4 Pupuk Cair Aquascape Terbaik dengan Harga Murah

By | Februari 25, 2022
pupuk cair aquascape

Ekosistem di dalam aquascape mencakup banyak hal. Terdapat tanaman (baik tanaman karpet atau bahkan tanaman epifit), fauna dan lain sebagainya. Nah, semua itu pastinya membutuhkan pupuk, baik pupuk cair aquascape maupun pupuk padat sebagai nutrisi untuk menjaga kelangsungan hidup ekosistem aquascape tersebut.

Diketahui belakangan ini semakin banyak aquascaper-aquascaper baru bermunculan. Memang perkembangan aquascape sudah sejak lama, akan tetapi dewasa ini dengan perkembangan digital yang begitu pesat kemudian seolah memicu lahirnya aquascaper baru.

Disadari atau tidak, munculnya para konten kreator yang membahas kontennya tentang aquascape menjadi khasanah tersendiri bagi aquascaper baru. Syahdan, mereka belajar dan meniru. Tidak salah memang. Wajar.

Dalam proses pemeliharaannya, aquascape ternyata susah-susah gampang. Tak sedikit para aquascaper yang akhirnya berhenti di persimpangan jalan karena kendala-kendala yang harus dihadapi. Mulai dari fauna yang mati, flora mati, atau kondisi air yang tidak sesuai.

Rumit memang.

Dan terlebih, bagi para pemain aquascape yang ingin menjadi “pro” pastinya akan menghabiskan banyak anggaran.

Kali ini indotim akan sedikit berbagi tips mengenai pupuk cair aquascape yang murah, dan tentunya berkualitas. Pupuk ini bisa juga dibuat sendiri. Tapi bagi kamu yang tidak ingin ribet bisa langsung beli saja, karena saat ini sudah banyak yang menjualnya.

Aqua Green

Pupuk cair aquascape Aqua Green adalah salah satu pupuk cair 3 in 1 yang memudahkan aquascaper. Terlebih bagi pemula, karena mereka menggabungkan pupuk cair untuk awal tanam, sebelum tanam, dan setelah tanam.

Prinsip Aqua Green adalah tidak ingin membuat ribet bagi para aquascaper. Tentunya sudah disesuaikan dosisnya terlebih dahulu.

Pupuk ini diproduksi dalam 2 kemasan. Kemasan pertama berisi 200 ml dengan wadah atau botol biasa. Kemasan kedua berisi 250 ml menggunakan botol pump.

Manfaat Aqua Green

Kebutuhan tanaman air ada 2, bersifat makro dan mikro.

Kebutuhan makro adalah kebutuhan pokok tanaman supaya bisa tetap berfotosintesis. Ibarat manusia, pupuk makro ini adalah karbohidrat atau sumber energi.

Sedangkan kebutuhan mikro adalah kebutuhan yang sifatnya sebagai suplemen atau vitamin bagi tanaman. Hal ini yang menjadikan tanaman lebih berdaun cerah, batang lebih kuat, dan akar pun juga bisa menopang batang.

Nah, di dalam kandungan Aqua Green terdapat unsur yang mampu memberikan manfaat sebagai berikut;

  • Mengurangi stres tanaman.
  • Mempercepat adaptasi tanaman baru terhadap lingkungannya.
  • Proses pengakaran lebih cepat.
  • Menumbuhkan tunas baru.
  • Memberi nutrisi pada tanaman sehingga daun lebih hijau nan lebat.

Kelebihan Aqua Green

Karena pupuk ini menggabungkan kebutuhan makro dan mikro tanaman, maka tak heran banyak aquascaper pemula yang menyukainya. Anti ribet.

Selain itu, ada tambahan vitamin juga di dalamnya. Sehingga Aqua Green disebut juga pupuk 3 in 1. Pupuk ini juga AMAN bagi udang, keong, ikan, dan lainnya.

Cara pakai pupuk cair aquascape Aqua Green

Untuk penggunaan air 50 liter bisa dengan 10 ml Aqua Green atau setara dengan 1 tutup botolnya.

Apabila jumlah tanaman di dalam aquarium cukup banyak, maka bisa menambahkan dosisnya 2 x lipat.

Berikan pupuk ini 3 x dalam seminggu diimbangi dengan water change 30 – 50 % perminggu. Adapun cara menghitung volume air adalah (P x L x T) : 1.000. Penggunaan pupuk ini sebaiknya dikocok terlebih dahulu.

Setelah itu simpan pupuk ini dalam suhu ruangan sekitar 28° C.

Harga pupuk cair aquascape Aqua Green

Harga yang ditawarkan sangat terjangakau bagi kantong aquascaper pemula. Yakni dikisaran Rp 12.500 ,00 hingga Rp 16.500,00 untuk kemasan 250 ml.

Aqua Rimba

pupuk aqua rimba

Pupuk cair aquascape Aqua Rimba salah satu pupuk aquacape yang terlaris dan terjangkau bagi para aquacraper. Pupuk ini adalah produk lokal yang diproduksi di Kediri, Jawa Timur.

Pupuk Aqua Rimba dikemas dalam satu kemasan saja dengan wadah botol pump bervolume 250 ml. Hanya saja yang menarik dari Aqua Rimba adalah membedakan dari jenis kebutuhan tanaman air. Pupuk ini dibedakan berdasar kebutuhan makro dan mikro tanaman. Sehingga kemasannya pun terbagi dua, Aqua Rimba makro dan mikro.

READ  Pupuk MKP Untuk Tanaman Cabe Hasilnya Sungguh Luar Biasa

Alasan kenapa mereka membuat makro dan mikro dipisahakan adalah menurut mereka, kandungan konsentrasinya yang tinggi dari makro maupun mikro. Sehingga jika disatukan akan menghasilkan senyawa lain di mana senyawa tersebut tidak dibutuhkan tanaman.

Kelebihan Aqua Rimba

Karena kandungan pupuk dipisah berdasar kebutuhan tanaman, maka aquascaper bisa mengkira-kira jenis pupuk apa yang dibuthkan oleh tanamannya. Apakah pupuk makro ataupun mikro.

Jika hanya membutuhkan vitamin bagi daun atau akar, maka cukup gunakan pupuk Aqua Rimba mikro. Sedangkan jika tanaman membutuhkan suplay energi yang cukup banyak, maka bisa memilih Aqua Rimba makro.

Harga Aqua Rimba

Pupuk Aqua Rimba tergolong pupuk cair dengan harga masih terjangkau. Karena hanya dikemas dalam satu kemasan (250 ml), maka harga jualnya pun sama. Kisaran harga Aqua Rimba di marketplace berkisar Rp 40.000 ,00 untuk 1 paketnya, sudah mendapatkan jenis makro dan mikro.

Ulasan yang diberikan para user terkait dengan pupuk Aqua Rimba sangat memuaskan. Berhasil memperoleh rating 4,9. Ulasan yang cukup bagus.

Cara pakai pupuk cair aquascape Aqua Rimba

Karena kemasan menggunakan botol pump, maka takaran yang digunakan berdasarkan jumlah pompa.

Untuk tiap 100 liter air gunakan 2 – 3 kali pompa.

Sedangkan volume air 50 liter gunakan 1 – 2 kali pompa.

Intensitas penggunaan 1 minggu sekali baik makro maupun mikro dan jangan diberikan pada hari yang sama. Bedakan harinya.

Aquaoenix

pupuk aquaoenix

Pupuk cair aquascape yang ketiga adalah Aquaoenix. Pupuk cair ini termasuk produk lokal, dihasilkan di daerah Kediri, Jawa Timur.

Aquaoenix mengeluarkan 3 varian kemasan. Sebenarnya hanya ada 2 jenis atau varian, yang satunya adalah refillnya, dan refill pun hanya yang jenis 3 in 1.

Pupuk Aquaoenix adalah tipe pupuk yang menggabungkan unsur makro, mikro, dan vitamin atau sering disebut pupuk 3 in 1. Hanya saja Aquaoenix mengeluarkan varian pupuk untuk awal tanam.

Pupuk ini mengandung unsur hara yang cukup lengkap bagi tanaman foliar fertilizer.

Kelebihan Aquaoenix

  • Lazimnya aquascaper baru yang tak ingin ribet, Aquaoenix mengemasnya menjadi pupuk 3 in 1, menggabungkan unsur makro, mikro, dan vitamin.
  • Memiliki tingkat kelarutan tinggi terhadap air.
  • Mampu melebatkan tanaman karena kandungan nitrogen cukup tinggi.
  • Lebih cocok digunakan pada fase vegetatif, masa pertumbuhan tanaman.
  • Kandungan hara cukup lengkap.
  • Terdapat tambahan unsur-unsur mikro lainnya seperti Mangan (Mn), Boron (B), Tembaga (Cu), Cobalt (Co), dan Seng (Zn), serta vitamin-vitamin untuk pertumbuhan tanaman seperti : Anubias, Buchepalandra, Pakis Lidah, Amazon Sword, Ludwigia Repens, Jungle Vallisneria, Giant, Hairgrass, Java Moss, dan lainnya.

Kandungan pupuk Aquaoenix

  • Nitrogen (N) : 20 %
  • Pospor (P₂O₅) : 15 %
  • Kalium (K₂O) : 15 %
  • Magnesium (MgSO₄) : 1 %

Cara pakai pupuk cair aquascape Aquaoenix

  • Untuk volume air di bawah 100 liter dan kepadatan tanaman sedang gunakan 2 – 3 ml atau setara 2 – 3 pump perharinya.
  • Untuk pemupukan 3 hari sekali atau seminggu sekali, maka takaran atau dosisnya bisa dikalikan saja.
  • Simpan Aquaoenix pada suhu ruangan 28 °

Harga pupuk Aquaoenix

  • Untuk kemasan 250 ml 3 in 1 dijual dengan harga Rp 20.000 ,00
  • Kemasan 250 ml awal tanam dijual dengan harga Rp 20.000 ,00
  • Sedangkan refill 100 ml dijual Rp 7.000 ,00

Aqua Segar

Pupuk Aquascape yang keempat adalah Aqua Segar. Pupuk ini cukup detail. Aqua Segar membagi pupuknya dalam 6 kemasan. 6 kemasan ini tentunya berbeda-beda varian.

pupuk aqua segar

6 varian Aqua Segar di antaranya; awal tanam, lebat & cerah, macro, micro, proscaper, dan color up.

Kelebihan pupuk cair Aqua Segar

Karena produknya teliti dengan banyaknya varian yang ada, maka hal ini menjadi suatu keunggulan dari produk ini. Aquascaper bisa menyesuaikan kebutuhan tanaman mereka. Misal hanya membutuhkan kebutuhan fase vegetatif maka bisa menggunakan varian micro plus.

READ  9 Insektisida Untuk Cabe Keriting Karena Tungau, Grayak, dan Thrips

Apabila dirasa warna tanaman kurang tegas maka bisa menggunakan varian color up.

Varian, Harga, dan Cara Pakai Pupuk Cair Aquascape Aqua Segar

Aqua Segar Awal Tanam

Varian ini dikemas dalam 2 kemasan, yakni 100 ml dan 250 ml. Varian “awal tanam” mengandung nutrisi macro dan micro yang cukup lengkap.

Karakter varian ini cocok digunakan di awal set up aquarium. Ketika usia tanaman belum genap 2 bulan. Atau cocok digunakan pada saat setelah trimming (pemangkasan tanaman).

Pupuk ini bertujuan untuk mengurangi stres tanaman, mempercepat proses pengakaran, mepercepat proses pembentukan daun, dan mempercepat proses adaptasi tanaman terhadap lingkungan baru.

Harga Aqua Segar “awal tanam”

Untuk kemasan 100 ml dijual dengan harga Rp 18.000 ,00.

Sedangkan kemasan 250 ml dijual dengan harga Rp 32.000 ,00

Cara pakai Aqua Segar “awal tanam”
  • Varian ini sebaiknya digunakan pada aquarium agak tertutup atau bercahaya rendah.
  • Untuk 100 liter air gunakan 1 – 2 pump setiap hari dan disesuaikan dengan kepadatan tanaman di dalam aquarium.
  • Ganti air seminggu sekali.

Aqua Segar Lebat & Cerah

Varian ini juga sama dengan sebelumnya, dikemas dalam 2 kemasan yakni 100 ml dan 250 ml.

Aqua Segar “lebat & cerah” adalah pupuk Aqua Segar lanjutan dari “awal tanam”. Penggunaan pupuk ini adalah seletah tanaman berusia 2 bulan setelah tanam.

Fungsi utama dari pupuk “lebat & cerah” adalah untuk melebatkan daun, memperkuat – memperbesar batang, dan membuat daun nampak cerah nan tajam.

Pupuk “lebat & cerah” mengandung sedikit hormon untuk mempercepat pertumbuhan dan bakteri untuk mengolah excess dari fauna dan mulm serta distrus dari tanaman.

Harga Aqua Segar “awal tanam”

Untuk kemasan 100 ml dijual dengan harga Rp 17.255 ,00.

Sedangkan kemasan 250 ml dijual dengan harga Rp 31.255 ,00

Cara pakai Aqua Segar “lebat & cerah”
  • Varian ini sebaiknya digunakan pada aquarium bercahaya medium atau sedang.
  • Untuk 100 liter air gunakan 1 – 3 pump setiap hari dan disesuaikan dengan kepadatan tanaman di dalam aquarium.
  • Ganti air seminggu sekali.

Aqua Segar Macro Plus

Sesuai dengan namanya varian “macro plus” mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah relatif besar.

Ciri tanaman aquascape yang kekurangan unsur makro di antaranya; daun berwarna kuning, baik tepi dau, bercak daun, atau keseluruhan daun. Ciri lainnya adalah pertumbuhan tanaman lambat, dan tanaman menjadi kerdil. Apabila tanaman mengalami gejala yang demikian, artinya tanaman membutuhkan nutrisi macro.

Harga Aqua Segar “macro plus”

Untuk kemasan 100 ml dijual dengan harga Rp 18.500 ,00.

Sedangkan kemasan 250 ml dijual dengan harga Rp 28.500 ,00

Cara pakai Aqua Segar “macro plus”
  • Varian ini sebaiknya digunakan pada aquarium bercahaya medium atau sedang.
  • Untuk 100 liter air gunakan 5 ml atau 2 pump / setengah tutup seminggu 3 kali dan diselingi micro 2 kali.
  • Jika kepadatan tanaman cukup padat, bisa digandakan dosis / takarannya.

Aqua Segar Micro Plus

Varian ini merupakan pupuk penting bagi tanaman. Komponen penting yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah relatif yang lebih kecil dari unsur macro terdapat dalam varian ini. Tanpa nutrisi micro, batang akan lunglai, tebal dan mengkerut, efek lebih jauh rontok. Kebayang kan rasanya? Daun menjadi tebal dan mengkerut.

Manfaat micro plus

Varian “micro plus” berfungsi sebagai berikut;

  • katalisator dan sintesa bagi klorofil
  • pembentuk protein jaringan
  • aktivator enzim
  • pembentuk dan pembagi tugas sel.
Harga Aqua Segar “micro plus”

Varian micro plus terdiri dari 2 kemasan, yakni 100 ml dan 250 ml.

READ  3 Kumpulan Obat Keriting Pada Cabe, Kenali Terlebih Dahulu Gejalanya!

Untuk kemasan 100 ml dijual dengan harga Rp 18.500 ,00.

Sedangkan kemasan 250 ml dijual dengan harga Rp 28.500 ,00

Cara pakai Aqua Segar “micro plus”
  • Varian ini sebaiknya digunakan pada aquarium bercahaya medium atau sedang.
  • Untuk penggunaan 100 liter air gunakan 5ml (setara 2 pump /  setengah tutup).
  • Jika jumlah kepadatan tanaman agak banyak, maka bisa ditambah takarannya.
  • Varian micro plus diberikan 2x dalam seminggu dengan diselingi macro 3 x.

Aqua Segar Proscaper

Varian “proscaper” merupakan pupuk cair bagi tanaman aquascape dengan kandungan nutrisi yang tinggi, yakni 3 x lipat dari nutrisi micro plus.

Proscaper digunakan untuk aquarist yang menginginkan nutrisi lebih dengan tank berinjeksi CO₂ stabil dan intensitas cahaya tinggi.

Varian ini sangat cocok untuk aquarium tipe dutch style dan bagi para penggemar stem.

Fungsi pupuk “proscaper”

Fungsi utama dari pupuk “proscaper” adalah untuk memberikan nutrisi lebih terhadap tanaman tiap minggunya, sehingga Anda bisa yakin bahwa ketika ada masalah maka masalahnya bukan terletak pada nutrisinya, melainkan CO₂ / sinar cahaya / sirkulasi airnya.

Sehingga menjadi lebih mudah untuk menemukan solusinya, misal seperti apakah harus menambah CO₂ atau meningkatkan arus air dalam aquarium.

Harga Aqua Segar “proscaper”

Harga varian proscaper agak berbeda dari varian lainnya, dan varian ini hanya ada dalam 1 kemasan 250 ml saja.

Kemasan 250 ml “proscaper” dijual dengan harga Rp 32.900 ,00

Cara pakai Aqua Segar “Proscaper”
  • Varian ini sebaiknya digunakan pada aquarium bercahaya tinggi.
  • Penggunaan 100 liter air adalah 2 pump (pencet), setara dengan 4 ml.
  • Berikan “proscaper” seminggu sebanyak 3 kali dengan diselingi “color up” dan “micro plus”.
  • Penggunaan pupuk “proscaper” sebanyak 4 ml akan menambah 7,2 ppm zat kalium, 7,7 ppm nitrat, 0,5 ppm fosfat, dan 0,8 ppm zat magnesium.
  • Dosis menyesuaikan target aquascaper itu sendiri.

Aqua Segar Color Up

Bagi Anda yang memiliki aquarium dengan corak berwarna merah, atau nampak pucat seperti tak hidup, maka cocok menggunakan varian color up ini.

Pupuk cair varian ini adalah yang terakhir alias keenam dari produk Aqua Segar. Pupuk cair ini mengandung nutrisi dan trace element. Selain itu, “color up” mengandung hormon antisianin dan karoten.

Pupuk ini termasuk salah satu pupuk yang sangat penting, jadi perhatikan arus air yang merata di dalam aquarium, dan jagalah suhu aquarium tetap di bawah 28° C.

Fungsi pupuk “color up” adalah sebagai berikut;
  • Mencegah terjadinya warna daun memudar.
  • Meningkatkan kualitas warna daun dan kondisi tanaman anda, merah, oranye, kuning, bahkan hijau daun dengan warna yang tajam.
Harga Aqua Segar “color up”

Harga varian terjangkau, dan setara dengan varian “proscaper”. Varian ini dijual dengan 2 kemasan, 100 ml dan 250 ml.

Kemasan 250 ml “color up” dijual dengan harga Rp 32.900 ,00

Sedangkan kemasan 100 ml dijual dengan harga Rp 19.500 ,00.

Cara pakai Aqua Segar “color up”
  • Setiap 100 liter air berikan 2 ml (kurang lebih 1 pump) berbarengan dengan penggunaan varian “micro plus” atau varian “cerah & lebat”.
  • Pemberian pupuk “color up” secara bertahap. Jika dosis dirasa kurang, maka tambahkan sedikit. Apabila mulai muncul lumut berarti tanda bahwa nutrisi sudah tidak dapat diserap tanaman sampai habis.
  • Jangan pernah lupa untuk mengganti air 20 – 50% pada hari ke-7.
  • Iringi penggunaan “color up” ini dengan penambahan cahaya dan CO₂ yang cukup.
  • Perlu diketahui pula, rumus cahaya standar adalah 0,8 watt per liter air untuk lampu bohlam atau T5.

Demikian tadi ulasan cukup panjang mengenai 4 pupuk cair aquscape terbaik, dan tentunya murah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *