Zulhas Akan Bagi-bagi Susu Gratis di Lampung, Bagaimana Dampaknya Terhadap Pemilu?

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, terlihat membagi-bagikan susu kepada masyarakat di Bandar Lampung pada Kamis (11/1) lalu. Acara ini merupakan bagian dari kampanye pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Zulkifli Hasan, yang akrab dipanggil Zulhas, didampingi oleh Raffi Ahmad saat membagikan susu tersebut.

Hal ini menjadi pertanyaan publik apakah aksi bagi-bagi susu yang dilakukan Zulhas dan Raffi Ahmad di Lampung merupakan pelanggaran kampanye. Sebelumnya, beberapa kader PAN seperti Zita Anjani, Pasha Ungu, dan Uya Kuya telah mendatangi Bawaslu Jakarta Pusat.

Mereka dipanggil Bawaslu karena ada dugaan pelanggaran kampanye saat membagikan susu kepada masyarakat di acara Car Free Day Jakarta pada tanggal 3 Desember 2023. Namun, keputusan Bawaslu Jakarta Pusat menimbulkan kebingungan karena berbeda dengan keputusan Bawaslu RI.

Belum ada pemanggilan atau pernyataan dari pihak Bawaslu daerah maupun pusat terkait kampanye bagi-bagi susu oleh Zulhas di Lampung. Zulhas mengungkapkan bahwa jika Partai PAN terpilih, program bagi-bagi bansos kepada warga akan terus diperbanyak.

“PAN insyaallah kalau terpilih, kita ingin memperbanyak bantuan sosial dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk rakyat,” ujar Zulhas, Sabtu (13/1/2024).

Kesimpulan

Tindakan bagi-bagi susu yang dilakukan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), di Bandar Lampung menjadi perbincangan publik. Meskipun belum ada pemanggilan atau pernyataan resmi dari Bawaslu terkait pelanggaran kampanye, aksi tersebut menimbulkan pertanyaan apakah itu melanggar aturan kampanye. Zulhas sendiri mengungkapkan bahwa jika terpilih, Partai PAN berencana memperbanyak bantuan sosial dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

READ  GNB Allisa Wahid Bertemu SBY di Cikeas Hari Ini, Bahas Pemilu 2024