20 Soal PTS Pendidikan Pancasila untuk Kelas 11 SMA Semester 2, Ayo Belajar!

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Di bawah ini terdapat 20 contoh soal PTS Pendidikan Pancasila untuk kelas XI SMA semester 2 dengan Kurikulum Merdeka yang sangat sesuai untuk dijadikan latihan. Selama separuh semester 2, siswa telah diajarkan mengenai pentingnya harmoni dalam keberagaman.

Materi ini sangat berkaitan erat dengan realitas masyarakat Indonesia yang begitu beragam, mulai dari suku, agama, ras, hingga golongan. Namun, perbedaan-perbedaan tersebut seringkali memicu konflik yang memerlukan strategi untuk diselesaikan.

Untuk menyegarkan kembali ingatan terkait materi harmoni dalam keberagaman, berikut 20 contoh soal PTS Pendidikan Pancasila kelas XI SMA semester 2 yang diambil dari Modul SMA Kemdikbudristek KD 3.6 pada hari Senin, 4 Maret 2024.

20 Contoh Soal PTS Pendidikan Pancasila Kelas XI SMA Semester 2

1. Dalam menjaga keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara, sebagai warganegara yang baik kita diharapkan mampu menjaga kerukunan antar umat beragama. Berdasarkan hal tersebut yang bisa kita lakukan adalah…..

Pada bagian sebelumnya, kita telah membahas beberapa aspek penting dalam memahami nilai-nilai Pancasila. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan mempertimbangkan pentingnya ajaran Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh soal yang dapat membantu Anda memahami materi lebih dalam:

A. Meningkatkan kesadaran budaya

B. Menghormati semua kepercayaan

C. Meyakini semua kepercayaan

D. Membantu melestarikan bahasa

E. Mengikuti semua ritual keagamaan

Jawaban: B. Menghormati semua kepercayaan

2. Sumpah Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, karena…

A. Sumpah Pemuda merupakan gerakan para pemuda Indonesia pada masa itu

B. Menunjukkan kebulatan tekad dari seluruh pemuda Indonesia yang dalam melawan penjajah untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam perjuangan meraih kemerdekaan

C. Sumpah Pemuda merupakan kesadaran para pemuda untuk melanjutkan pendidikan

D. Sumpah Pemuda merupakan ide dari penjajah untuk gerakan mahasiswa

E. Sumpah Pemuda merupakan warisan dari para pendahulu

Jawaban: B. Menunjukkan kebulatan tekad dari seluruh pemuda Indonesia yang dalam melawan penjajah untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam perjuangan meraih kemerdekaan 3. Yang bukan faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah…..

Di tengah gempuran informasi dari segala penjuru dunia, pemahaman tentang Pancasila menjadi penting untuk ditekankan. Salah satu bahan yang bisa dijadikan acuan adalah soal PTS Pendidikan Pancasila.

Penting bagi siswa kelas XI SMA Semester 2 untuk mempersiapkan diri secara baik. Tidak hanya itu, belajar materi dari soal-soal PTS juga perlu diperhatikan dengan serius.

Dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, Pendidikan Pancasila memegang peranan penting. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam perlu diperoleh sejak dini.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

D. Semangat kebersamaan

E. Proklamasi Kemerdekaan

Jawaban: E. Proklamasi Kemerdekaan

3. Menonjolkan kelebihan-kelebihan budaya sendiri dan meremehkan budaya suku bangsa lain merupakan sikap yang disebut…

Bagian ke-14 dari artikel ini membahas tentang berbagai macam sikap dan perilaku yang harus dipahami dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Sekarang, kita akan melanjutkan dengan berbagai contoh soal yang bisa membantu dalam mempersiapkan ujian PTS.

Berikut adalah beberapa contoh soal:

  1. A. Egois
  2. B. Etnosentris
  3. C. Individualis
  4. D. Hedonis
  5. E. Chauvinisme

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai salah satu contoh soal PTS Pendidikan Pancasila untuk Kelas XI SMA Semester 2. Kali ini, kita akan melanjutkan dengan menyelesaikan soal yang berikutnya. Mari kita fokus pada pembahasan atas pilihan jawaban yang tepat.

READ  Misteri Geosfer: Definisi dan Implemetasinya

Jawaban untuk soal tersebut adalah pilihan B, yaitu Etnosentris. Etnosentris memiliki pengertian sebagai sikap atau keyakinan yang menekankan superioritas kelompok sendiri daripada kelompok lain. Hal ini seringkali memicu sikap diskriminatif dan merendahkan kelompok lain.

5. Sebagai warga negara yang baik, kita berupaya menjaga keberagaman termasuk di lingkungan masyarakat. Seperti yang terlihat dalam ilustrasi…..

Pertama, Nana adalah seorang siswa yang tidak pernah menyapa rekan sekelasnya yang berbeda kelas.

Kedua, Ardi memiliki kebiasaan untuk memberikan sapaan kepada tetangganya yang memiliki keyakinan agama yang berbeda dengannya.

Ketiga, setiap hari Senin, Rara sangat antusias untuk mengikuti upacara bendera sebagai bentuk penghormatan kepada negara.

Keempat, Pak Rudi adalah contoh yang baik dalam berkendara karena selalu menggunakan helm untuk keamanan diri.

Terakhir, Pak Aan memilih transportasi umum sebagai pilihan utama saat bepergian dari rumah.

Jawaban: B. Ardi selalu memberi sapaan kepada tetangga yang berbeda agama

6. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Meningkatkan toleransi beragama

2) Menghargai setiap kebudayaan

3) Menciptakan perdamaian sosial

4) Meningkatkan kepedulian antar sesama

5) Memberi bantuan secara merata

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan penerapan sila ke-5 untuk menciptakan harmoni dalam keberagaman adalah…..

Berikut adalah pilihan jawaban untuk soal-soal PTS Pendidikan Pancasila Kelas XI SMA Semester 2:

  1. A. 1 dan 2
  2. B. 2 dan 3
  3. C. 3 dan 4
  4. D. 1 dan 3
  5. E. 3 dan 5

Pertanyaan: Berikut ini termasuk ciri-ciri yang melekat dalam kekuasaan Pancasila adalah…

Jawaban: E. 3 dan 5

7. Salah satu faktor penting yang tidak termasuk dalam pendorong tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa adalah…

A. Persamaan dan kesetiakawanan yang agung antar pemeluk agama

B. Rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah

C. Ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia

D. Tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda

E. Ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Jawaban: A. Persamaan dan kesetiakawanan yang agung antar pemeluk agama

7. Menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung kolaborasi antar siswa. Misalnya, siswa aktif dalam klub olahraga, seni, atau lingkungan. Melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa belajar bekerjasama, menghargai perbedaan, dan memupuk rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Sebelumnya, kita telah membahas beberapa contoh penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagaimana penerapan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA?

A. Ekstrakurikuler selalu menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter siswa. Kegiatan ini harus dilakukan sesuai dengan arahan pihak sekolah demi mencapai tujuan pembinaan karakter yang diinginkan.

B. Pertandingan olahraga di tingkat internasional juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila. Melalui persaingan sehat, siswa dapat belajar tentang sportivitas, kejujuran, dan kerja sama dalam mencapai prestasi.

C. Kepramukaan merupakan salah satu wadah untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan penuh kesadaran. Melalui kegiatan-kegiatan pramuka, siswa diajarkan tentang gotong royong, kepedulian terhadap lingkungan, dan kejujuran.

D. Olimpiade fisika, matematika, dan kimia di luar negeri tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kebolehan akademis, namun juga sebagai kesempatan untuk memperkenalkan nilai-nilai kebangsaan kepada dunia internasional.

E. Kegiatan penanggulangan korban bencana alam menjadi bukti nyata dari implementasi nilai-nilai kemanusiaan Pancasila. Siswa dilibatkan dalam upaya membantu sesama yang membutuhkan, serta belajar tentang kepedulian sosial.

READ  Cerita Jokowi yang Membingungkan Saat Pemimpin Dunia Memuji Istana Jakarta

Jawaban: C. Kepramukaan dengan penuh kesadaran

Keberagaman budaya bangsa Indonesia semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya perbedaan di antara manusia. Diperlukan dukungan sepenuh hati agar setiap budaya dapat berkembang. Hal ini menunjukkan pentingnya peran dan fungsi keragaman budaya sebagai…

Pendidikan Pancasila menjadi salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum di SMA. Adapun beberapa contoh soal ujian PTS Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas XI semester 2 antara lain:

  1. Mengapa pentingnya mengembangkan kebudayaan nasional dalam kehidupan sehari-hari?
  2. Bagaimana cara mendorong inovasi kebudayaan yang dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah?
  3. Apakah pentingnya sikap toleransi dalam membangun hubungan antarindividu dan antarbangsa?
  4. Mengapa sebaiknya kita memperhatikan dan melestarikan kebudayaan bangsa sendiri sebelum mengikuti kebudayaan asing?
  5. Apa dampak positif dari mempelajari dan meningkatkan pemahaman terhadap kebudayaan asing?

Sebelumnya pada soal sebelumnya, kami telah membahas mengenai peran Pancasila dalam membentuk karakter bangsa. Pada soal ke-33 ini, mari kita fokus pada aspek lain dari pelajaran Pendidikan Pancasila ini.

Soal ke-33 PTS Pendidikan Pancasila kelas XI SMA semester 2 adalah sebagai berikut:

“Manakah di antara berikut yang merupakan tugas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melestarikan budaya di Indonesia?”

A. Mewajibkan pengajaran tari daerah di sekolah
B. Mendorong inovasi kebudayaan
C. Menjaga keberlangsungan upacara adat
D. Melarang penggunaan bahasa daerah di ruang publik

Dari keempat pilihan di atas, jawaban yang benar adalah B. Mendorong inovasi kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki peran penting dalam mengembangkan dan melestarikan kekayaan budaya di Indonesia dengan cara mendorong inovasi dan kreativitas dalam berbagai bentuk seni dan budaya.

10. Pengaruh kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan karakter bangsa bisa menjadi penghalang dalam mencapai persatuan dan kesatuan…

A. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap budaya lokal

B. Memperluas pengetahuan masyarakat tentang budaya asing

C. Menambah wawasan terhadap budaya internasional

D. Memperkaya nilai-nilai budaya bangsa

E. Menyelaraskan kearifan lokal dengan perkembangan global

Jawaban: D. Melemahnya nilai budaya bangsa

11. Kain batik merupakan hasil dari budaya lokal. Menariknya berbagai daerah di Indonesia memiliki corak khas yang berbeda-beda. Kini, batik diangkat menjadi pakaian nasional. Hal ini menunjukkan peran dan fungsi keragaman budaya sebagai…

Di dalam bidang kebudayaan, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, antara lain:

  • A. Daya tarik wisata
  • B. Sikap toleransi
  • C. Mendorong inovasi kebudayaan
  • D. Mengembangkan kebudayaan nasional
  • E. Sikap intoleransi

Setiap aspek tersebut memiliki peran yang penting dalam menjaga keberagaman budaya di Indonesia.

Jawaban terhadap soal tersebut adalah pilihan D yaitu Mengembangkan kebudayaan nasional.

12. Usaha dari luar yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional adalah…

Pendidikan Pancasila pada tingkat SMA merupakan mata pelajaran yang penting untuk membentuk karakter siswa. Salah satu bentuk penilaian dari mata pelajaran ini adalah Penilaian Tengah Semester (PTS). Berikut adalah contoh soal PTS Pendidikan Pancasila untuk kelas XI SMA semester 2 yang bisa dijadikan bahan belajar:

Soal Pilihan Ganda:

  • A. Gangguan
  • B. Ancaman
  • C. Hambatan
  • D. Tantangan
  • E. Konflik

Jawaban: A. Gangguan

13. Salah satu dampak negatif dari interaksi masyarakat dengan budaya luar adalah hilangnya identitas budaya lokal. Hal ini dapat mengakibatkan tergerusnya keberagaman budaya yang ada di masyarakat.

Sebelum memahami lebih dalam materi mata pelajaran Pendidikan Pancasila, penting untuk memahami beberapa istilah kunci yang sering muncul dalam setiap diskusi. Beberapa konsep seperti Konsumerisme, Hedonisme, Disiplin tinggi, Individualism, dan Sekularisme, merupakan hal-hal yang perlu dipahami dengan baik oleh siswa. Dengan memahami konsep-konsep tersebut, siswa diharapkan dapat mengaitkannya dengan pembelajaran yang lebih luas.

READ  Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024: Cari Tahu Jadwalnya!

Soal-lah!

Jawaban: C. Disiplin tinggi

13. Contoh soal PTS Pendidikan Pancasila ini akan membahas ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang dapat mengancam nilai luhur bangsa Indonesia, mulai dari…

14. Ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang dapat mengancam nilai luhur bangsa Indonesia antara lain…

A. Melemahnya kejujuranB. Menurunnya etos kerjaC. Tingginya angka buta hurufD. Meningkatnya masyarakat melek teknologiE. Makin banyaknya pembangunan infrastruktur

Pendidikan Pancasila pada Kelas XI SMA Semester 2 menjadi salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Selain konsep dasar Pancasila, siswa juga perlu memahami aplikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban: A. Melemahnya kejujuran

14. Kita sebagai warga negara Indonesia harus mampu menghargai perbedaan dan menghormati setiap individu tanpa membuat diskriminasi. Dengan begitu, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan damai.

15. Menipisnya perilaku intoleran pada masyarakat Indonesia yang majemuk menjadi ancaman yang memecah belah bangsa. Sikap yang dapat dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan adalah….

A. Meningkatkan toleransi terhadap perbedaan

B. Menjaga keutuhan kelompok

C. Menjalin kerjasama di segala bidang

D. Menghindari keributan dengan orang lain

E. Menghargai apresiasi kelompok mayoritas

Jawaban: A. Meningkatkan toleransi terhadap perbedaan

16. Keberagaman masyarakat Indonesia adalah aset yang tidak dimiliki bangsa lain, namun juga menimbulkan potensi ancaman seperti berikut ini, kecuali….

A. Konflik antaretnis

B. Kesenjangan ekonomi

C. Gerakan separatis

D. Perilaku intoleran

E. Sikap inklusif

Jawaban: E. Sikap inklusif

16. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

17. Konflik dapat terjadi di masyarakat tetapi cara penyelesaiannya tidak boleh dengan kekerasan. Yang bukan cara penyelesaian konflik di dalam masyarakat adalah…..

Sebagai siswa kelas XI SMA, tentu kamu akan menghadapi Ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Berikut merupakan 20 contoh soal yang bisa menjadi bahan latihan untuk persiapan PTS. Yuk, belajar bersama!

A. akomodatif

B. kompromi

C. mediasi

D. ajudikasi

E. lobby

Jawaban: E. lobby

18. Salah satu upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang bersifat netral adalah…

A. akomodatif

B. kompromi

C. mediasi

D. ajudikasi

E. lobby

Jawaban: C. mediasi

19. Dalam rangka memelihara kondisi negara yang damai, setiap masyarakat berkewajiban untuk hal berikut, kecuali…

A. Pindah ke negara lain
B. Memberikan rasa hormat terhadap perbedaan suku
C. Menghargai pendapat dan kebebasan orang lain
D. Mengakui kesetaraan derajat
E. Mempraktikkan toleransi

Jawaban: A. Pindah negara

20. Melalui cara menangani konflik berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang No.7 Tahun 2012, tujuannya adalah untuk mencapai harmonisasi dan penyelesaian konflik dengan cara damai serta menjunjung tinggi keadilan dan kedamaian, sehingga konstitusi negara terpelihara dan keutuhan bangsa tetap terjaga.

Mempertegas dukungan terhadap globalisasi

Mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman dan tenteram

Menumbuhkan rasa tenggang rasa di antara masyarakat

Menjaga kelangsungan fungsi pemerintahan yang baik

Menjamin perlindungan terhadap prasarana umum yang ada

Jawaban: A. Membuka kesempatan seluas-luasnya akan globalisasi

Demikianlah 20 contoh soal PTS Pendidikan Pancasila untuk kelas 11 SMA. Bila kamu kelas 12, yuk berlatih soal-soal matematika dan fisika di Bank Soal untuk persiapan SNBT, cek di sini ya!