Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

By | Agustus 11, 2021
Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

 

Hai sobat piknik. Siapa sih yang ga tau Pantai Parangtritis. Yup, kali ini mimin akan explore pantai parangtritis. So, baca dengan pelan ya. Sudah masyhur sejak zaman baheula Pantai Parangtritis menjadi ikon kota Jogja. Tidak sempurna liburan seseorang ke Jogja kalo belum nyicipin asinnya air Pantai Parangtritis ini sob, hehe.

Letak Pantai Parangtritis

Pantai ini terletak di pesisir selatan Kabupaten Bantul dengan jarak dari pusat kota ke pantai sekitar 27 km. Jalanan aspal hot mix yang halus nan mulus menuju pantai ini semakin menguatkan bahwa Parangtritis adalah ikon destinasi wisata kota Jogja. Kamu bisa ke sini dengan kendaraan pribadi ya, karena angkutan dalam kota ke pantai ini sudah sangat jarang. Kalo sobat piknik mau agak irit, sobat bisa rental motor buat jalan-jalan muterin kota Jogja. Murah kok kisaran 50rb rupiah perhari. Ujung timur dari pantai ini adalah pantai Parangkusumo, pantai yang seperti surga tersembunyi. Kalian juga bisa menyempatkan diri jalan kaki ke sini ya, ga jauh kok bahkan di sana ada air terjun sungai kecilnya lho.

Pantai Parangtitis secara geografis langsung menghadap ke Samudera Hindia. Pantai ini terkenal karena mempunyai bibir pantai yang panjang sekitar lebih dari 2 km, mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Hanya saja pasir pantai ini berwarna hitam karena mengandung banyak bijih besi. Sebagai buktinya di sekitar pantai ini ada tempat yang sering dijadikan obyek wisata lho, gumuk pasir. Lokasinya ada di sebelah utara pantai, tempat ini juga sering dijadikan latar belakang pembuatan film karena eksotis tempatnya. Tiket masuk ke pantai ini 10rb. Tentunya tidak termasuk ongkos parkir ya.

Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

O iya sob, yang perlu kamu ketahui, pantai ini juga punya banyak palung di bibir pantai dan memiliki ombak yang besar. Ombak yang besar ini sudah sering merenggut banyak korban, jadi kamu musti sangat berhati-hati untuk main air di sini. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi atau sore hari.

READ  9 Destinasi di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Menikmati sunset di tempat ini adalah pilihan yang tepat. Kalo siang hari mimin ga nyaranin deh, soalnya pasti panas banget secara di bibir pantai jarang pohon yang tumbuh walaupun banyak persewaan payung buat santui. Di sini ada juga sewa dokar sama motor ATV, dan tentunya banyak warung dan toilet sehingga kamu ga perlu takut kelaperan. Jika sobat piknik mau ngehabisin waktu di Parangtritis, jangan hanya di Parangtritisnya aja.

Pantai Parangkusumo

Ada banyak destinasi menarik di sekitar Parangtritis yang beberapa akhir tahun ini cukup viral untuk dijadikan tempat wisata. Di antaranya, sebelah timur ujung Parangtritis ada pantai Parangkusumo, sebelah baratnya ada pantai Depok dengan ciri khasnya banyak perahu nelayan dan warung ikan bakarnya (cocok bagi yang mau makan ikan bakar, pilihan ikannya banyak dan segar).

Sebelah utaranya ada gumuk pasir, di mana film AADC 2 ada beberapa scene mengambil sudut latar belakang di tempat ini. Di timur lautnya ada sebuah bukit dengan view sunset terbelah oleh garis bibir pantai dan begitu nikmat merasakan hempasan angin laut menampar muka. Yup, Bukit Paralayang. Tentunya kamu harus memilih mau di mana menghabiskan sore untuk menyakskan sunset, antara Bukit Paralayang atau Parangtritis. Sekian dari mimin sob, salam sehat biar bisa piknik terus.

parangtritis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *