Pupuk CuSO4 Untuk Batang Sawit Lebih Kokoh

By | September 12, 2022
Pupuk CuSO4

Pupuk adalah bahan yang ditambahkan pada media atau tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman sehingga dapat berproduksi cukup. Pupuk dapat berupa bahan organik atau non-organik (mineral). Pupuk berbeda dengan suplemen makanan. Kali ini kami akan menjelaskan tentang Pupuk CuSO4.

Pupuk mengandung bahan baku yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangannya, sedangkan suplemen nutrisi seperti hormon tanaman berperan dalam kelancaran proses metabolisme. Namun, banyak aditif dapat ditambahkan ke pupuk, terutama pupuk buatan.

Pengertian Pupuk CuSO4

Pupuk Tembaga Sulfat / Tembaga Sulfat / Sulfat (CuSO4) adalah pupuk berbahan dasar Cu (tembaga) yang berfungsi sebagai bahan tambahan unsur tembaga di dalam tanah. Meskipun kebutuhan unsur ini tidak tinggi, penambahan tembaga juga diperlukan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Pupuk Tembaga Sulfat ini memiliki bentuk kristal dan berwarna agak biru sampai putih. Karena ini adalah pupuk yang tidak larut dalam air (larut dalam air), itu juga dapat digunakan untuk hidroponik.

Pupuk CuSO4 merupakan salah satu pupuk kimia yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit. Meski perlu, petani harus sadar bahwa penggunaan pupuk CuSO4 harus dilakukan sesuai dosis aman yang dianjurkan.

Pupuk kimia diketahui bermanfaat, tetapi merusak tanah. Tentunya para petani sudah mengetahui apa itu pupuk CuSO4. Pupuk CuSO4 disebut juga sebagai pupuk tetap atau tawas hijau. Mengandung tembaga sulfat atau tembaga sulfat. Sejumlah kecil pupuk ini diperlukan.

Manfaat Pupuk CuSO4

pupuk CuSO4

Pupuk CuSO4 mirip dengan pupuk borana dalam hal tingkat aplikasi. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, penggunaan pupuk boron sangat luas. Begitu juga dengan penggunaan pupuk CuSO4. Berbagai kegunaan pupuk CuSO4 untuk tanaman tercantum di bawah ini.

1. Penguatan Batang Tanaman

CuSO4, dibutuhkan dalam jumlah kecil, berperan dalam pembentukan lignin. Lignin adalah zat kayu yang bertanggung jawab untuk memberi kekuatan pada batang. Batang dengan lignin yang cukup tidak mudah patah.

READ  Mengenal Pupuk Cal-Ha, Kalsium dan Asam Humat yang Menyuburkan dan Menguatkan Tanaman

2. Pencegahan pertumbuhan jamur

Seperti pupuk lainnya yang dapat mencegah hama tanaman, pupuk CuSO4 juga dapat mencegah pertumbuhan jamur pada pohon. Kandungan lignin kayu dan nutrisi yang tepat memastikan bahwa tanaman tumbuh dengan baik, tidak rentan terhadap hama, dan bebas dari pertumbuhan jamur, yang sering menyebabkan batang menjadi rapuh.

3. Penggunaan pupuk

CuSO4 selanjutnya untuk menunjang fotosintesis adalah dengan merangsang pembentukan kloroplas atau klorofil. Klorofil digunakan sebagai bahan fotosintesis, dan hasil fotosintesis ditransmisikan ke seluruh bagian tanaman.

4. Pembentukan Unsur Hara Tanaman

Selain membantu produksi klorofil, penggunaan lain dari pupuk CuSO4 adalah untuk membantu pembentukan unsur hara tanaman. Dengan bantuan CuSO4, pembentukan karbohidrat dan protein dihaluskan. Selain itu, bahan ini membantu mengaktifkan enzim yang berguna bagi tanaman, butirat fenolase, laktase, dan sitokrom oksidase.

Kelebihan Pupuk CuSO4

Kelebihan dari pupuk CuSO4 ini adalah sebagai berikut.

• Sebagai bahan untuk pembentuk klorofil
• Sebagai katalisator dalam sebuah proses fisiologis pada tanaman
• Berfungsi untuk mengaktifkan enzim sitokrom-oksidase, asam butirat-fenolase serta laktase
• Berperan penting dalam proses memetabolisme suatu protein dan karbohidrat
• Berperan juga dalam proses mengikat atau memfiksasi Nitrogen (N) secara simbiotis
• Merupakan bahan dalam penyusun lignin

Harga Pupuk CuSO4

Harga dari pupuk CuSO4 ini sangat beragam. Berkisar antara 15.000 hingga 30.000. Anda bisa memilih sesuai dengan budget anda. Pupuk ini hanya dibutuhkan sedikit untuk tanaman, karena jika terlalu banyak dapat membahayakan.

Anda bisa mendapatkan pupuk ini lewat online shop, bisa buka lapak, shopee, dll. Di bukalapak, harga pupuk cuso4 sekitar 15.000 rupiah. Anda bisa cek di online shop lain. Jika mendapat harga yang lebih murah bisa anda langsung beli.

READ  Pupuk TSP SP-36: Pengertian, Manfaat, dan Info Lengkapnya

Nah, itu dia penjelasan tentang Pupuk CuSO4 dari pengertian, manfaat, kelebihan, hingga harga dari pupuk ini. Semoga anda tidak bingung lagi mengenai pupuk ini dan bisa digunakan untuk tanaman yang akan anda beri pupuk. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *