7 Tips Merawat Innova Zenix Hybrid agar Sistem Hybrid Tetap Optimal

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid merupakan salah satu unggulan Toyota dalam kategori kendaraan elektrifikasi. Bagi para pemilik Innova Zenix Hybrid, penting untuk memahami bagaimana cara merawat mobil ini. Pasalnya, Innova Zenix Hybrid dilengkapi dengan baterai. Kesalahan dalam perawatan atau penggunaan dapat menyebabkan masalah pada fungsi hybrid.

Sesuai penjelasan dari Auto2000 dalam keterangan resmi, para pemilik atau pengguna Innova Zenix Hybrid disarankan untuk mempelajari seluk-beluk kendaraan tersebut melalui buku petunjuk penggunaan yang biasa dikenal sebagai buku manual kendaraan. Buku manual ini juga dapat diunduh dalam format soft copy melalui aplikasi MToyota.

Ventilasi di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid

Terkait komponen baterai, hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil Zenix Hybrid adalah larangan menutup kisi udara pendingin baterai yang berada di bawah jok penumpang depan.

Pada bagian tersebut terdapat motor blower yang berperan dalam mengalirkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct). Komponen tersebut tidak dapat beroperasi secara optimal jika aliran udara segar terhambat.

“Akibatnya, pendinginan baterai HV akan terganggu dan suhunya meningkat, menyebabkan overheat dan penurunan kinerja. Baterai tidak akan mampu menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat sedang diisi ulang,” tulis informasi dari Auto2000.

“Saat kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan, maka mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan,” lanjutnya.

Maka itu, penting untuk tidak menutup saluran udara intake duct HV baterai yang terletak di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid. Apa yang akan terjadi jika saluran tersebut terhalang secara tidak sengaja?

Apabila Anda memperhatikan bahwa pendinginan tidak berjalan dengan lancar dan indikator peringatan HV baterai pada panel instrumen menyala, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa air intake duct. Jika tidak menemukan sumber permasalahan di sana, segera bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

READ  Petualangan Pria Terdampar di Gunung Pancar Diselamatkan Tim SAR

Kesimpulan

Para pemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam merawat mobil hybrid ini, terutama terkait dengan komponen baterai. Penting untuk tidak menutup saluran udara intake duct HV baterai yang berada di bawah jok penumpang depan, karena hal ini dapat mengganggu pendinginan baterai dan menyebabkan penurunan kinerja. Jika terjadi masalah pada pendinginan atau indikator peringatan HV menyala, segera periksa saluran udara intake duct dan jika perlu, bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut demi menjaga sistem hybrid tetap optimal.