5 Tanaman Hias Menawan untuk Mempercantik Ruang Tamu Anda

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Ada beberapa tanaman hias yang cocok untuk menjadi dekorasi ruangan, terutama untuk ruang tamu. Dengan menaruh tanaman hias di dalamnya, ruang tamu akan terlihat lebih hidup dan penuh kesan.

Selain menyegarkan, tanaman hias juga memiliki kemampuan untuk menghidupkan sudut yang kosong dan membosankan di dalam rumah. Keberadaannya dapat membuat tamu yang berkunjung ingin berlama-lama di rumah Anda.

Manfaat Meletakkan Tanaman Hias dalam Ruangan

Dengan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan juga diyakini dapat memberikan berbagai manfaat seperti berikut ini.

Satu dari banyak manfaat memiliki tanaman hias di dalam ruang tamu adalah kemampuannya dalam mengurangi debu. Tanaman dapat membantu menyaring udara dan menyerap debu. Beberapa jenis tanaman hias memiliki kemampuan khusus dalam mengurangi debu di dalam ruangan.

– Meningkatkan Kualitas Udara

Tanaman hias dapat memberikan keindahan dan kesegaran serta menciptakan atmosfer yang nyaman di dalam ruangan. Salah satu ruangan yang sering dihiasi dengan tanaman hias adalah ruang tamu. Berikut adalah 5 jenis tanaman hias yang cocok untuk menghiasi ruang tamu:

  • Monstera deliciosa
  • Tanaman monstera deliciosa memiliki daun besar dan berukir indah. Tanaman ini dapat memberikan kesan tropis dan eksotis pada ruang tamu Anda.

  • Pohon ginseng (Ficus microcarpa)
  • Pohon ginseng atau ficus microcarpa memiliki batang yang unik dan daun hijau mengkilap. Tanaman ini memberikan kesan elegan dan menyegarkan pada ruang tamu.

  • Kaktus
  • Kaktus adalah tanaman hias yang mudah perawatannya dan cocok untuk diletakkan di cuaca yang terik. Kaktus memberikan kesan yang unik dan menarik pada ruang tamu Anda.

  • Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)
  • Lidah mertua atau sansevieria trifasciata memiliki daun melengkung yang elegan. Tanaman ini dapat membantu membersihkan udara di dalam ruangan.

  • Anggrek
  • Anggrek adalah tanaman hias dengan bunga yang cantik dan harum. Tanaman ini memberikan kesan mewah dan elegan pada ruang tamu Anda.

READ  Mitos dan Fakta Bunga Edelweis: Mengungkap Keabadian Si Ratu Bunga

Dengan menghiasi ruang tamu Anda dengan tanaman hias, Anda dapat menciptakan suasana yang segar, nyaman, dan indah.

– Menjaga Kelembaban Udara

Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang sangat cocok dipilih untuk menghiasi ruang tamu Anda. Salah satu kelebihan tanaman hias adalah kemampuannya untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan.

Meningkatkan Asupan Oksigen

Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu

Mengutip dari Alacasa, pada Sabtu (25/11/2023), berikut ini adalah 5 jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di ruang tamu.

1. Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah atau Anthurium Andraeanum memiliki batang yang tipis dan daun berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna putih kehijauan.

fresh elephant ear leaf Foto: Getty Images/iStockphoto/kuarmungadd

Tanaman hias ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari panjang 20 cm hingga 40 cm dan lebar mulai dari 15 cm hingga 38 cm.

Ukuran yang beragam ini memberikan kelebihan karena dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan atau sudut yang akan dihiasi. Dengan daun yang lebar, tanaman ini menjadi pilihan sempurna untuk menjadi dekorasi yang tepat di ruang tamu Anda.

2. Sirih Gading

Tanaman yang kedua adalah golden pothos atau sering dikenal dengan nama sirih gading dalam bahasa Indonesia. Tanaman ini memiliki daun yang halus dan berbentuk seperti hati. Sirih gading termasuk dalam kelompok tanaman rambat yang melekatkan akarnya pada permukaan pohon atau dinding.

Gambar tanaman sirih gading dalam pot di dalam ruang tamu yang indah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Grumpy Cow Studios

Tanaman hias jenis Golden pothos atau sirih gading memiliki karakter kuat. Namun, tanaman ini terbukti beracun bagi hewan jika dikonsumsi, terutama bagi kucing dan anjing. Oleh karena itu, disarankan untuk merawat dan meletakkan tanaman ini di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh hewan peliharaan.

READ  Mengenal Tumbuhan Gymnospermae: Keajaiban dan Manfaatnya

3. Peace Lily

Tanaman peace lily, atau yang dikenal juga dengan nama lili perdamaian dalam bahasa Indonesia, merupakan pilihan yang sempurna untuk mempercantik ruang tamu Anda. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang bentuknya menyerupai sendok dengan tangkai yang panjang.

Peace Lily in white flower pot on wood with black background. spathiphyllum houseplant for Valentines Day Foto: Dok. Istock

Tanaman hias Lili Perdamaian termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung. Karena alasan itu, tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di ruang tamu kamu.

Memiliki bentuk yang sederhana dengan keseimbangan keindahan yang selaras, tanaman lili perdamaian akan secara otomatis menambah kesan elegan dan berkelas pada ruang tamu Anda.

4. Kaktus

Siapa yang menyangka bahwa tanaman berduri ini dapat dijadikan tanaman hias untuk ruang tamu? Kaktus dikenal sebagai tumbuhan yang sangat mudah perawatannya. Baik dalam kemampuan menyimpan air maupun kemampuan tumbuh dan bertahan pada suhu yang beragam.

Bentuk, ukuran, dan jenis tumbuhan kaktus yang beragam membuatnya selalu dipilih untuk menjadi tanaman hias yang dapat diandalkan. Variasi yang banyak tersebut membuat banyak orang mudah tertarik dengan tanaman asal berduri ini.

Kaktus Foto: (istimewa)

Tumbuhan kaktus dengan ukuran kecil dapat memberikan sentuhan manis yang minimalis pada sudut rumah yang kosong dan membuatnya menjadi fokus perhatian di ruang tamu.

5. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua memiliki daun yang tegak dan tebal dengan duri pada ujung daunnya. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan snake plant dan sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruang tamu kamu. Kamu bisa meletakkannya di sudut dekat jendela, di antara sofa, atau di samping pintu. Lidah mertua akan tetap memancarkan keindahannya di tempat tersebut.

Ilustrasi lidah mertua Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn

Ruang tamu yang dihiasi dengan kehadiran tanaman lidah mertua akan menciptakan kesan modern dan minimalis secara otomatis. Bentuk tanaman ini menguatkan tampilan tersebut. Selain itu, memelihara tanaman hias ini juga dapat mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh peralatan elektronik di sekitar karena diserap oleh tanaman lidah mertua.

READ  AS Serang Houthi di Yaman, Berburu Peluncur Rudal

Di sini akan dibahas tentang lima jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk mempercantik ruang tamu Anda. Yuk, simak ulasannya!

1. Monstera

Tanaman Monstera memiliki daun yang unik dengan pola lobus yang khas. Tanaman ini sangat populer dan menjadi pilihan favorit untuk dekorasi ruang tamu karena dapat memberikan kesan tropis dan segar.

2. Sirih Gading

Tanaman Sirih Gading memiliki daun yang berwarna hijau dengan serat putih yang cantik. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki nilai budaya dan diyakini membawa keberuntungan.

3. Peace Lily

Tanaman Peace Lily memiliki bunga yang indah berwarna putih. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk menyaring udara dan menghilangkan beberapa zat berbahaya di dalamnya, sehingga sangat cocok untuk menghiasi ruang tamu Anda.

4. Pothos

Tanaman Pothos dikenal dengan daunnya yang lebat dan tahan dalam kondisi minim cahaya. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, termasuk ruang tamu Anda.

5. Kaktus

Jika Anda mencari tanaman yang mudah perawatannya, kaktus bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman ini dapat memberikan sentuhan dekorasi yang unik dan menarik serta tidak membutuhkan banyak ruang.

Semoga informasi mengenai lima jenis tanaman hias yang cocok untuk ruang tamu dapat bermanfaat bagi Anda dalam memilih dekorasi yang tepat. Selamat mencoba!

Bagi kalian yang memiliki masalah terkait rumah, tanah, atau properti lainnya, tim detikProperti siap membantu menemukan solusinya. Apakah itu terkait hukum, konstruksi, pembiayaan, dan lain-lain, kirim pertanyaan kalian melalui email ke [email protected] dengan subjek ‘Tanya detikProperti’. Pertanyaan akan dijawab oleh pakar yang berkompeten di bidangnya.