Strategi Menabung untuk Siswa Pintar!

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Mengatur keuangan sangatlah penting bagi mahasiswa. Dengan mengelola keuangan dengan baik, kamu dapat mengetahui dengan jelas kemana sebenarnya uangmu mengalir setiap bulannya.

Dengan adanya tips ini, diharapkan mahasiswa tidak perlu khawatir uang bulanannya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Nadia Harsya, seorang Perencana Keuangan, membagikan beberapa tips penting yang bisa diikuti.

Penting untuk mengalokasikan uang saku dengan bijak, terutama untuk kebutuhan prioritas. Misalnya, seperti uang fotokopi, makanan, dan biaya transportasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

“Saat pertama kali menerima uang jajan hingga uang jajan selanjutnya. Jadi, langkah pertama setelah menerima gaji atau uang, selesaikan dulu pembayaran kosan dan beli token,” ujar dia dalam acara kolaborasi dengan BANK JAGO, di Universitas Tarumanagara, Jakarta, pada hari Selasa.

Selanjutnya, Nadia menyarankan untuk mengalokasikan sisa anggaran secara mingguan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengontrol pengeluaran daripada jika dilihat secara bulanan di mana kita cenderung merasa memiliki uang lebih banyak.

Dengan melakukan alokasi keuangan secara mingguan, kamu dapat meningkatkan kontrol diri yang lebih disiplin. Menurut Nadia, memiliki kontrol diri yang baik sangat penting guna menghindari penggunaan dana yang tidak terencana. Selain itu, alokasi mingguan juga dapat membantu membentuk kebiasaan pengeluaran uang yang sesuai dan terukur.

“Yang paling penting adalah disiplin dan kontrol diri. Dengan prinsip ini, saya merasa memiliki batas pengeluaran setiap minggunya. Misalnya, budget operasional saya per minggu adalah Rp 500 ribu. Jadi, saya membiasakan diri untuk tidak melebihi batas tersebut,” jelasnya.

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mulai Menabung

Sebelum mulai menabung, Nadia menyarankan untuk memperhatikan tiga hal penting. Yang pertama, belajarlah untuk mencari sumber penghasilan.

READ  KPU Pastikan Sukses Coblosan Susulan di Paniai

Selain itu, Nadia menekankan pentingnya untuk memperhatikan peluang pendapatan tambahan. Terlebih lagi, di era digital seperti sekarang ini, mendapatkan penghasilan tambahan menjadi lebih mudah.

Selain itu, penting juga untuk berbelanja secara bijaksana. Menurutnya, selama cara berbelanja tidak tepat, maka kita tidak akan pernah dapat mengumpulkan uang. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat membedakan antara kebutuhan yang bersifat prioritas dan keinginan belaka.

“Menurutku, penting untuk membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Kita harus bijak dalam mempertimbangkan apakah suatu hal benar-benar dibutuhkan atau hanya diinginkan,” ungkapnya.

Kesimpulan

Mengatur keuangan secara bijak sangat penting bagi mahasiswa agar dapat mengelola uang saku dengan efisien. Tips dari Perencana Keuangan Nadia Harsya, seperti melakukan alokasi keuangan mingguan, memiliki kontrol diri yang baik, serta membedakan antara kebutuhan dan keinginan, dapat membantu mahasiswa menjalani gaya hidup yang lebih terencana dan hemat.