level banjirnya.

READ  Datangi Kertanegara, Ribuan Pegiat UMKM Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

“Banjir di Kabupaten Karawang telah mengundang perhatian banyak relawan dari berbagai kalangan. Kali ini, relawan Prabowo-Gibran turut hadir untuk memberikan bantuan kepada korban banjir di Telukjambe, Karawang.”

“Banjir yang melanda wilayah Telukjambe telah membuat banyak masyarakat terdampak. Mereka kehilangan tempat tinggal dan kebutuhan pokok akibat banjir yang terjadi secara tiba-tiba. Dalam situasi ini, kedatangan relawan Prabowo-Gibran diharapkan dapat memberikan sedikit harapan dan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.”

“Menurut salah satu warga setempat, banjir di Telukjambe sudah mulai surut. Beberapa desa, seperti Desa Panyingkiran di Kecamatan Rawamerta, Kelurahan Karawang Kulon, dan Tanjungmekar di Kecamatan Karawang Barat, sudah sepenuhnya tidak tergenang banjir lagi.”

“Kehadiran relawan Prabowo-Gibran di Telukjambe sangat diapresiasi oleh masyarakat. Mereka membawa bantuan berupa sembako, air minum, dan perlengkapan mandi serta peralatan kebersihan. Selain itu, relawan juga memberikan bantuan medis dan psikologis kepada korban banjir.”

“Dalam kunjungan ini, relawan Prabowo-Gibran juga melakukan pemantauan terhadap kondisi fasilitas umum yang terdampak banjir, seperti jalan, jembatan, dan saluran air. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses pemulihan pasca-banjir dapat berlangsung dengan baik.”

“Meskipun banjir telah surut, kami tetap membutuhkan bantuan. Banyak masyarakat yang rumahnya rusak dan kehilangan sumber penghasilan akibat banjir ini,” ungkap salah satu korban banjir.

“Namun, kami bersyukur dengan adanya bantuan dari relawan Prabowo-Gibran. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban kami dan membantu kami dalam proses pemulihan,” tambahnya dengan harapan.

Selain itu, beberapa bagian sawah dan pemukiman di Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur juga sudah mulai surut. Sejumlah warga telah memilih untuk kembali ke rumah mereka dari posko pengungsian.

Desa Sukamakmur di Kecamatan Telukjambe Timur sebagian juga masih surut, namun ada beberapa yang masih terendam, termasuk juga sawah, jadi masih ada 158 jiwa yang mengungsi dan 40 rumah serta 9 hektare sawah yang terendam,” tambahnya.

READ  Calender Event Februari 2024, Jangan Lewatkan Hari-Hari Spesialnya!

Saat ini, banjir masih melanda beberapa kecamatan di Karawang, salah satunya adalah Kecamatan Telukjambe Barat. Di Desa Mekarmulya, tercatat 65 rumah terendam dan 82 KK atau sekitar 238 jiwa harus mengungsi akibat banjir ini.

“Untuk data terkini total terdampak Kecamatan Telukjambe Barat sebanyak 650 KK, atau 1.874 Jiwa, di antaranya 123 Balita, 11 Bayi, dan 506 rumah terendam termasuk 7 fasilitas ibadah, dan 3 fasilitas pendidikan. Untuk data saat ini, 327 jiwa mengungsi khususnya yang di Desa Karangligar,” ucap Mahpudin.

Kesimpulan

Relawan dari Tim Prabowo-Gibran telah meluncur ke Telukjambe Karawang untuk membantu korban banjir. Mereka memberikan bantuan berupa sembako serta memberikan dukungan medis dan psikologis kepada korban banjir. Selain itu, relawan ini juga melakukan pemantauan terhadap kondisi fasilitas umum yang terdampak banjir. Meskipun banjir telah surut, masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan dan relawan Prabowo-Gibran diharapkan dapat meringankan beban mereka dan membantu dalam proses pemulihan. Banjir ini telah mengundang perhatian banyak relawan dari berbagai kalangan, dan aksi kemanusiaan ini menunjukkan kepedulian mereka terhadap sesama yang sedang membutuhkan bantuan.