Kebun Teh Tambi, Wisata Kebun Wonosobo

By | September 11, 2022
Kebun Teh Tambi

Berlibur rasanya jadi kegiatan wajib setelah beraktivitas di hari kerja.  Menikmati udara segar khas pedesaan mungkin bisa jadi pilihan tepat untuk kamu nih.  Ada rekomendasi wisata alam yang recomended untuk dikunjungi,  yakni agrowisata kebun Teh Tambi. 

Tempat wisata satu ini cukup populer di media sosial dan membuat penasaran beberapa warganet.  Kebun teh Tambi sendiri terdiri atas tiga wilayah,  meliputi Tambi,  Pedagah,  dan Tanjung yang luasnya mencapai 830 hektar,  sangat luas bukan?  Cocok untuk berlibur bersama keluarga besar atau jadi lokasi gathering. 

Sebelum berkunjung kesini,  kamu wajib nih baca beberapa informasi seputar wisata Kebun Teh Tambi agar wawasan sebelum berlibur makin bertambah.  Yuk, simak selengkapnya di bawah ini:

Sekilas tentang Agrowisata Kebun Teh Tambi

Kebun teh ini sendiri berlokasi di Desa Tambi,  Kecamatan Kejajar,  Kabupaten Wonosobo,  Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di area paling tinggi yakni 1.400 hingga 2.100 meter diatas permukaan laut membuat wisata satu ini memiliki udara dan suasana yang segar serta sejuk.  Menariknya,  perkebunan Tambi sudah ada sejak tahun 1865 yang pertama kali didirikan oleh Pemerintah Belanda. 

Setelah kemerdekaan,  barulah kebun teh ini diambil alih oleh Indonesia dan diganti namanya menjadi NV.  Akses jalan menuju lokasi terbilang mudah dengan banyaknya fasilitas kendaraan yang bisa ditumpangi. Cocok sekali untuk jadi destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat. 

Bentang alam pegunungan serta perbukitan menjadi daya tarik tersendiri.  Tak ketinggalan agrowisata terkait budidaya teh dengan fasilitas tur keliling dan kunjungan pabrik teh yang bisa menambah pengetahuan tentang pengolahannya. Hamparan hijau yang terbentang sejauh mata memandang bisa jadi obat healing untuk melepas penat setelah hari bekerja yang melelahkan. 

Banyak Kegiatan yang Bisa Dilakukan Wisatawan

Berlibur sambil belajar mungkin jadi pilihan terbaik untuk mengajak keluarga dan sikecil.  Selain bisa melepas penat,  kita juga bisa menambah wawasan seputar pengolahan teh hingga bisa dikonsumsi. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.  Untuk informasi lebih lanjut,  yuk simak ulasan selengkapnya:

READ  Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

Tour Kebun Teh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya,  kebun teh ini memiliki sejarah yang amat panjang.  Sempat dipimpin oleh Pemerintah Belanda,  namun setelah kemerdekaan pengalihan lahan menjadi milik negara resmi dilakukan. Tanaman teh memang sangat subur jika ditanam di dataran tinggi seperti daerah Tambi.  

Jadi selain jadi penghasil teh,  Kebun Teh Tambi juga dimanfaatkan menjadi agrowisata yang bisa menambah sumber penghasilan daerah dan masyarakat sekitar.  Adapun agrowisata yang ada di kebun teh ini adalah tea walk dan factory tour.  Kamu bisa berkeliling kebun teh ditemani guide dengan jarak tertentu.  Adapun rutenya yaitu mulai dari 1-2 KM,  3-4, hingga jarak 5-6 KM.  

Pemandu tour ini tentu bukan orang sembarangan.  Mereka yang dipilih adalah orang yang memiliki pengetahuan yang banyak mengenai sejarah teh Tambi. Tersedia paket wisata yang beragam sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan budget. Bahkan,  di salah satu paket wisata disediakan kegiatan memetik teh dengan peralatan yang disediakan seperti gunting pemetik hingga keranjang. 

Tur Pabrik Teh

Tak berhenti sampai di tea walk saja,  kamu juga bisa belajar bagaimana cara pengolahan teh hingga layak dikonsumsi.  Agrowisata Teh Tambi memproduksi teh hitam sebagai olahan utamanya.  Tentu kamu sudah mengetahui berapa besar manfaat jenis teh satu ini untuk kesehatan bukan?  

Para wisatawan bisa melihat tahapan pengolahan teh mulai dari memetik,  pelayuan,  hingga pengeringan.  Semua ini bisa disaksikan di pabrik teh asli dan secara langsung tanpa perantara apapun. Tentu, ini bisa jadi insight positif untuk tahu lebih jauh bagaimana teh yang siap saji itu diolah sedemikian rupa. 

Aneka Rekreasi

Selain belajar tentang sejarah kebun teh Tambi, pengunjung juga bisa menikmati aneka rekreasi seru yang disediakan di kebun.  Kamu bisa mengadakan piknik keluarga pada lahan yang sudah disediakan,  atau mengikuti berbagai outbound seru lainnya.  Salah satunya adalah flying fox yang disediakan khusus untuk anak dan juga orang dewasa.

READ  Mangunan Jogja Spot Wisata Hutan Pinus

Untuk yang datang rombongan tak perlu khawatir,  karena tersedia juga paket wisata yang tentunya bisa lebih hemat.  Setelah puas bermain,  pengunjung bisa bersantai sambil menikmati makanan restoran yang menyediakan menu khas Wonosobo yang tentu bisa memanjakan lidah. Pasti makan akan lebih nikmat dengan suasana serta udara yang sejuk ini. 

Kegiatan Bersepeda

Area yang luas tentu memungkinkan siapapun untuk bersepeda.  Nah,  agrowisata Kebun Teh Tambi juga menyediakan kegiatan ini lho.  Trek kebun ini cukup menjadi favorit karena tergolong menantang.  Jalurnya cukup lebar dan membentang di sepanjang kebun teh. Dilengkapi kontur tanah yang sedikit tidak rata karena bebatuan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pesepeda. 

Mengayuh sepeda di jalan  menanjak ataupun menurun rasanya begitu menantang.  Terlebih lagi suasananya yang segar dengan view hijau menjadi nilai plus saat bersepeda di kebun teh ini.  Tambi harus jadi bucket list kamu dalam bersepeda! 

Alamat Lengkap dan Akses Jalan Kebun Teh Tambi

Agrowisata ini secara akses sangat mudah dijangkau. Terletak di lereng Gunung Dieng,  Desa Tambi Kecamatan Kejajar.  Sekitar 20 km dari pusat kota,  bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. 

kebun teh tambi

lokasi kebun teh Tambi

Kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam nan indah Kota Wonosobo di sepanjang perjalanan menuju agrowisata ini.  Sedikit catatan, agar bisa mendapatkan view yang menarik pastikan kamu datang saat cuaca sedang bersahabat ya. 

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Teh Tambi

Bukan hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan,  kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas penunjang.  Termasuk didalamnya:

  • Parkiran yang luas
  • Tempat makan
  • Mushola
  • Arena bermain
  • Toilet
  • Camp dan piknik area
  • Dll

Kabar baiknya,  untuk masuk ke dalam agrowisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun.  Kamu hanya perlu membayar uang parkir saja.  Namun,  untuk wahana serta tour keliling kebunnya tetap dikenakan biaya ya. Jangan khawatir,  harganya tidak akan menguras dompet. 

READ  9 Destinasi di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Penginapan di Kebun Teh Tambi

Bagi wisatawan dari luar daerah juga tak perlu khawatir akan menginap dimana,  pihak penyelenggaraan kebun Teh Tambi pun sudah menyediakan penginapan yang nyaman. Akomodasi penginapan ini bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin merasakan menginap di tengah perkebunan teh yang sejuk. 

Dinamakan pondok wisata,  penginapan Tambi ini mengusung tema rumah Joglo khas Jawa.  Bangunannya banyak dihiasi dengan bata merah dan beberapa warna cerah. Cukup kontras namun tetap serasi dengan suasana alam yang masih sejuk.  Kamu juga menikmati taman-taman yang asri dengan area parkir yang luas sehingga memungkinkan banyak pengunjung untuk parkir kendaraan. 

Menariknya,  seluruh penginapan ini diberi nama yang menyerupai nama-nama yang ada di alam.  Seperti,  Flower Room,  Moungai Room,  Cemara Room,  Kersen Kembar,  Teratai Room,  dan beberapa nama yang tak asing lainnya.  Seluruh villa dilengkapi fasilitas mulai dari 2 hingga 10 kamar.  Tak ketinggalan juga toilet dan beberapa kursi dalam hingga luar rumah yang biasa kamu gunakan untuk bersantai sambil menikmati kopi. 

Dengan berbagai fasilitas dan pemandangan yang indah ini tentu kamu tidak ingin ketinggalan untuk menikmatinya juga bukan?  Yuk segera berkunjung dan menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta di kebun teh Tambi Wonosobo. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *