Sopir Avanza Terjun ke Jurang, Penyebabnya Gagal Ngerem di Tanjakan Puncak

indotim.net (Sabtu, 02 Maret 2024) – Kejadian tragis terjadi di Tanjakan Puncak, Bogor, Jawa Barat, saat sebuah Toyota Avanza meluncur tak terkendali dan akhirnya masuk ke dalam jurang di kawasan Cisarua. Insiden itu dipicu oleh kelalaian seorang sopir yang tidak mampu mengendalikan kendaraannya saat melintasi medan berat di Puncak Bogor.

Pada Sabtu (2/3/2024), sekitar pukul 11.30 WIB, kejadian tragis terjadi di Tanjakan Puncak. Sebuah Avanza meluncur tanpa terkendali dan akhirnya terperosok ke dalam jurang. Insiden ini menjadi viral di media sosial karena kejadian tersebut terjadi di jalan menuju Curug Cilember.

Video yang beredar menunjukkan mobil berwarna putih tersebut sudah tidak bisa bergerak dan terjebak di area bawah jurang.

Sejumlah warga menyaksikan kejadian mengerikan itu dari atas, sementara beberapa orang berkumpul di sekitar mobil terperosok. Dikisahkan bahwa insiden tragis tersebut berlangsung saat kemacetan dan sopir tidak mampu menarik rem tangan tepat waktu.

Dalam peristiwa tragis itu, Kapolsek Cisarua, Kompol Eddy Santosa, membenarkan kejadian tersebut. “Benar kejadiannya, lagi dicek dulu sama anggota, tapi kejadiannya benar ada. Kejadiannya siang,” ujar Eddy.

Eddy mengungkapkan, peristiwa tersebut diduga sebagai kecelakaan tunggal. Tak ada laporan korban dalam kejadian tersebut.

Insiden mengerikan terjadi di Tanjakan Puncak, di mana seorang sopir Avanza gagal mengerem dan akhirnya mobil tersebut terjun ke jurang. Saat ini, korban belum dapat dipastikan.

Detik-detik Mobil Masuk Jurang

Mobil yang terperosok ke jurang di área Puncak Bogor memiliki nomor polisi A-1763-WS. Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor, Ipda Ferdhyan, menjelaskan kecelakaan ini terjadi di Tanjakan Jogjogan menuju kawasan wisata Curug Cilember.

READ  Gus Yahya Mendebat ke-NU-an Khofifah: Diapecundangi Nasibnya

“Kendaraan bergerak dari Jalan Jogjogan menuju Curug Cilember, dalam kondisi cuaca cerah dengan rute berliku ke kiri dan menanjak,” ungkap Ferdhyan dalam keterangan resminya pada Sabtu (2/3).”

Sopir Avanza yang mengalami kegagalan dalam melakukan pengereman di tanjakan Puncak harus menyaksikan mobilnya jatuh ke dalam jurang pada hari yang tragis ini.

Kejadian memilukan ini menimbulkan kekhawatiran bagi para pengguna jalan yang sering melintasi daerah tersebut. Mari kita simak kronologinya.

Setibanya di lokasi kejadian, kendaraan berhenti untuk menunggu antrean. Pengemudi menunggu antrean kendaraan yang melaju dari arah sebaliknya atau dari Curug Cilember.

Menurut saksi mata, kejadian tragis itu berawal ketika sopir kehilangan kendali akan Avanza yang dikemudikannya.

“Pada saat bersamaan, tiba-tiba kendaraan mengalami mati mesin sehingga mengalami gagal fungsi rem,” ungkap salah seorang saksi yang berada di lokasi kejadian.

Setelah rem mobil gagal berfungsi, kendaraan itu meluncur mundur dan akhirnya terperosok ke dalam jurang. Beruntung, kecelakaan ini tidak menimbulkan korban jiwa.

“Penyebab kecelakaan itu adalah karena Pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraan di medan jalan dan kehilangan fokus, yang akhirnya mengakibatkan kecelakaan tunggal,” ungkap sumber kepolisian.

Kesimpulan

Insiden tragis di Tanjakan Puncak saat seorang sopir Avanza gagal ngerem dan mobilnya terjun ke jurang telah menjadi perhatian publik. Dikarenakan kelalaian dalam mengendalikan kendaraan dan kehilangan fokus, kecelakaan tunggal tersebut menyadarkan pentingnya kehati-hatian dalam berkendara, terutama di medan berat. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, insiden ini memberikan pelajaran berharga bagi pengguna jalan untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan dan menjaga konsentrasi saat berkendara.