Sempat Ditolak, Ustaz Riza Basalamah Akhirnya Bisa Isi Kajian di Surabaya

indotim.net (Sabtu, 02 Maret 2024) – Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah sempat mengalami penolakan dalam mengisi pengajian di Masjid Al Ikhlash, Jalan Tanjung Sadari, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Penolakan tersebut berasal dari GP Ansor Surabaya.

Menurut informasi dari detikJatim, sebelum Ustaz Riza memimpin pengajian di Masjid Al Ikhlash, pihak GP Ansor Kecamatan Krembangan sudah berinteraksi dengan pengurus yayasan tersebut. Tak lama setelahnya, GP Ansor Surabaya meninggalkan lokasi, dan pengajian berlangsung hingga selesai.

“Alhamdulillah hari ini kami menerima kunjungan dari pihak Ansor Kecamatan Morokrembangan dan telah terjalin komunikasi antara kedua belah pihak. Kami berhasil menyelesaikan permasalahan dengan baik, saling memahami satu sama lain,” ucap Ketua Pengurus Yayasan Masjid Al-Ikhlash, Sutaryono kepada detikJatim pada Sabtu (2/3/2024).

Sutaryono mengungkapnkan pihak GP Ansor meminta klarifikasi dari pihak masjid terkait pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Klarifikasi dilakukan mengingat sebelumnya pernah terjadi permasalahan dengan pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di kawasan Gunung Anyar.

Ustaz Riza Basalamah mengungkapkan, “Mereka beranggapan sama dengan yang lalu, di Gunung Anyar. Makanya tadi kami mengajak rekan-rekan. Ya, kami dengarkan kalau memang ada hal nggak benar kami hentikan bareng-bareng. Didengarkan saja,”

Meskipun awalnya mendapat penolakan dari pihak Ansor Surabaya, akhirnya masjid memberikan komitmen terkait isi kajian yang akan disampaikan oleh Ustaz Syafiq Basalamah. Pihak masjid memastikan pesan yang dihadirkan oleh Ustaz Syafiq Basamalah akan membawa kedamaian.

“Karena mereka sudah saling memahami keadaan di masjid ini, terlaksana seperti apa dan apa yang mereka khawatirkan tidak terjadi. Mereka bertanya apakah pihak masjid memberi pesan ustaz agar ceramah sejuk? Iya, kami berkomitmen, kalau ada hal-hal yang menyinggung, kami panitia yang akan menghentikan tanpa kehadiran mereka (Ansor). Kami yang akan hentikan,” jelasnya.

READ  Sungguh Mengerikan! Bocah SMP Surabaya Dicabuli oleh Ayah, Kakak, dan 2 Paman

Baca kelanjutannya dari bagian sebelumnya di sini.

Kesimpulan

Meskipun awalnya mengalami penolakan dari GP Ansor Surabaya, Ustaz Riza Basalamah akhirnya bisa mengisi kajian di Masjid Al Ikhlash, Surabaya setelah terjalin komunikasi baik antara pihak masjid dan GP Ansor Kecamatan Morokrembangan. Pihak masjid memberikan komitmen terkait isi kajian yang akan disampaikan oleh Ustaz Riza, dengan memastikan pesan yang dihadirkan akan membawa kedamaian dan memastikan isi kajian tersebut sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama.