9 Destinasi di Kebun Raya Cibodas Cianjur

By | September 13, 2022
Kebun Raya Cibodas

Indonesia selalu menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan. Ketenarannya bahkan dikenal hingga luar negeri,  salah satunya adalah Kebun Raya Cibodas yang termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Wiyata ini selalu menawarkan keseruan yang membuat siapapun yang sudah berkunjung merasa rindu dan bagi yang belum tentu akan merasa sangat penasaran. 

Destinasi wisata Kebun Raya Cibodas menawarkan keindahan alam dan berbagai pelajaran berharga yang bisa didapatkan sekaligus saat berlibur kesini.  Setiap harinya selalu ramai dikunjungi,  khususnya di akhir pekan. Bagi kamu yang tertarik ingin berkunjung,  yuk simak sekilas info penting terkait Kebun Raya Cibodas ini:

Sekilas Tentang Kebun Raya Cibodas

Kebun ini bahkan sudah dikenal sejak dulu kalah dikarenakan termasuk salah satu peninggalan penjajahan Belanda pada tahun 1850 an.  Dahulu,  Kebun Raya Cibodas dibangun oleh kurator asal Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann yang menamakannya Bergtuin te Tjibodas 11 April 1852.

Pada mulanya,  pembangunan Kebun Raya Bogor diperuntukkan sebagai lokasi aklimatisasi berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari luar negeri, tanaman yang tergolong bernilai ekonomi tinggi. Seiring waktu, lokasi aklimatisasi ini diberi nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas yang setiap tanggal 11 April selalu dirayakan sebagai hari jadinya. 

Sedikit informasi,  bagi pengunjung yang berlibur pada tanggal jadi Kebun Raya berkesempatan mendapat tiket masuk secara gratis. Lalu,  pada tahun 2003 diresmikan statusnya menjadi Unit Pelaksana Teknis Mandiri Balai Konservasi Tumbuhan di bawah kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati lipi. 

Apa saja yang Bisa Dinikmati di Kebun Raya Cibodas? 

Selain tempat bersejarah,  kebun raya Cibodas juga menawarkan destinasi wisata yang beragam.  Keindahan alamnya juga termasuk juara dengan beragam koleksi pepohonan. Berdasarkan data yang tercatat,  ada sekitar 5831 sample tanaman dari 1206 jenis yang hidup di pepohonan muda dan juga tua.  Tentu saja pengetahuan seputar tanaman ini akan semakin bertambah jika berkunjung ke kebun raya ini. 

READ  Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

Lalu apa saja sih spot-spot yang bisa kamu kunjungi di Kebun Raya Cibodas? 

Berikut ini daftarnya:

Taman Sakura

Kini menikmati taman sakura tidak harus pergi ke Jepang,  sebab Indonesia juga punya.  Kamu bisa menikmati pemandangan kebun sakura ala Jepang di Kebun Raya Cibodas. Ini menjadi daya tarik sendiri mengingat bunga sakura seharusnya hanya bisa tumbuh subur ditanah 4 musim saja. 

kebun raya cibodas

bunga sakura yang hanya setahun 2 kali bersemi

Kebun Raya Cibodas yang notabenenya merupakan kawasan yang berada di ketinggian 1400 m dari permukaan laut cukup subur untuk ditumbuhi pohon sakura inu.  Nilai plusnya lagi,  kamu bisa menikmati pohon sakura berbunga sebanyak dua kali di Kebun Raya ini.  Jika di Jepang hanya mekar pada bulan april (musim semi),  bunga sakura di kebun raya berbunga pada pada bulan Januari-Februari,  dan Juli-Agustus. Sangat menakjubkan bukan? 

Rumah Kaca

Spot berikutnya yang bisa kamu kunjungi ada rumah kaca yang dijadikan sebagai tempat konservasi dan dibangun untuk melindungi beberapa spesies tanaman. Meliputi kaktus,  anggrek,  dan banyak lagi lainnya yang sudah terancam lunah.  Jumlah koleksinya juga terbilang banyak,  sekiya 350 jenis kaktus,  360 anggres,  dan lainnya yang secara keseluruhan mencapai 4000 jenis varian tanaman unik.  

Araucaria Avenue

Menikmati alam sambil menyusuri jalan batu mungkin bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.  Kebun Raya Cibodas menamakan jalanan batunya araucaria avenue yang tersusun rapi dari wisma tamu hingga kolam besar. Meski hanya jalan yang di tempat lain juga tersedia,  ada hal menarik yang menjadi nilai plus dari jalan ini,  yakni hadirnya pohon Araucaria yang kokoh dan sudah aja sejak 1866 silam. 

Air Terjun Cibeureum

Bagi kamu yang suka hal menantang,  mengunjungi air terjun Cibeureum mungkin bisa jadi pilihan tepat.  Air terjun ini letaknya ada di area taman nasional gunung Gede Pangrango. Airnya mengalir sangat deras,  terlebih saat musim hujan.  Memiliki tinggi sekitar 50 meter di atas ketinggian 1675 di atas permukaan laut. 

READ  Mangunan Jogja Spot Wisata Hutan Pinus

Untuk bisa sampai kesini,  kamu akan melewati jalur pendakian Gunung Gede Pangrango yang melewati Cibodas.  Ada papan penunjuk yang akan mengarahkan hingga tiba di lokasi air terjun. 

Bunga Bangkai Raksasa

Siapa yang tak kenal dengan bunga Raflesia Arnoldi?  Tanaman ini sangat langka dan sangat dilindungi dari kepunahan.  Kamu yang berkunjung kesini bisa menyaksikan langsung wujud bunga bangkai ini.  Dengan baunya yang menyengat cukup menarik perhatian pengunjung. Menariknya,  meski bau bunga rafflesia hanya berbunga sekitar 4 tahun sekali, dan rekor bunga tertinggi muncul. Di tahun 2022, dengan ketinghian mencapai 3 meter.

Genangan Air dan Taman Lumut

Spot berikut nya yang cukup menarik untuk disinggahi adalah genangan air yang jernih dan dingin.  Berasal dari aliran sungai Cibogo Gunung Gede.  Pihak penyelenggara memanfaatkan aliran menjadi salah satu wahana yang cukup diminati pengunjung sejauh ini. 

Tak ketinggalan pula taman lumut yang terdapat sekitar 235 jenis lumut.  Jika dilihat,  semua tampak begitu hijau dan menyegarkan mata.

Koleksi Tumbuhan Paku

Kebun ini juga mengoleksi aneka tumbuhan paku,  tersedia sekitar 34 jenis dari seluruh Indonesia.  Tanaman ini sudah sangat terkenal karena biasa dimanfaatkan menjadi obat-obatan juga sebagai media tanam. 

Taman Rhododendron

Tak kalah menarik dari taman sakura,  lumut dan lainnya adalah taman Rhododendron yang menyediakan berbagai jenis bunga  dari beberapa negara seperti Jepang, China,  dan juga Indonesia.  Kamu akan sangat dimanjakan dengan keindahannya saat mampir kesini. 

Kolam Besar

Tak ketinggalan pula kolam besar yang merupakan habitat berbagai tumbuhan air.  Didirikan tahun 1901 dan sudah berusia 121 tahun. 

Tersedia Penginapan

Kamu yang berniat menikmati Kebun Raya Cibodas lebih lama,  tersedia penginapan yang nyaman untuk bermalam.  Pihak penyelenggara telah menyediakan guest house sebagai antisipasi pengunjung yang akan menginap.  Tersedia sekitar 3 penginapan dengan jumlah kamar yang berbeda sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan maupun budget yang ada. 

READ  Kebun Binatang Ragunan Rekreasi Ibukota

Harga Tiket Masuk Kebun Raya

Harga tiket masuk per 1 maret 2022 dipatok Rp16.500/orang. Buka mulai jam 8 pagi hingga pukul 5 sore.  Setiap pengunjung diwajibkan membayar parkir yang harganya sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putera.  Untuk motor seharga 5 ribu,  dan kendaraan roda empat seharga 16 ribu. 

Cocok untuk Segala Aktivitas

Kebun Raya ini amatlah luas sehingga memungkinkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti gathering,  pemotretan,  hingga syuting film.  Wilayahnya yang masih asri dan di beberapa spot keasliannya masih tetap terjaga.  Sangat cocok untuk untuk berbagai kegiatan dan liburan bersama keluarga besar. 

Akses Menuju Lokasi Kebun Raya Cibodas

Untuk alamat lengkap Kebun Raya Cibodas berada di Desa Cimacan,  Kecamatan Cipanas,  Kabupaten Cianjur,  Jawa Barat. Sekitar beberapa kilometer dari arah Istana Cipanas.  Sedangkan perjalanan dari Jakarta memerlukan waktu 1 hingga 2 jam tergantung kondisi jalan.  

Kebun Raya Cibodas

Untuk yang berada di kota Bogor,  setidaknya berjarak 45 kilometer yang bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan.  Akses jalan nya cukup bagus,  kelancaran tergantung pada kondisi jalan yang macet atau lancar. 

Sangat menarik bukan destinasi wisata alam satu ini.  Selain bisa mengajak keluarga besar,  ada banyak wahana yang bisa dinikmati dengan harga tiket masuk yang tergolong murah.  Yuk,  jadikan Kebun Raya Cibodas sebagai list wisata weekend paling seru kamu. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *