Resmikan Masjid Baru di Kalteng, Kapolri Mengingat Pesan Mendiang Orang Tua

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Irjen Dedi Prasetyo, melaksanakan perjalanan ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk meresmikan Masjid Natabel Jannah. Masjid ini dibangun pada saat Dedi menjabat sebagai Kapolda Kalteng. Dalam kesempatan tersebut, Dedi mengungkapkan pesan yang diingatnya dari orang tua yang telah meninggal dunia.

“Saya teringat apa pesan yang disampaikan kedua orang tua saya kepada saya, untuk menyisihkan rezeki untuk membangun masjid di manapun. Karena insyaAllah rumah ibadah bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/1/2024).

Masjid Natabel Jannah berdiri di Komplek Perumahan Bhayangkara Residence, Jalan Lamtoro Gung, Kota Palangka Raya. Dalam kesempatan ini, As SDM Kapolri Dedi menyampaikan cerita saat dirinya menjadi Kapolda Kalteng. Ia mendengar keluhan dari warga di perumahan tersebut mengenai jarak yang cukup jauh untuk beribadah ke masjid terdekat.

“Masyarakat di Perumahan Bhayangkara Residence ini, jika ingin pergi ke masjid harus menempuh jarak yang cukup jauh karena di sekitar sini belum terdapat masjid. Oleh karena itu, saya memiliki tekad untuk membangun masjid di lokasi ini, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beribadah,” ucap Dedi.

Dalam acara peresmian Masjid Natabel Jannah di Kalimantan Tengah, As SDM Kapolri, Dedi Prasetyo, mengingatkan pesan yang pernah disampaikan oleh orang tuanya. Dalam pidatonya, Dedi menekankan pentingnya pendidikan agama sebagai landasan utama dalam membangun karakter yang baik.

Selain meresmikan masjid, Dedi juga memberikan wakaf berupa Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) yang didirikan di area masjid tersebut. Ia menyerahkan pengelolaan yayasan masjid kepada warga dan anggota Polri yang tinggal di perumahan sekitar.

READ  Bamsoet: Pemilu 2024 Selesai, Singapura Aman Investasi IKN

“Kalteng sudah menjadi rumah kedua saya, sehingga saya harus memberikan kontribusi bagi Kalimantan Tengah. Di masjid ini juga didirikan TPA untuk anak-anak belajar Al Qur’an, dan belajar tentang Islam,” ujarnya.

Dalam acara peresmian masjid di Kalimantan Tengah, As SDM Kapolri mengingatkan pesan yang pernah diberikan oleh orangtuanya. Dedi, sapaan akrabnya, memohon agar masjid ini benar-benar dimakmurkan serta dirawat dengan baik. Hal ini harus dilakukan dengan tetap menjunjung tinggi filosofi kearifan lokal, Huma Betang.

Dedi menjelaskan bahwa filosofi tersebut telah melekat dan menjadi bagian turun temurun di kalangan masyarakat Kalteng. Filosofi Huma Betang ini menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga persatuan, kerukunan, dan moderasi beragama di Bumi Tambun Bungai.

“Semoga dengan diresmikannya Masjid Natabel Jannah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk beribadah dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT,” ucap Dedi dalam kesempatan tersebut.

As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo meresmikan Masjid Natabel Jannah di Palangka Raya, Kalteng Foto: dok. istimewa

As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo meresmikan Masjid Natabel Jannah di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Dalam peresmian tersebut, As SDM Kapolri mengingat pesan mendiang orang tua yang selalu mendorongnya untuk menjadi pribadi yang berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Dalam kesempatan itu, As SDM Kapolri juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembangunan masjid ini, termasuk Gubernur Kalimantan Tengah. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kalteng yang turut mendukung dan mengawal proses pembangunan masjid ini.

“Masjid ini berhasil berdiri berkat dukungan dari Gubernur Kalteng, Forkopimda Kalteng, dan semua pihak terkait lainnya. Saya juga ingin berterima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang turut membantu dalam pembangunan masjid ini,” ujar Dedi.

READ  Ganjar Minta Relawan Tak Takut Tekanan: Kuatkan Kita

Peresmian masjid tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, Ketua MUI Kalteng Profesor Dr H. Khairil Anwar, M.Ag, serta pejabat utama Polda Kalteng dan masyarakat setempat.

Irjen Djoko dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Irjen Dedi. Djoko menilai yang telah dilakukan Irjen Dedi menjadi inspirasi bagi anggota Polri lainnya.

“Ini adalah inspirasi dan contoh yang patut ditiru oleh kita semua bahwa Polri harus bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Djoko.

Usai peresmian masjid, Dedi menyalurkan 1.500 paket sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan. Dalam kesempatan ini, mantan Kadiv Humas Polri itu sempat menyampaikan pesan kepada personel Polda Kalteng dan jajaran untuk meningkatkan pengamanan Pemilu 2024, agar berjalan dengan aman.

As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo meresmikan Masjid Natabel Jannah di Palangka Raya, Kalteng Foto: dok. istimewa