Ganjar: Keberagaman di Indonesia, Tidak Ada yang Lebih Berjasa

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyampaikan pandangannya bahwa Indonesia merupakan negara Berbhineka Tunggal Ika. Beliau menegaskan bahwa tidak ada individu atau kelompok yang dapat mengklaim diri mereka sebagai pihak yang paling berjasa bagi negara ini.

Hal itu disampaikan oleh Ganjar dalam sambutannya saat menghadiri acara Doa Bersama Lintas Agama di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1/2024). Ganjar menegaskan bahwa tidak ada yang dapat menghindari keberagaman di Indonesia.

“Kita hidup di negara yang Berbhineka Tunggal Ika, dan Kebhinekaan ini kita tidak bisa menghindari,” kata Ganjar.

“Maka kita para pendiri bangsa dulu sudah menggariskan dengan Bhineka Tunggal Ika ya ini lah kita. Tidak ada satupun yang bisa mengklaim bahwa ia paling berjasa, pada rakyatnya. Tidak ada,” sambungnya.

Ganjar menyatakan bahwa saat ini tugas mereka adalah berikhtiar. Dia menegaskan bahwa dukungan dari para tokoh lintas agama merupakan salah satu semangat baginya.

“Tugas kita semua adalah berikhtiar, jadi ketika ikhtiar melawan dan partai-partai sudah secara masif bergerak, maka malam ini kita melakukan ikhtiar lainnya,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memaparkan pandangannya tentang pentingnya keberagaman di Indonesia. Menurutnya, para tokoh agama yang berasal dari berbagai latar belakang merupakan contoh nyata dari semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Ganjar juga menekankan bahwa Indonesia akan semakin indah jika keberagaman tersebut diapresiasi dan dijaga dengan baik. Ia berpendapat bahwa tak ada satu pun pihak yang bisa mengklaim dirinya paling berjasa dalam memperkuat keberagaman di negara ini.

Artikel ini merupakan artikel ke-7 dalam seri wawancara dengan Ganjar Pranowo. Dalam artikel sebelumnya, Ganjar juga menyoroti pentingnya toleransi dan kesatuan dalam merawat kebhinekaan di Indonesia.

READ  Tersangka Pemberi Suap Bayar Uang Pengganti Rp 100 Juta kepada Eks Kepala BPN Lebak

“Maka hiduplah keberagaman itu dengan nyaman, maka itulah kemudian spirit kebersamaan dengan warna-warni yang kita miliki,” jelas dia.

“Pelangi itu tidak indah hanya satu warna, dan sekian warna yang ada di pelangi, itulah yang bikin mata kita menjadi bersinar-sinar. Setiap warna di pelangi itu lah yang bikin kita bersinar-sinar kompak,” imbuhnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengingatkan bahwa kita hidup di negara yang berbhineka. Dalam konteks ini, tidak ada satu pun pihak yang bisa klaim diri mereka sebagai yang paling berjasa.

“Terima kasih pada semua tokoh lintas iman, saya juga berdoa agar semua bapak ibu tetap rapatkan barisan. Tinggal 31 hari lagi, kita akan berjuang sekeras-kerasnya, berjuang sekuat-kuatnya, berjuang sejujur-jujurnya. Kita akan membawa harkat dan martabat bangsa ini,” pungkas Ganjar.

Kesimpulan

Ganjar Pranowo, Calon Presiden nomor urut 3, menekankan pentingnya keberagaman di Indonesia dan bahwa tidak ada yang dapat mengklaim diri mereka sebagai pihak yang paling berjasa bagi negara ini. Dalam pandangannya, keberagaman tersebut harus diapresiasi dan dijaga dengan baik. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para tokoh lintas agama yang memberikan dukungan dan meminta untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi Pemilihan Presiden yang akan datang. Dengan semangat kebersamaan dalam keberagaman, Ganjar berkomitmen untuk membawa harkat dan martabat bangsa Indonesia.