8 Filosofi Mawar Putih yang Menakjubkan, Lambang Kesucian Abadi

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga mawar yang seringkali terlihat adalah mawar merah. Namun, tahukah kamu bahwa bunga mawar memiliki beragam jenis dan juga warna? Mulai dari warna merah yang paling familiar, merah muda, kuning, biru, hitam, hingga putih. Beragam warna pada bunga mawar, tentu saja melambangkan simbol yang berbeda-beda.

Terkait hal tersebut, mawar putih adalah salah satu jenis mawar yang sangat menarik dan memiliki simbol yang beragam. Mengutip buku berjudul 5 Khasiat Dibalik Keharuman Mawar (2023), mawar putih sering disimbolkan sebagai lambang kesucian. Tak hanya itu, mawar putih juga memiliki filosofi sebagai cinta yang abadi dan tulus.

Oleh karena itu, mawar putih seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang romantis. Mawar putih biasanya digunakan dalam acara pernikahan karena kemurniannya. Sehingga sangat sempurna apabila digunakan sebagai dekorasi dalam pesta pernikahan.

Lantas apa saja filosofi lainnya dari mawar putih? Simak penjelasannya di bawah ini.

Filosofi Mawar Putih

1. Kesucian dan Kemurnian

Mengutip melalui laman Blooms, mawar putih melambangkan kesucian dan kemurnian. Warna putih yang bersih, polos, dan tanpa corak identik dengan kesucian dan kemurnian. Tidak heran rasanya jika mawar putih sering digunakan dalam pesta pernikahan, perayaan, dan acara lainnya.

Mawar putih dalam bahasa Jepang disebut sebagai shiroibara yang artinya kain putih. Oleh karena itu, mawar putih bisa dianggap sebagai simbol dari kesucian dan kemurnian.

READ  Kejadian langka: Bambu Mekar Sekali Dalam 120 Tahun dan Terkait Ramalan Bencana di Jepang

2. Keabadian dan Kekuatan

Mawar putih juga melambangkan keabadian dan kekuatan. Mawar putih dikenal sebagai bunga mawar yang tahan “banting”, maksudnya bunga mawar putih tidak mudah mati. Karena ketahanan mawar putih terhadap perubahan dan waktu, melambangkan betapa cinta bisa abadi dan melampaui batas-batas dunia yang ada. Mawar putih juga mengajarkan kita akan kekuatan cinta yang kekal, tidak mudah pudar, dan selalu ada dalam hati.

3. Cinta Sejati

Mawar putih dijadikan sebagai simbol cinta sejati. Oleh karena itu, bunga mawar putih biasanya digunakan sebagai hadiah bagi orang terkasih. Tak jarang mawar putih juga digunakan saat akan melamar sang pujaan hati.

Dalam pesta pernikahan sendiri, mawar putih sering dijadikan buket pernikahan. Hal ini dikarenakan, mawar putih mewakili cinta sejati serta komitmen dalam memulai hidup baru bersama pasangan. Mawar putih yang tanpa bercak noda atau warna lain ini juga dilambangkan sebagai cinta yang akan terjalin selamanya.

4. Duka Cita

Mawar putih sering kali terlihat di area pemakaman. Ketika membawa mawar putih saat pemakaman, itu dapat melambangkan rasa duka yang mendalam. Oleh karena itu, mawar putih kadang dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat spiritual. Dalam hal emosional, membawa mawar putih bisa menggambarkan kedamaian untuk keluarga, kerabat, dan sahabat yang sedang berduka.

5. Penghormatan dan Penghargaan

Mawar putih merupakan simbol penghormatan dan penghargaan. Hal ini dapat diartikan sebagai ungkapan apresiasi kepada orang terkasih, sahabat, dan keluarga. Mawar putih sering digunakan untuk menyampaikan rasa syukur, ucapan terima kasih, dan hormat. Tak jarang, mawar putih diberikan kepada seseorang yang telah meninggal sebagai ucapan perpisahan dan penghormatan terakhir kepada orang terkasih.

READ  Arti Bunga Foxglove: Ketidaktulusan dan Ambisi dalam Lalat Pucat

6. Keberuntungan

Mawar putih melambangkan keberuntungan. Oleh karena itu, mawar putih cocok diberikan kepada keluarga, kerabat, atau teman yang baru saja pindah. Mawar putih melambangkan awal baru dalam kehidupan. Dengan memberikan mawar putih, kita dapat memberikan sambutan pada babak baru dalam kehidupan mereka.

7. Perpisahan dan Penghancuran

Di beberapa negara dan budaya, mawar putih ternyata melambangkan hal yang cukup menyedihkan. Mawar putih digambarkan sebagai simbol perpisahan dan penghancuran. Mawar putih digunakan untuk menyampaikan pesan perpisahan kepada kerabat, kekasih, ataupun keluarga dengan penuh kehormatan dan kedamaian. Mawar putih juga bisa digunakan sebagai simbol penghancuran yang menggambarkan bahwa suatu hal atau masa telah mencapai akhir.

8. Keanggunan dan Keindahan

Mawar putih menampilkan kesan yang anggun. Bentuk kelopak yang lembut, dikombinasikan dengan aroma mawar yang khas, membuat mawar putih menciptakan gambaran tentang keindahan. Keindahan ini sangat menarik, sehingga akan membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. Jika ingin menghadirkan kesan yang elegan dan anggun, mawar putih bisa digunakan sebagai dekorasi pesta, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, mawar putih memiliki beragam filosofi yang menakjubkan. Mawar putih melambangkan kesucian, keabadian, dan cinta sejati. Selain itu, mawar putih juga digunakan untuk mengungkapkan duka cita, penghormatan, dan penghargaan. Di beberapa budaya, mawar putih juga melambangkan keberuntungan dan perpisahan. Tidak hanya itu, mawar putih juga menampilkan keanggunan dan keindahan yang membuatnya selalu menarik untuk dijadikan dekorasi dalam berbagai acara. Mawar putih benar-benar memiliki simbolisme yang kuat sebagai lambang kesucian abadi.